INSTITUT AGAMA ISLAM (IAI) AL AMANAH
JENEPONTO
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN
PRODI PENDIDIKAN GURU MADRASAH
IBTIDAIYAH
SILABUS
MATA KULIAH
A.
IDENTIFIKASI MATA KULIAH
1. Nama Mata Kuliah :
Perencanaan Pembelajaran MI
2. Kode Mata Kuliah :
3. Jumlah SKS : 2 SKS
4. Semester 5
5. Kelompok Mata Kuliah : MKK-PS
6. Prodi-Konsentrasi :
PGSD-Bahasa Indonesia
7. Dosen :
Abdul Haris Mubarak
B. TUJUAN MATA KULIAH
Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat:
1. Memahami hal ihwal perencanaan pembelajaran;
2. Memahami konsep dasar dan pengembangan silabus;
3. memahami konsep dasar analisis kurikulum;
4. memahami konsep dasar dan pengembang bahan ajar
5. memahami dan menentukan dengan tepat pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran berdasarkan bahan
ajar yang dikembangkan
6. memahami dan menyusun
langkah pembelajaran berdasarkan bahan ajar dan
pendekatan, metode, dan teknik yang dipilih
7. memahami dan menentukan media
dan sumber belajar yang tepat berdasarkan bahan ajar dan pendekatan, metode, dan teknik
yang dipilih
8. memahami dan menyusun alat penilaian yang tepat berdasarkan bahan ajar dan
pendekatan, metode, dan teknik yang dipilih
C. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah mengkaji konsep-konsep dasar perencanaan pembelajara di sekolah
dasar. Secara umum mata kuliah ini akan membahas (1) hal ihwal perencanaan pembelajaran; (2) konsep dasar dan pengembangan
silabus; (3) konsep dasar analisis kurikulum; (4) konsep dasar dan pengembang bahan ajar; (5) penentuan pendekatan, metode,
dan teknik pembelajaran; (6) penyusunan langkah pembelajaran; (7) penentuan
media dan sumber belajar; dan (8) penyusunan alat penilaian yang tepat berdasarkan bahan ajar dan pendekatan,
metode, dan teknik yang dipilih. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa
diharapkan mampu memahami konsep perencanaan pembelajaran pendidikan
Madrasah Ibtidaiyah.
D.
PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Pelaksanaan proses
belajar mengajar pada mata kuliah
ini dilaksanakan dengan
menggunakan pendekatan konstruktivisme dengan menggunakan berbagai metode dan
teknik pembelajaran. Metode dan teknik pembelajaran yang dipilih adalah metode
dan teknik pembelajaran yang bersifat interaktif yang mengacu pada model pembelajaran kooperatif dan kontekstual.
Pelaksanaan
pembelajaran ini dilakukan dengan model pembelajaran jarak jauh atau istilah
lain dari pembelajaran dalam jaringan (daring) karena adanya wabah covid 19. Meskipun
demikian, pembelajaran dirancang dengan baik sehingga seolah-olah perkuliahan
ini terjadi interaksi langsung.
Pada proses
pembelajaran, mahasiswa dituntut aktif dan kreatif untuk menemukan konsep
keilmuan secara mandiri maupun secara kelompok. Oleh sebab itu, model seminar dan learning from presentation akan digunakan sebagai model inti dalam
pembelajaran yang didukung oleh model-model pembelajaran lain seperti model
curah pendapat, inquiry, discovery dan kooperatif. Teknik
diskusi, tanya jawab, ceramah akan digunakan untuk mencapai tujuan tertentu.
E.
EVALUASI
HASIL BELAJAR
Untuk mengukur
tingkat ketercapaian kompetensi oleh mahasiswa dilakukan proses evaluasi dalam
berbagai jenis dan bentuk. Jenis evaluasi yang digunakan dalam mata kuliah ini
adalah: (1) Penulisan Makalah/Tugas/Penampilan
(20%), (2) Ujian
Tengah Semester (30%), dan
(3) Ujian Akhir Semester (30%), (4) tugas dan keaktifan dalam
pembelajaran. Bentuk evaluasi yang
digunakan adalah Ujian Tulis, Ujian Lisan, dan Ujian Perbuatan.
F.
RINCIAN
MATERI PERKULIAHAN TIAP PERTEMUAN
Sejalan dengan
tujuan perkuliahan di atas, pokok-pokok substansi kajian mata kuliah ini dapat
dinyatakan sebagai berikut.
Pertemuan 1 : KONSEP DASAR
PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1. Pengertian Perencanaan
Pembelajaran
2. Rasionalisasi perlunya Perencanaan
Pembelajaran
3. Tujuan dan Fungsi Perencanaan Pembelajaran
4. Cakupan dan Ruang Lingkup Perencanaan Pembelajaran
Pertemuan 2 : SILABUS
PEMBELAJARAN MADRASAH IBTIDAIYAH
1. Pengertian Silabus Pembelajaran
2. Prinsip Pengembangan Silabus
3. Tahapan Pengembangan Silabus
4. Komponen dan Format Silabus
Pertemuan 3 : ANALISIS
KURIKULUM MADRASAH IBTIDAIYAH
1. Pengertian Analisis Kurikulum
2. Tujuan dan Fungsi Analisis Kurikulum
3. Ruang Lingkup Analisis Kurikulum
4. Luaran Analisis Kurikulum
Pertemuan 4-5 : PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MADRASAH IBTIDAIYAH
1. Pengertian Bahan Ajar
2. Karakteristik Bahan Ajar
3. Kriteria Penyusunan Bahan
Ajar
4. Prosedur Penyusun dan Pengembangan Bahan Ajar
Pertemuan 5 : PEMILIHAN PENDEKATAN, METODE, DAN TEKNIK PEMBELAJARAN PADA MADRASAH IBTIDAIYAH
1. Memahami Kembali Pendekatan, Metode dan Teknik Pembelajaran
2. Startegi Penentuan Pendekatan Metode, dan Teknik Pembelajaran
Pertemuan 6-7 : PENYUSUNAN LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN PADA MADRASAH
IBTIDAIYAH
1.
Konsep
Dasar Langkah Pembelajaran
2.
Kriteria
Langkah Pembelajaran
3. Tahapan dan Ruang
Lingkup Tahapan Pembelajaram
4.
Strategi
Penyusunan Tahapan Pembelajaran
Pertemuan 8 : UTS
Pertemuan 9 : PENENTUAN MEDIA
DAN SUMBER BELAJAR
1. Pengertian Media dan Sumber Belajar
2. Jenis Media dan Sumber
Belajar
3. Kriteria Pemilihan Media
dan Sumber Belajar
4. Penentuan (Pembuatan) Media
dan Sumber Belajar
PERTEMUAN 10 : PENYUSUNAN ALAT PENILAIAN
1.
Pengertian Penilaian
2.
Jenis,
Bentuk, dan Ragam Penilaian
3.
Instrumen Penilaian
Pertemuan 11-12 : PENYUSUNAN ALAT PENILAIAN PROSES
1.
Pengertian
Penilaian Proses
2.
Karakteristik
Penilaian Proses
3. Tahapan Penyusunan Penilaian Proses
4. Pengembangan Penilaian Proses Pembelajaran
Pertemuan 13-14 :
PENYUSUNAN ALAT EVALUASI HASIL
1. Pengertian Penilaian Hasil Pembelajaran
2. Karakteristik Penilaian Hasil Pembelajaran
3. Jenis Penilaian Hasil:
Penilaian Performa, Produk,
dan Respons Tertulis
4. Pengembangan Alat Penilaian Hasil
Pertemuan 15 : EVALUASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1. Kriteria Evaluasi Perencanaan Pembelajaran
2. Praktik Evaluasi Perencanaan Pembelajaran
Pertemuan 16 : UJIAN AKHIR SEMESTER
G.
DAFTAR RUJUKAN/REFERENSI
Abidin, Y. 2010. SBM
dan Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Tasikmalaya: HZAA Press
Alwasilah, Chaedar. Azis, Furqon. (1996). Pengajaran Bahasa Komunikatif.
Bandung: Rosda Karya
Hamzah. 2001. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses
BelajarMengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: BumiAksara.
Mulyasa, E. 2002.Kurikulum Berbasis Kompeteni Konsep, Karakteristik dan Implementasi.
Jakarta: Grasindo.
Nicholss, G. 2002. Learning to Teach. Great Britain: Kogan Page Limited. Nuhadi.2002 PendekatanKontekstual. Jakarta:
Depdiknas.
Nurhadi dan Agus Gerrad Senduk.2003.
Pembelajaran Kontekstu l dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UiversitasNegeri Malang.
Semi, A. 1995.Perencanaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.
Bandung: Angkasa.
Sharan, S. 1999. Handbook of Cooperative Learning Methods.
London: Praeger.
Comments
Post a Comment
شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم