Skip to main content

Rencana Perkuliahan Pembelajaran TIK untuk Anak Usia Dini

#p1

Tulisan ini adalah dipublikasikan sebagai catatan perkuliahan pada pertemuan pertama dengan agenda perkuliahan antara lain; Kontrak Kuliah, Perkenalan dan Pembahasan RPP untuk materi kuliah “Pembelajaran TIK untuk AUD”. Yang terpenting adalah, agenda perkuliahan selama 16 kali pertemuan dengan materi pembahasan antara lain seperti berikut;

      i.        Konsep Dasar TIK Untuk AUD

(Mahasiswa memahami hakikat pembelajaran TIK untuk Anak Usia Dini)

    ii.        Jenis dan Ragam TIK untuk AUD

·         Mahasiswa memahami Jenis Media yang dapat digunakan dalam pembelajaran TIK untuk AUD

·         Mahasiswa bisa memilih dan menerapkan ragam media TIK untuk Pembajaran AUD

   iii.        Dampak Penerapan TIK dalam Pembelajaran AUD

(Mahasiswa memahami dampak positif pemanfaatan Media TIK dalam Pembelajaran untuk AUD)

   iv.        Penerapan TIK dalam Pembelajaran AUD

(Mahasiswa mampu menggunakan media TIK seperti komputer dan perangkat teknologi lainnya untuk pembelajaran AUD)

    v.        Internet Pendidikan (Pengertian, perkembangan dan pemanfaatan internet bagi guru)

Mahasiswa memahami pemanfaatan media internet untuk peningkatan kegiatan belajaran AUD

   vi.        Peran Guru dalam Pembelajaran TIK AUD

·         Mahasiswa Memahami peran guru secara teoretis

·         Mahasiswa Memahami konsep pembelajaran TIK untuk AUD

  vii.        Pengembangan dan Pemanfaatan Internet

·         Mahasiswa mengenal fitur pendidikan dalam internet

·         Mahasiswa mampu mengoperasikan media internet dalam pembelajaran

viii.        Pengembangan Rangsangan Pembelajaran Berbasis TIK untuk Anak Usia Dini

(Mahasiswa mampu merancang dan mengembankan model pembelajaran berbasis TIK)

   ix.        Praktik membuat Permainan Menggunakan Aplikasi Komputer

Mahasiswa mampu membuat game edukasi berbasis TIK untuk AUD

 

Demikianlah catatan perkuliahan ini disampaikan dan dipublikasikan yang dirancang dan disusun sebagai catatan perkuliahan Pembelajaran TIK untuk Anak Usia Dini Program Study Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Al Amanah Jeneponto tahun 2021.


Comments

Popular posts from this blog

Strategi Kepemimpinan Ali Bin Abu Thalib

BAB I PENDAHULUAN A.       Latarbelakang Masalah Nabi Muhammad saw. Tidak meninggalkan wasiat tentang siapa yang akan menggantikan beliau sebagai pemimpin politik umat Islam setelah beliau wafat. Beliau tampaknya menyerahkan persoalan tersebut kepada kaum Muslimin untuk menentukannya sendiri. Kaena itu, tidak lama setelah beliau wafat; belum lagi jenazahnya dimakamkan, sejumlah tokohMuhajirin dan Ashor Berkumpul dibalai kota   Bani Sa’dah, Madinah.  

Kedudukan Ar-ra'yu sebagai Landasan Hukum Islam

Referensi Pada dasarnya umat Islam yang beriman Kepada Allah swt. Meyakini bahwa Sumber utama Ajaran Islam yaitu Alquran dan Hadis sudah sempurna. Firman Allah dalam Alquran sudah sempurna membahas aturan-aturan, hukum, ilmu pengetahuan (filsafat), kisah, ushul fiqh dan lain-lain. Begitu juga Hadis Rasulullah yang salah satu sifatnya menjadi penjelasan ayat-ayat dalam Alquran. Posisi Hadis adalah penjelas dan sumber kedua setelah Alquran.

Dasar-dasar Pendidikan Islam

DASAR-DASAR PENDIDIKAN ISLAM (Tinjauan al-Qur'an dan Hadis) Oleh : Kelompok 2 A.    Pendahuluan Islam mempunyai berbagai macam aspek, di antaranya adalah pendidikan (Islam). Pendidikan Islam bermula sejak nabi Muhammad Saw, menyampaikan ajaran Islam kepada umatnya. [1]   Pendidikan adalah proses atau upaya-upaya menuju pencerdasan generasi, sehingga menjadi manusia dalam fitrahnya. Itu artinya bahwa pendidikan merupakan conditio sine quanon yang harus dilakukan pada setiap masa. Berhenti dari gerakan pendidikan berarti   lonceng kematian (baca; kemunduran atau keterbelakangan) telah berbunyi dalam masyarakat atau negara.