Thursday, 29 November 2012

Cara Menggunakan Teks Arab pada Lembar Kerja Pengetikan

Menulis dokumen dengan menggunakan teks Bahasa Arab pada lembar pengetikan sebetulnya cukup sederhana, sama seperti mengetik bahasa latin atau bahasa Indonesi. Bedanya hanya terletak pada letak tombol setiap huruf[1]. Anda ingin menulis Teks Arab atau tulisan al-qur’an pada lembar kerja Ms. Office?
Cara menulis dengan menggunakan teks Arab itu sangat mudah. Cukup dengan menghafal letak huruf – قليمة. Tentunya degan program yang telah ada pada sistem operasi anda.
Cara lain yang lebih sederhana jika tidak ingin repot harus menghafal keyboard dengan teks bahasa Arab, maka bisa menempelkan huruf kecil (Arab) disamping huruf asli (teks Indonesia atau Inggris). Bisa juga membeli keyboard khusus untuk teks Arab.
Cara yang termudah adalah gunakan keyboard on-screan[2] dari windows anda[3]. Cara ini bisa digunakan dengan melihat gambar pada keyboard on-screan untuk dicocokkan pada keyboard sistem anda, bisa juga mengetik manual dengan mengklik huruf yang ada pada layar sistem anda.
Semoga cara mengetik dengan menggunakan teks Arab pada komputer atau lembar kerja pengetikan. Semoga bermanfaat!
والسَّلام
GAMBAR UNTUK
Keyboard teks Indonesia - Inggris - Latin
 



GAMBAR UNTUK
Keyboard teks Arab
(memberi tanda baca cukup dengan menekan tombol "Shift")


Gambar 3
Mengubah Teks dari Inggris ke Arab



[1] Teks (HURUF ARAB) yang ingin ditulis melalui lembar kerja ms. Office harus terinstal pada windows atau sistem operasi anda.
[2] Caranya : klik star (simbol bendera) > All Program > Accessories > (bisa langsung muncul on-screan keyboar kalau ada) atau Ease of Acces > pilih Keyboard on-screan.
[3] Catatan : Windows anda sudah harus memiliki program bahasa arab (teks arab telah terinstal).

0 komentar:

Post a Comment

شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم

Arsip Post

Mohon di Like

Total Kunjungan

Tentang Blog ini :

Blog personal ini dibuat & dikembangkan oleh Abdul Haris Mubarak, Deskripsinya adalah Inspirasi,Warna & Karya”.

Bagi pengunjung yg ingin menitip saran, kicauan atw celoteh langsung saja ke: e-mail ini, bisa juga berteman berteman di Facebook

Terima Kasih Telah Berkunjung وَالسٌلام عَلَيْكُم

Komentar Terbaru

Text Widget

Mutiara Hikmah

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Barangsiapa menjaga kehormatan orang lain, pasti kehormatan dirinya akan terjaga

(Umar bin Khathab)

--

Jangan pernah letih untuk melakukan sesuatu yang kecil untuk orang lain, karena terkadang yang menurut kita kecil itu besar artinya untuk orang lain & Jika anda mampu jadilah pemimpin untuk masyarakat, jika tidak maka jadilah pemimpin untuk diri sendiri.

Powered by Blogger.

Followers