Skip to main content

Saya Memilih Domisili di Kab. Gowa


Setelah memilih salah satu dari kandidat calon pemimpin baru Sulawesi Selatan pada selasa kemarin. Kali ini saya dihadapkan pada pilihan menetap di Bulukumba atau Kabupaten Gowa. Pilihan ini sebetulnya agak ribet bagi saya. Jika saya memilih tinggal di Bulukumba, berarti saya harus menyiapkan waktu dan tenaga ke Makassar setiap hari jum’at untuk kuliah dan balik lagi kekampung pada hari minggu untuk rutinitas pertanian.
Keuntungannya adalah saya dapat mengelolah kebun milik keluarga pada hari senin sampai jum’at. Akses transportasi pun bisa ku tempuh dalam waktu sekitar 3 sampai 5 jam dari Bukulumba ke Makassar atau sebaliknya dengan menggunakan sepeda motor. Jarak Makassar – Bulukumba (Desaku) berkisar 170 Km (diukur berdasarkan km motor).
Jika yang kupilih menetap di Kabupaten Gowa, saya dapat merawat rumah (biar tidak kosong) yang telah dibeli 3 tahun yang lalu di Bumi Zarinda, Jipang Kab. Gowa. Selain itu, tidak lagi repot bolak-balik Makassar-Bulukumba yang perjalanannya sangat melelahkan. Tapi kalau kutetapkan tinggal di Gowa, saya harus mencari dan menemukan aktivitas yang lebih cocok di Makassar. Yang pasti Tidak mungkin saya bertani di Makassar. Saya harus mencari kerjaan lain, tentunya karena di Makassar tidak ada lagi lahan pertanian untuk saya, yang ada hanya lahan untuk mengurusi orang. Kalau yang terbaik untukku harus tinggal di Gowa[1], berarti saya telah menetapkan diri untuk menambah daftar pencari kerja di Makassar.
Sepertinya menetap di Gowa adalah pilihan dan perjuanganku yang sesungguhnya. Saya harus mengabdi untuk diriku dan keluargaku, termasuk mengabdi untuk bangsa dan negeriku. Walaupun perjuanganku hanya sekedar menuntut ilmu dan membangun gerakan kolektif tapi setidaknya sudah turut berperan meningkatkan kualitas, kapasitas dan kuantitas keilmuan, termasuk gerakan perbaikan mental generasi bangsa. Insya Allah, semoga. Amin yaa Rabb
Semoga saya diberikan jalan yang terbaik dari pilihanku. Aku senang bertani sambil menuntut Ilmu tapi jika harus berganti domisili, berarti saya juga butuh pekerjaan untuk membiayai kuliah, itu juga tidak menjadi masalah. Yang terpenting jalan kerjanya yang baik dan benar. Insya Allah, Semoga Allah mengabulkan.


[1] Makassar dan Gowa adalah kabupaten dan kota yang berbatasan langsung secara geografis

Comments

  1. aamiin ya rabb.. dimanapun tinggalnya, semoga berkah Allah senantiasa menyertai akh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin yaa rabbal alamin, semoga berkah Allah meliputi kita semua.

      Delete
  2. Yang seperti ini antum ini seharusnya di copy lebih banyak... karena pemuda generasi sekarang lebih senang memenuhi kota2 besar seperti Jakarta untuk mencari penghidupan. Padahal dengan menancapkan jejak di bumi2 kelahiran seperti pulau2 sumatra, sulawesi atau kalimantan berarti membangun. Keren... semangaaaaat..!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, iya kak! kalau saya harus keluar daerah menuju kota-kota besar. berarti tujuan utamaku adalah menimba Ilmu

      Delete
  3. yang penting masih ada kegiatan daripada menganggur... he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah, saya akan selalu berusaha agar punya kegiatan

      Delete
  4. Mari bergabung di Media Bawa Karaeng Sulawesi Selatan yg berkedudukan di Gowa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak pak atas tawarannya. Insya Allah sy bisa

      Delete
  5. Pilihan yang harus segera diputuskan,
    semoga Abang segera memilih pilihan Domisilinya...
    karena besok atau lusa tetapji harus memilih...
    hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Insya Allah di Gowa saja > selama ini kan saya sudah terbiasa tinggal dimakassar meski domisilinya bukan dimakassar, sekarang pengennya diGowa.

      Delete
    2. Akhirnya sudah ada pilikan,,, itu pilihan yang pas....
      hehehe...

      Delete
    3. DiGowa saja biar Kita bisa Tetanggaan..
      hehehe...

      Delete
  6. tinggal cari teman domisili. hehehe, maksudnya teman hidup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu banyak di Gowa, Tinggal CocokKan saja yang mana yang Pas...
      dan lebih cepat itu akan lebih baik, biar ada yang menemani...

      Delete
    2. wah asyik donk, tapi ini bukan barter kan? hehehe

      Delete
  7. Memutuskan sesuatu memang teramat susah...
    jangan sampai salah mengambil keputusan kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah >> telah ku uji sekian banyak pesan orang-orang bijak untuk kujadikan petunjuk, termasuk komentar pengunjung blog ini. terima kasih yah telah berkunjung

      Delete
  8. cemerlang sekali infonya, boleh saya coba tipsnya

    ReplyDelete
  9. Terimakasih untuk info yang sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  10. Info yang sangat bermanfaat, sukses selalu

    ReplyDelete
  11. setelah membaca artikel yang sangat bagus ini, saya jadi mau coba

    ReplyDelete
  12. Semoga artikelnya bermanfaat dah sejahtera selalu

    ReplyDelete
  13. Ketika membaca Tipsnya saya sangat amazing, sukses selalu

    ReplyDelete
  14. Ditunggu info dan tipsnya yang sangat berguna

    ReplyDelete
  15. Semoga artikelnya berkesan buat saya coba

    ReplyDelete
  16. Saya boleh coba tipsnya yang amazing

    ReplyDelete
  17. Nice Artikelnya,sukses selalu

    ReplyDelete
  18. Semoga infonya akan bermanfaat buat yang baca

    ReplyDelete
  19. Tulisan artikelnya bermanfaat sekali,terutama infonya,sukses selalu

    ReplyDelete
  20. sukses buat artikelnya menarikk sekali da...

    ReplyDelete
  21. semoga tulisannya bermanfaat buat saya untuk mencobanya

    ReplyDelete
  22. saya boleh coba ide kreatifnya,salam sukses selalu

    ReplyDelete
  23. Ditunggu ide kreatif yang bermanfaat buat saya,thnks

    ReplyDelete
  24. Pasti akan saya coba tipsnya,ditunggu info berikutnya.thnks

    ReplyDelete
  25. Terimakasih untuk info yang sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  26. Info yang sangat bermanfaat, sukses selalu

    ReplyDelete
  27. setelah membaca artikel yang sangat bagus ini, saya jadi mau coba

    ReplyDelete
  28. Semoga artikelnya bermanfaat dah sejahtera selalu

    ReplyDelete
  29. Ketika membaca Tipsnya saya sangat amazing, sukses selalu

    ReplyDelete
  30. Ditunggu info dan tipsnya yang sangat berguna

    ReplyDelete
  31. Semoga artikelnya berkesan buat saya coba

    ReplyDelete
  32. Saya boleh coba tipsnya yang amazing

    ReplyDelete
  33. Semoga infonya akan bermanfaat buat yang baca

    ReplyDelete
  34. Tulisan artikelnya bermanfaat sekali,terutama infonya,sukses selalu

    ReplyDelete
  35. sukses buat artikelnya menarikk sekali

    ReplyDelete
  36. semoga tulisannya bermanfaat buat saya untuk mencobanysemoga tulisannya bermanfaat buat saya untuk menvcobanya va

    ReplyDelete
  37. idenya kreatif, boleh dicoba tipsnya

    ReplyDelete
  38. saya boleh coba ide kreatifnya,salam sukses selalu

    ReplyDelete
  39. Ditunggu ide kreatif yang bermanfaat buat saya,thnks

    ReplyDelete
  40. Pasti akan saya coba tipsnya,ditunggu info berikutnya.thnks

    ReplyDelete
  41. Tipsnya boleh saya coba,idenya bagus dan amazing...

    ReplyDelete
  42. Saya akan coba infonya,ditunggu artikel berikutnya.terimasih

    ReplyDelete
  43. komentar otomatis yah??? jangan lebih dari 5 komentar donk. biar bervariasi

    ReplyDelete

Post a Comment

شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم

Popular posts from this blog

Strategi Kepemimpinan Ali Bin Abu Thalib

BAB I PENDAHULUAN A.       Latarbelakang Masalah Nabi Muhammad saw. Tidak meninggalkan wasiat tentang siapa yang akan menggantikan beliau sebagai pemimpin politik umat Islam setelah beliau wafat. Beliau tampaknya menyerahkan persoalan tersebut kepada kaum Muslimin untuk menentukannya sendiri. Kaena itu, tidak lama setelah beliau wafat; belum lagi jenazahnya dimakamkan, sejumlah tokohMuhajirin dan Ashor Berkumpul dibalai kota   Bani Sa’dah, Madinah.  

Kedudukan Ar-ra'yu sebagai Landasan Hukum Islam

Referensi Pada dasarnya umat Islam yang beriman Kepada Allah swt. Meyakini bahwa Sumber utama Ajaran Islam yaitu Alquran dan Hadis sudah sempurna. Firman Allah dalam Alquran sudah sempurna membahas aturan-aturan, hukum, ilmu pengetahuan (filsafat), kisah, ushul fiqh dan lain-lain. Begitu juga Hadis Rasulullah yang salah satu sifatnya menjadi penjelasan ayat-ayat dalam Alquran. Posisi Hadis adalah penjelas dan sumber kedua setelah Alquran.

Dasar-dasar Pendidikan Islam

DASAR-DASAR PENDIDIKAN ISLAM (Tinjauan al-Qur'an dan Hadis) Oleh : Kelompok 2 A.    Pendahuluan Islam mempunyai berbagai macam aspek, di antaranya adalah pendidikan (Islam). Pendidikan Islam bermula sejak nabi Muhammad Saw, menyampaikan ajaran Islam kepada umatnya. [1]   Pendidikan adalah proses atau upaya-upaya menuju pencerdasan generasi, sehingga menjadi manusia dalam fitrahnya. Itu artinya bahwa pendidikan merupakan conditio sine quanon yang harus dilakukan pada setiap masa. Berhenti dari gerakan pendidikan berarti   lonceng kematian (baca; kemunduran atau keterbelakangan) telah berbunyi dalam masyarakat atau negara.