oleh : Abdul Haris Mubarak
Sudah menjadi naluri manusia yang
penasaran dengan banyak hal. Penasaran itu dikonversi dalam bentuk belajar
untuk mengobati rasa ingin tahu atau rasa penasarannya. Mulai dari anak hingga
dewasa memiliki hirarki kebutuhan belajar sehingga stimulus dan perlakuan
terhadap mereka yang penasaran harus diberikan sesuai dengan kebutuhannya.
Bagaimana dengan kebutuhan belajar
anak? Dalam materi presentasi yang berjudul Aplikasi TIK dalam Pembelajaran
PAUD yang disusun oleh GHINA WULANSUCI, M. PD mengatakan bahwa Pengembangan
kemampuan anak usia dini dalam TIK harus tetap dilakukan dengan konsep
pendidikan anak usia dini yaitu belajar sambil bermain.
Cara mengenalkan teknologi pada anak usia dini, yaitu:
1.
Usia
0-2 tahun: Pemberian IT pada usia anak demikian, dapat melalui multimedia
dengan cara diputarkan sholawat atau lagu anak. Mengenalkan warna juga dapat
melalui multimedia dengan memutarkan film-film kartun anak, yang tentunya mendidikan.
2.
Usia
3-4 tahun pemberian IT melalui multimedia, dengan cara seperti pada usia anak 0
– 2 tahun, tetapi cara pembelajarannya sedikit meningkat disesuaikan dengan
usia anak yang telah dapat menerima rangsangan lebih banyak . Misalnya mulai
diajarkan melafalkan ayat-ayat suci Al Qur‟an, atau dikenalkan cerita-cerita Kitab
Suci melalui film-film, tentu saja perlu pendampingan orang tua sehingga dapat
terlihat sejauh mana anak mampu untuk belajar.
3.
Usia
5-6 tahun: Pada usia ini, pengenalan dunia IT sudah lebih meningkat. Pengenalan
dapat berupa pengenalan perangkat keras komputer (hardware) yang bisa dilihat
dan dipegang langsung oleh anak, misalnya: CPU, Monitor, Mouse, Keyboard dan
Printer.
4.
Usia
7-8 tahun pada usia ini, pengenalan dunia IT sudah masuh pada tingkat program
interaktif, dimana anak sudah bisa berinteraksi dengan program aplikasi
pembelajaran.
Bagaimana memberikan materi pelajaran untuk
anak usia dini, khususnya di Taman Kanak-kanak? Kita tetap harus berdasar pada
materi diatas bahwa pendidikan (pembelajaran) untuk anak harus disesuaikan
dengan usia dan kebutuhan belajarannya. Dengan demikian pemanfaatan TIK untuk
anak usia dini bisa diterapkan dalam beberapa bentuk sebagai berikut;
1.
Materi
yang dibolehkan ditonton adalah acara televisi dengan kode SU dan A. Juga konten
internet seperti yotubekids.
Kode
Konten Siaran |
Makna |
SU |
Semua
Usia boleh menontonnya |
BO |
Harus
dengan Bimbingan Orangtua |
A |
Tayangannya
untuk anak |
R |
Hanya
layak ditonton oleh remaja (13 tahun keatas) |
D |
Film
Khusus untuk usia dewasa |
2.
Isi
materi belajarnya adalah (hal-hal yang tepat diajarkan)
a.
Huruf
dan bunyi
b.
Menulis
c.
Angka
d.
Berhitung
e.
Bentuk
dan benda
f.
Waktu
g.
Musim
h.
Warna
3.
Medianya
adalah:
a.
HP
b.
LCD
c.
Laptop
d.
TV
e.
Radio,
dll.
4.
Bentuk
penerapannya antara lain seperti;
a.
Memutar
sholawat menggunakan HP untuk diperdengarkan kepada anak setiap mengawali
pembelajaran. Anak akan menhafal sholawat dan terbiasa mendengar dan
melafalkannya
b.
Nonton
film tentang benda-benda yang ada disekitar (pengenalan) dengan menggunakan
media televisi
c.
Belajar
tutorial gerakan
Comments
Post a Comment
شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم