Skip to main content

Begini Manfaatnya Menggunakan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan

 #p4


Selain memiliki pengaruh positif, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) juga memiliki pengaruh negatif, termasuk dalam pemanfaatannya dalam kegiatan pendidikan. Tulisan ini hanya akan mengulas beberapa poin dari pengaruh positif media TIK antara lain;

1.       Informasi yang dibutuhkan datap


diakses lebih cepat

2.       Bisa belajar dengan model e-learning sebagai alternatif maupun penunjang

3.       Memungkinkan pembelajaran jarak jauh dalam bentuk telekomperensi

4.       Mempermudah sistem administrasi pendidikan

5.       Hadir dengan berbagai macam referensi, hal tersebut didukung oleh tersedianya Perpustakaan online

6.       Memungkinkan pengembangan metode pembelajaran

7.       Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pengembangan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

8.       Berbagi hasil penelitian, penelitian yang dipublikasikan dalam internet akan mudah digunakan oleh orang lain di seluruh penjuru dunia dengan cepat.

9.       Bisa berkonsultasi dengan pakar pendidikan di internet

10.    Memeungkinkan terbentuknya forum diskusi online mupun kelas online

11.    Kita bisa mengakses pelajaran luar sekolah dengan ragam informasi yang begitu luas.

Poin di atas adalah bagian dari manfaat media TIK untuk bidang pendidikan secara lebih sederhana. Pengembangan dari pemanfaatan TIK ini akan terus mengalami perubahan sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan zaman yang dengan demikian akan ada perubahan menuju kearah yang lebih praktis dan lebih mudah untuk mengakses informasi pendidikan.

Lalu bagaimana dengan dampak positif media TIK untuk Anak Usia Dini (AUD)? Berikut ini beberapa poinnya;

1.    Memperkuat minat dan motivasi penggunanya untuk pengembangan diri yang dalam hal ini anak bisa lebih tertarik belajar dengan menggunakan media TIK.

2.    Selain sebagai alat, TIK juga memiliki dampak positif dalam pengembangan ilmu pengetahuan, dimana kemampuan anak bisa dipacu melalui sumber pengetahuan yang ada

Sebetulnya pemanfaatan TIK untuk anak ini lebih diarahkan pada terbentuknya motivasi anak untuk lebih semangat belajar, mendorong dan meningkatkan kemampuannya dalam mengenal materi dalam bentuk permainan dan edukasi, membuat pembelajaran jadi lebih menyenangkan dan mengasyikkan.

 

Comments

Popular posts from this blog

Strategi Kepemimpinan Ali Bin Abu Thalib

BAB I PENDAHULUAN A.       Latarbelakang Masalah Nabi Muhammad saw. Tidak meninggalkan wasiat tentang siapa yang akan menggantikan beliau sebagai pemimpin politik umat Islam setelah beliau wafat. Beliau tampaknya menyerahkan persoalan tersebut kepada kaum Muslimin untuk menentukannya sendiri. Kaena itu, tidak lama setelah beliau wafat; belum lagi jenazahnya dimakamkan, sejumlah tokohMuhajirin dan Ashor Berkumpul dibalai kota   Bani Sa’dah, Madinah.  

Kedudukan Ar-ra'yu sebagai Landasan Hukum Islam

Referensi Pada dasarnya umat Islam yang beriman Kepada Allah swt. Meyakini bahwa Sumber utama Ajaran Islam yaitu Alquran dan Hadis sudah sempurna. Firman Allah dalam Alquran sudah sempurna membahas aturan-aturan, hukum, ilmu pengetahuan (filsafat), kisah, ushul fiqh dan lain-lain. Begitu juga Hadis Rasulullah yang salah satu sifatnya menjadi penjelasan ayat-ayat dalam Alquran. Posisi Hadis adalah penjelas dan sumber kedua setelah Alquran.

Dasar-dasar Pendidikan Islam

DASAR-DASAR PENDIDIKAN ISLAM (Tinjauan al-Qur'an dan Hadis) Oleh : Kelompok 2 A.    Pendahuluan Islam mempunyai berbagai macam aspek, di antaranya adalah pendidikan (Islam). Pendidikan Islam bermula sejak nabi Muhammad Saw, menyampaikan ajaran Islam kepada umatnya. [1]   Pendidikan adalah proses atau upaya-upaya menuju pencerdasan generasi, sehingga menjadi manusia dalam fitrahnya. Itu artinya bahwa pendidikan merupakan conditio sine quanon yang harus dilakukan pada setiap masa. Berhenti dari gerakan pendidikan berarti   lonceng kematian (baca; kemunduran atau keterbelakangan) telah berbunyi dalam masyarakat atau negara.