Skip to main content

Ujian Hasil

Senin 14 April 2014 (angka yang banyak 4nya) saya mengikuti ujian hasil pada program pascasarjana Universitas Muslim Indonesia Makassar. Pada hari itu, peserta ujian sangat banyak karena itulah hari terakhir ujian hasil bagi yang ingin mengikuti wisudah pada program pascasarjana, sarjana dan diploma di UMI Makassar. Giliran saya di uji pada pukul 17.00 s.d. 18.00 dan hari itu ujian sampai jam 22.00 dari berbagai jurusan yang pada program pascasarjana UMI Makassar.

Saat ujian berlangsung, saya dipersilahkan membacarakan hasil penelitian secara ringkas. Moderator memberi waktu 10 menit dan selanjutnya dikomentari oleh penguji atau penilai. Kesannya sangat deg degan karena karya tulis yang akan menjadi tesis tersebut harus dipertanggungjawabkan di hadapan para penilai.
Setiap penguji memberikan pertanyaan dan masukan yang sangat padat. Meskipun undangan ujian baru saja diberikan 1 hari sebelum ujian berlangsung, namun saya merasakan bahwa semua penguji menguasai seluruh isi penelitian yang saya buat.
Alhamdulillah semua pertanyaan dijawab, meski ada beberapa pertanyaan yang membuat penilai tidak puas. Hehehe, mungkin karena jawabanku tidak memuaskan atau saya bukan alat pemuas.
Kesannya : “hari ini saya telah menyelesaikan 1 tahap dan akan menghadapi 1 tahap lagi untuk menyelesaikan proses panjang perjuangan menuju suatu titik”.
Alhamdulillahirabbil 'alamin


Comments

Popular posts from this blog

Strategi Kepemimpinan Ali Bin Abu Thalib

BAB I PENDAHULUAN A.       Latarbelakang Masalah Nabi Muhammad saw. Tidak meninggalkan wasiat tentang siapa yang akan menggantikan beliau sebagai pemimpin politik umat Islam setelah beliau wafat. Beliau tampaknya menyerahkan persoalan tersebut kepada kaum Muslimin untuk menentukannya sendiri. Kaena itu, tidak lama setelah beliau wafat; belum lagi jenazahnya dimakamkan, sejumlah tokohMuhajirin dan Ashor Berkumpul dibalai kota   Bani Sa’dah, Madinah.  

Kedudukan Ar-ra'yu sebagai Landasan Hukum Islam

Referensi Pada dasarnya umat Islam yang beriman Kepada Allah swt. Meyakini bahwa Sumber utama Ajaran Islam yaitu Alquran dan Hadis sudah sempurna. Firman Allah dalam Alquran sudah sempurna membahas aturan-aturan, hukum, ilmu pengetahuan (filsafat), kisah, ushul fiqh dan lain-lain. Begitu juga Hadis Rasulullah yang salah satu sifatnya menjadi penjelasan ayat-ayat dalam Alquran. Posisi Hadis adalah penjelas dan sumber kedua setelah Alquran.

Dasar-dasar Pendidikan Islam

DASAR-DASAR PENDIDIKAN ISLAM (Tinjauan al-Qur'an dan Hadis) Oleh : Kelompok 2 A.    Pendahuluan Islam mempunyai berbagai macam aspek, di antaranya adalah pendidikan (Islam). Pendidikan Islam bermula sejak nabi Muhammad Saw, menyampaikan ajaran Islam kepada umatnya. [1]   Pendidikan adalah proses atau upaya-upaya menuju pencerdasan generasi, sehingga menjadi manusia dalam fitrahnya. Itu artinya bahwa pendidikan merupakan conditio sine quanon yang harus dilakukan pada setiap masa. Berhenti dari gerakan pendidikan berarti   lonceng kematian (baca; kemunduran atau keterbelakangan) telah berbunyi dalam masyarakat atau negara.