Sunday, 30 August 2015

FPBI telah melakukan Penelitian dan Bakti Pesisir di Bulukumba

Hari Jum’at – Ahad, 14 s.d 16 Agustus 2015 Lalu, Forum Pemuda Bahari Indonesia (FPBI) Wilayah Sulawesi Selatan berhasil melaksanakan kegiatan Penelitian dan Bakti Bahari di Wilayah Pesisir Kabupaten Bulukumba. Program yang dilaksanakan selama tiga hari ini telah melaksanakan penelitian pada tiga objek kebaharian yaitu wilayah laut di pesisir kecamatan Ujung Bulu, Pembuatan Kapal Pinisi di Kecamatan Bonto Bahari dan Penelitian tentang Potensi Wisata Bulukumba.
 Poin yang diangkat pada penelitian ini adalah 1) Potensi Sosial Budaya dan Ekonomi Masyarakat Pesisir, 2) Kelestarian Ekosistem Laut dan 3) Potensi Wisata dan lain-lain. Penelitian dilakukan dalam bentuk wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Sementara untuk kegiatan Bakti pesisir, TIM melakukan bersih pesisir serta pemasangan slogan yang berisi pesan-pesan pemeliharaan ekosistem dan budaya pesisir.


Tim yang melakukan penelitian adalah Kepanitiaan FPBI Sulawesi Selatan dengan komposisi: Riswal dan Sitti Normawati sebagai penanggung Jawab Kegiatan, Selanjutnya Abdul Haris Mubarak dipercayakan menjadi Ketua Panitia dan dibantu oleh Fitri sebagai Sekertaris dan Indo Upe sebagai Bendahara Panitia. Tim yang ikut berpartisipasi pada kegiatan ini sebanyak 19 orang.
Kegiatan ini memiliki program tambahan yaitu silaturrahim pada beberapa rumah teman-teman di Bulukumba dan Sinjai.  Kegiatan silaturrahim dilakukan untuk meningkatkan tali persaudaraan sesama pemuda penerus generasi bangsa.
Kegiatan telah berjalan dengan baik. Kegiatan penelitian, bersih pesisir dan pemasangan slogan telah berhasil dilaksanakan. Meski demikian, masih ada beberapa hal yang masih perlu disempurnakan seperti penambahan slogan, penguatan kekompakan tim dan lain-lain. Selanjutnya hasil penelitian akan dijadikan data FPBI dan laporan pada instansi terkait serta publikasi ke Media cetak dan online.


1 comment:

شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم