SILABUS TEKNOLOGI PENDIDIKAN PGMI
SILABUS
Mata
Kuliah : Teknologi
Pendidikan PGMI
Kode Mata
Kuliah :
Komponen :
Program
Studi/Jur : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Semester :
Ganjil (V/Lima)
Bobot :
2 SKS
Dosen
Pengampu : Abdul Haris Mubarak,
S.Sos., M.Pd.I
A.
Standar Kompetensi
Mahasiswa memiliki wawasan dan pemahaman tentang Teknologi Pendidikan
sebagai konsep, teori dan
aplikasinya padaPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah baik
pada tingkat satuan pendidikan dasar maupun menengah.
B.
Kegiatan Perkuliahan
TAMU KE |
KOMPETENSI
DASAR |
POKOK
BAHASAN |
INDIKATOR
PEMBELAJARAN |
KETERA-NGAN |
1 |
Mahasiswa memahami sistem kontrak mata kuliah |
Orientasi Kontrak Mata Kuliah |
o Memahami kompetensi yang dicaPGMI o Memahami pokok pembahasan yang dibahas o Memahami penilaian yang diterapkan |
Dosen |
2 |
Mahasiswa memahami definisi teknologi pendidikan |
Definisi (Definition) Teknologi Pendidikan |
o Mampu menjelaskan definisi teknologi pendidikan dari
tahun 1963-2008 o Mampu menjelaskan ruang lingkup teknologi pendidikan
berdasarkan definisinya |
Dosen |
3 |
Mahasiswa memahami Teknologi Pendidikan sebagai fasilitas belajar/pembelajaran
(facilitating learning) pada Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Teknologi Pendidikan sebagai fasilitas belajar/pembelajaran (facilitating
learning) pada Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
o Memahami latar belakang pentingnya fasilitas
pembelajaran PGMI o Memahami fasilitas pembelajaran dari sudut pandang
behavior, kognitivisme, dan konstruktivisme o Memahami media versus metode dalam pembelajaran |
Kelompok I |
4 |
Mahasiswa memahami Teknologi Pendidikan sebagai peningkatan kinerja (Improving
Performance) pada PGMI |
Teknologi Pendidikan sebagai peningkatan kinerja (Improving
Performance) pada Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
o Memahami peningkatan kinerja individu belajar o Memahami peningkatan kinerja guru dan desainer o Memahami peningkatan kinerja organisasi |
Kelompok II |
5 |
Mahasiswa memahami menciptakan (Creating) proses dan sumber
belajar pada Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Menciptakan (Creating) proses dan sumber belajar pada Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah |
o Memahami evolusi praktek dan teori untuk menciptakan o Memahami pembuatan media: tingkat kecanggihan o Memahami masalah di tingkat kreatif: kualitas teknis
dan pesan prinsip desain o Memahami masalah di tingkat desain: ISD model dan
pendekatan alternatif o Memahami lingkungan belajar o Memahami tren dan isu terkait menciptakan |
Kelompok III |
6 |
Mahasiswa memahami penggunaan (Using) proses dan sumber belajar
pada Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Menggunakan/Memanfaatkan (Using) proses dan sumber belajar pada
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
o Memahami evaluasi
dan seleksi material o Memahami kegunaan o Memahami evolusi
penelitian dan teori di media gunakan o Memahami dasar
teoritis untuk penggunaan media dalam pengajaran o Memahami pemanfaatan untuk integrasi, implementasi,
dan adopsi o Memahami realisasi penggunaan media dan teknologi |
Kelompok IV |
7 |
Mahasiswa memahami pengelolaan (managing) proses dan sumber
belajar pada Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Pengelolaan (managing) proses dan sumber belajar pada
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
o Memahami paradigma mengelola audiovisual o Memahami kontemporer manajemen, kepemimpinan, dan
perubahan o Memahami manajemen teknologi pendidikan |
Kelompok V |
8 |
Ujian Tengah Semester |
Dosen |
||
9 |
Mahasiswa memahami proses (Processes) belajar pada PGMI |
Proses (Processes) belajar pada Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah |
o Memahami ketentuan Mendefinisikan teknologi, proses,
asumsi o Memahami kerangka konseptual, teoritis dan praktis |
Kelompok VI |
10 |
Mahasiswa memahami Sumber (Resources) Teknologi Pendidikan dan
Penerapannya pada Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Sumber (Resources) Teknologi Pendidikan dan Penerapannya pada
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
o Memahami Sumber Daya Teknologi o Memahami Sumber yang tepat o Memahami Sumber yang dirancang Versus Sumber yang siap
dimanfaatkan o Memahami Sumber teknologi dan Identitas Awal Formasi o Memahami Sumber Alat, bahan, dan Perangkat o Memahami Pengaturan Sumber o Memahami Orang sebagai Sumber Daya o Memahami Etika Penggunaan Sumber Daya |
Kelompok VII |
11 |
Mahasiswa memahami Nilai-nilai (Values) Teknologi Pendidikan dan
Penerapannya pada Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Nilai-nilai (Values) Teknologi Pendidikan dan Penerapannya pada
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
o Memahami Nilai Terkait "Study" o Memahami Nilai Terkait "Praktek Etis" o Memahami Nilai Terkait "Memfasilitasi
Belajar" o Memahami Nilai Terkait "Meningkatkan
Kinerja" o Memahami Nilai Terkait "Menciptakan, Menggunakan,
dan Managing" o Memahami Nilai Terkait "tepat" o Memahami Nilai Terkait "Teknologi" |
Kelompok VIII |
12 |
Mahasiswa memahami produksi media pembelajaran berbasis microsoft
PowerPoint pada PGMI |
Produksi media pembelajaran berbasis microsoft PowerPoint pada PGMI |
o Menjelaskan pengertian PowerPoint dan perkembangannya o Menjelaskan dan memahami fungsi elemen-elemen dalam
mendesain PowerPoint o Membuat PowerPoint o Menggunakan PowerPoint melalui aplikasi komputer dalam
pembelajaran |
Kelompok IX |
13 |
Mahasiswa menyelesaikan tugas mandiri produksi media pembelajaran
berbasis microsoft PowerPoint pada PGMI |
Bimbingan bersama tugas mandiri produksi pembelajaran berbasis microsoft
PowerPoint pada Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Dapat menyelesaikan tugas mandiri produksi media pembelajaran berbasis
PowerPoint pada Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah tepat pada waktunya |
Dosen |
14 |
Mahasiswa memahami produksi pembelajaran media berbasis blogger pada
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan pemanfaatannya |
Produksi media pembelajaran berbasis blogger pada PGMI dan
memanfaatkannya dalam pembelajaran |
o Memahami pengertian, tujuan dan fungsi pembelajaran
berbasis blogger pada Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah o Memahami langkah-langkah dalam membuat blogger sebagai
media pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah o Memahami pemanfaatan pembelajaran berbasis blogger
pada Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Kelompok X |
15 |
Mahasiswa menyelesaikan tugas mandiri produksi media pembelajaran
berbasis blogger pada Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Bimbingan bersama tugas mandiri produksi media pembelajaran berbasis
blogger pada Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Dapat menyelesaikan tugas mandiri produksi media pembelajaran berbasis
blogger pada Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah tepat pada waktunya |
Dosen |
C.
Evaluasi Perkuliahan
Nilai keberhasilan akan
diukur melalui aktivitas proses dan kualitas hasil kerja yang
ditampilkan, dengan catatan:
1. Mahasiswa yang
kehadirannya kurang dari 75% dari keseluruhan frekuensi perkuliahan
tidak diperkenankan mengikuti ujian akhir semester, dan dengan sendirinya
dianggap gagal.
2. Penilaian proses
diukur dengan:
a. Kualitas dan intensitas
pertanyaan (keaktivan) dan
jawaban/tanggapan/komentar/mengkritisi/memberikan sanggahan, dan
sebagainya.
b. Akurasi penyelesaian
tugas individu/kelompok dan presentase di yang diberikan melalui
perkuliahan daring (ketepatan waktu dan kualitas hasil kerja).
3. Penilaian hasil diukur sebagai
berikut:
a. Kualitas makalah yang
disajikan melalui perkuliahan daring
b. Kuliatas tugas yang
diproduksi
c. Kualitas hasil
Ujian Tengah Semester
d. Kualiatas hasil Ujian
Akhir Semester
4. Sportivitas,
kejujuran, kesabaran/keuletan, serta kemampuan menuturkan
ide/gagasan/pertanyaan/jawaban (baik lisan maupun tulisan) sesuai
kaidah berbahasa lndonesia yang baik dan benar menjadi salah satu bahan
pertimbangan dalam pengukuran kemajuan belajar mahasiswa.
Penilaian dalam mata kuliah ini dapat
dipresentasikan sebagai berikut:
1. Partisipasi :
20%
2. Presentasi
Diskusi :
20%
3. Keaktifan
Kelas : 20%
4. Ujian
Tengah Semester : 20%
5. Ujian
Akhir
Semeste :
20%
D.
Media Perkuliahan Daring
Perkuliahan Online atau
Perkuliahan dalam Jaringan membutuhkan media online seperti Perangkat Komputer,
Laptop hingga Handphone Pintar. Media tersebut harus bisa terkoneksi dengan
internet untuk mengakses beberapa aplikasi yang cocok digunakan untuk
pembelajaran. Diantara aplikasi yang akan digunakan untuk perkuliahan ini
antara lain;
1.
Zoom :
Untuk media Pembelajaran jarak jauh model seminar
2.
Google Duo : Untuk pembelajaran jarak jauh
dengan model video call grup
3.
Google Classroom : Untuk
catatan pembelajaran, pemberian referensi, diskusi/tanya jawab, latihan dll.
4.
Google Form :
Digunakan sebagai media pembelajaran dan analisis hasil perkuliahan, terutama
untuk ujian
5.
Youtube :
Digunakan untuk video pembelajaran untuk yang tidak bisa online. Berbagi link
6.
Google Book :
Sebagai sumber referensi mahasiswa
7.
Blog/Web : Untuk referensi penunjang
perkuliahan
Untuk mendukung perkuliahan, materi pembelajaran dibagikan dalam berbagai
bentuk file/dokumen seperti teks atau dokumen ms. Word/pdf dll., gambar sebagai
media pembelajaran, rekaman suara, hingga video (audio visual). Dokumen ini
menjadi catatan perkuliahan sekaligus rujukan untuk pemberian soal/dokumen
pembelajaran.
Disarankan pada mahasiswa untuk menggunakan minimal 2 perangkat pembelajaran
seperti HP, Laptop dan Buku Catatan.
E.
Referensi
Molenda, M. & Januszewski A. 2008.Educational Technology: A
Definition with Commentary. Francis: Taylor & Francis Group, LLC
Seels, Berbara B., dan Richey, Rita C. 1994. Instructional
Technology: The Defenition and Domain of the field. Diterjemahkan Dewi
Salma Prawiradilaga, Rapheal Raharjo dan Yusufhadi Miarso. Jakarta: UNJ
Rahman Syed Mahbubur. 2008. Multimedia Technologies: Concepts,
Metodologies, Tools, and Applications. Amerika: IGI Global
Mishra S., & Sharma RC. 2005. Interactive Multimedia in
Education and Training. Amerika: Idea Group Inc.
Miarso, Yusufhadi. 2005. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan.
Jakarta: Kencana
Nasution, S. 2008. Teknologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi
Aksara
Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2007. Teknologi Pengajaran. Bandung:
Sinar Baru Algensindo
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan &
Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada
Asyhar, Rayandra. 2010. Kreatif Mengembangkan
Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogyakarta:
Diva Press
Comments
Post a Comment
شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم