Pengertian dan Karakteristik Penilaian Hasil Pembelajaran
Tulisan ini adalah pelengkap dan sebagai
catatan penting untuk perkuliahan pada perkuliahan di lingkup Institut Agama
Islam Al Amanah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah untuk mata kuliah Perencanaan Pembelajaran PGMI”. Ini adalah
catatan untuk pertemuan ke-12 dengan pokok bahasan Penyusunan alat evaluasi
hasil dengan subbahasan Pengertian dan Karakteristik Penilaian Hasil Belajar.
Penilaian Hasil Belajar
oleh Pendidik adalah proses pengumpulan informasi/data tentang capaian
pembelajaran peserta didik dalam aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek
keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis yang dilakukan
untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar melalui
penugasan dan evaluasi hasil belajar.[1]
Untuk memahami gambaran
tentang penilaian dapat diamati pada gambar berikut:
-
-
Penilaian dalam Kurikulum
2013 memiliki karakteristik sebagai berikut: 1) belajar tuntas, 2)
autentik, 3) berkesinambungan, 4) menggunakan bentuk penilaian yang bervariatif
dan, 5) berdasarkan acuan kriteria.[2]
Indikator ketercapaiannya adalah mahasiswa
mampu menjelaskan pengertian penilaian hasil pembelajaran dan juga
karakteristik penilaian hasil penilaian pembelajaran. Uraian di atas secara
ringkas dan detail menguraikan pengertian penilaian hasil pembelajaran.
Selanjutnya latihan kita adalah membuat salah
satu model penilaian sebagai alat ukur keberhasilan atau ketercapaian indikator
dalam perkuliahan ini.
[2] Untuk lebih
lengkapnya silahkan dibaca tentang kebijakan kurikulum 2013 atau bisa juga
dilihat pada link http://sahabatpendidikansemua.blogspot.com/2016/06/karakteristik-penilaian-pembelajaran.html
Comments
Post a Comment
شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم