Saturday, 26 September 2015

Persiapan sebelum melakukan perjalanan wisata



Sebelum ke suatu tempat yang masih asing untuk tujuan petualangan, penting mempersiapkan beberapa hal biar tetap nyaman dan perjalan menjadi lancar. Apa yang wajib dicari ketika pertama kali berkunjung ke suatu tempat? Hal-hal yang perlu dipersiapkan antara lain 1) informasi dasar tentang lokasi yang akan dituju, 2) mempersiapkan alat komunikasi, 3) pakaian secukupnya, 4) obat dan alat mandi, 5) makanan dan minuman pokok/suplemen dan 6) alat dokumentasi berupa kamera/perekam suara dan gambar serta buku catatan dan pulpen. Sebelum berangkat, perencanaan sudah harus matang sehingga target perjalanan bisa maksimal. Sebagai contoh, diketahui bahwa di Toraja ada beberapa objek wisata budaya dan pemandangan yang menarik. Semua tempat akan dikunjungi dan beberapa diantaranya menjadi prioritas. Dengan demikian, pemanfaatan waktu serta efisiensi anggaran perjalanan harus benar-benar tepat sehingga semua destinasi wisata bisa dikunjungi.

Prinsip saat melakukan perjalanan adalah 1) berusaha menikmati suasana alam dimanapun dan bagaimanapun kondisinya, 2) mencari informasi tentang destinasi yang dikunjungi misalnya sejarah, budaya, adat, bahasa, kuliner, produksi khas daerah yang dikunjungi dan sebagainya, 3) menghargai adat dan kebiasaan yang berlaku pada tempat tersebut, 4) mendokumentasikan dalam bentuk foto, video maupun catatan harian hal-hal penting dan baru didapatkan serta 5) mempublikasikan poin penting yang didapatkan dalam perjalanan.
Mengapa penting mempersiapkan dan memdokumentasikan kegiatan? Setiap perjalanan atau setiap kegiatan selalu melahirkan pelajaran dan inspirasi menarik. karenanya untuk mereka yang selalu melakukan perjalanan memiliki warna hidup yang lebih kaya, pengalaman yang lebih banyak, cerita yang lebih berwarna, wawasan yang lebih luas, jaringan yang lebih besar, sikap yang lebih bijak, sifat sosial yang lebih tinggi dan lain-lain. Tentunya pelajaran dan ispirasi menarik dari setiap perjalanan selalu berangkat dari kesiapan menerima informasi dan merasakan setiap produk budaya setempat berupa pola pergaulan, cita rasa masakan, bahasa, produk kerajinan maupun yang bersumber dari alam secara natural (keindahan ciptaan tuhan).
Bagi orang yang memiliki kepekaan tinggi, akan memberi banyak cerita menarik yang akan dibagikan pada dunia terkait perjalanan mereka yang penuh inspirasi. Olehnya itu, untuk setiap perjalanan sekiranya ada hal-hal yang bisa dipublikasikan pada masyarakat luas, tidak hanya dinikmati sendiri tapi juga untuk dibagikan pada dunia.

1 comment:

  1. Thanks tips nya bro... perkara2 di atas perlu di ambil tahu sblm travel ke mana2...:)

    ReplyDelete

شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم