Pendidikan
yang memadai merupakan salah satu indikator kesejahteraan daerah. Dengan
demikian, Pendidikan harus menjadi prioritas utama dalam pembangunan daerah. Hal
tersebut sangat urgen karena pendidikan akan mengarahkan orang atau masyarakat
menuju keadaan yang lebih baik. Dengan pendidikan, orang bisa mengerti dan
mengamalkan pola hidup sehat. Dengan pendidikan pula orang bisa meningkatkan
taraf ekonomi keluarga, juga dengan pendidikan akan mengankat derajat
seseorang.
Kalau kita
kembali melihat keadaan di Bulukumba, khususnya ranah kesejahteraan masyarak di
daerah ini, tentu kita belum bisa menyebutnya sebagai daerah yang sejatera
lahir dan batin. Hal tersebut terbukti karena secara sosial kemasyarakatan
masih terbentuk kelas sosial yang menonjol antara si kaya dan si miskin, antara
pejabat dan rakyat biasa, antar pemeluk agama, para penentu kebijakan dan
rakyat kecil dan lain-lain. hal yang sama juga terjadi pada ranah ekonomi yaitu
keadaan masyarakat yang hanya mampu memenuhi kebutuhan makan saja sementara
kebutuhan sekunder belum bisa diwujudkan. Berikut pada ranah
politik,
keterbukaan dan akses informasi, keamanan, kesehatan dan lain-lain belum
sepenuhnya terpenuhi secara maksimal. Yang patut dipertanyakan adalah, mengapa
hal tersebut tidak berjalan sesuai dengan perencanaan? Kita harus mengembalikan
persoalan ini pada upaya memajukan kualitas pendidikan daerah. Hal inilah yang
menjadi hipotesis bagi penulis bahwa yang menyebabkan tingkat kesejahteraan
masyarakat di Bulukumba tidak maksimal tercapai sesuai dengan harapan karena
kebijakan pendidikan yang tidak tepat sasaran.
Kualitas
pendidikan daerah bisa diukur dari kesejahteraan masyarakat sebagaimana telah
disebutkan di atas. Kualitas pendidikan bisa dilihat dari pola kehidupan
masyarakat (hasil) yang nyata dalam pergaulan masyarakat sehari-hari.
Pola
perencanaan pembangunan daerah di Bulukumba jika melihat hasil akhir dari
konsep-konsep pengembangan daerah yang telah disusun dari generasi pemerintah
daerah yang satu menuju generasi pemerintah daerah yang lain harus membuat
formula baru demi keberhasilan daerah dalam pembangunan dan peningkatan
kapasitas dan kualitas kesejahteraan masyarakat.
Berdasarkan
penilaian penulis sebagaimana telah disebutkan di atas, pendidikan di Bulukumba
harus lebih diperhatikan lagi. Pemerintah daerah, Dewan Perwakilan Rakyat
Daerah, Instansi Pendidikan, Lembaga Swadaya Masyarakat, Mahasiswa serta
pemerhati pendidikan harusnya bekerja sama dalam mengenali masalah serta
menentukan langkah-langkah strategis demi terciptanya pendidikan di Bulukumba
yang lebih baik.
Program
yang paling urgen dilakukan adalah membuka ruang informasi yang menyeluruh
untuk masyarakat di Daerah. Program ini sangat krusial karena akses informasi
adalah salah satu media pendidikan dan juga merupakan salah satu indikator
kesejahteraan rakyat. Model program yang bisa dilakukan demi pemenuhan akses
infomasi pada khalayak ramai antara lain adalah:
1.
Menyiapkan
ruang baca disetiap ruang tunggu (ruang pelayanan) pada setiap instansi atau
perusahaan di Bulukumba. Setiap instansi atau perusahaan sejatinya diwajibkan
memiliki perpustakaan mini yang diletakkan pada ruang tunggu atau ruang
pengaduan sehingga jika terjadi antrian, perhatian klien bisa diarahkan pada
ruang baca.
2.
Membangun
perpustakaan alam dengan konsep taman baca yang alami
3.
Mensosialisasikan
budaya gemar baca
4.
Menyediakan
perangkat sitem untuk mengakses informasi yang dibutuhkan masyarakat, baik
dalam bentuk buku, majalah, tabloid, surat kabar, radio, internet, televisi
maupun dalam bentuk selebaran kertas.
5.
Menyediakan
perpustakaan mobil yang selalu hadir sebagai sponsor atau supporter pada setiap
event yang melibatkan masyarakat umum.
Tentunya
muatan positif yang ada pada perpustakaan adalah nilai pendidikan yang tinggi.
Sangat banyak informasi pengetahuan yang ada pada setiap buku. Berjuta ide
kreatif yang tertuang didalamnya.
Semoga
dengan konsep diatas, keterbukaan informasi bisa berjalan lancar sehingga apa
saja yang dibutuhkan masyarakat bisa didapatkan dengan mudah. Terutama
informasi tentang pendidikan, baik dalam bentuk konsep maupun dalam bentuk
prestasi atau berita. (ahm)
Comments
Post a Comment
شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم