Monday, 19 September 2016

Aplikasi dan Vitur internet yang pengting bagi Guru



Penggunaan media elektronik merupakan revolusi yang ke-4 dalam dunia pendidikan.[1]  Pada awalnya pendidikan hanya dilakukan oleh orang tua terhadap anak-anaknya kemudian terjadi revolusi pendidikan dimana orang tua sudah percaya dan menyerahkan anak pada guru yang memiliki keahlian (profesi) dalam mengajar anak. Selanjutnya revolusi ke-2 yang menggunakan tulisan (catatan) sebagai media komunikasi antar guru dan siswanya. Penggunaan alat tulis inilah yang menjadi cikal-bakal munculnya buku cetak sebagai media pembelajaran (ke-3) dan sampai pada penggunaan internet dan media elektronik lainnya pada pembelajaran.

Tidak bisa dipungkiri bahwa media elektronik sangat membantu tenaga pengajar dalam menjalankan tugasnya. Sejalan dengna hal tersebut, Media yang cocok dan penting dimiliki oleh guru berikut fungsinya adalah:
1.   E-Mail (surat eketronik) sebagai media komunikasi. Saat ini e-mail tidak lagi terbatas pada pengiriman pesan singkat dari seseorang pada orang lain tapi telah mengalami pengembangan fungsi antara lain dapat digunakan sebagai penyimpanan dan pengiriman berkas berupa dokumen tertulis, foto/gambar, video/film serta link. Selain itu, e-mail juga digunakan sebagai syarat untuk mengakses berbagai akun (media sosial), melakukan registrasi online dan sebagainya. Tentu saja kedepan e-mail akan memiliki manfaat yang lebih luas.
2.  Kebiasaan pelajar/mahasiswa dan seluruh pengguna internet saat ini masih kebanyakan melakukan download materi-materi pelajaran yang mereka butuhkan sementara itu, mereka kurang aktif meng-upload materi pelajaran/dokumen untuk dibagikan. Google Dokumen dan berbagai situs internet lainnya memberikan kesempatan pada semua orang (pengguna internet) untuk mengupload dokumen yang sewaktu-waktu bisa didownload oleh pengguna internet lain yang membutuhkannya. Dengan demikian vitur internet ini bisa digunakan oleh guru dalam memberikan materi pelajaran berbasis online jika sewaktu-waktu diperlukan.
3.  Survey (penelitian) bisa dilakukan secara online. Google Drive merupakan salah satu media yang menyediakan fasilitas penelitian atau survey online. Kelebihan penelitian online adalah bisa dijawab oleh responden yang jumlahnya tidak terbatas. Penelitian online ini secara langsung menganalisis jawaban responden sehingga Nampak seperti suatu kesimpulan penelitian. Tentu saja angket online ini juga bisa digunakan untuk ujian dimana guru membuat soal lalu menyerahkan link (alamat web) soal tersebut kemudian dijawab secara online oleh siswa.
4.  Blogger lumayan populer saat ini, penggunanya juga berasal dari berbagai kalangan antara lain: guru dan pelajar, pengusaha, pengembang, instansi maupun untuk kepentingan pribadi. Tujuan blog juga sangat banyak namun secara umum dimaksudkan sebagai media publikasi online.
5.  Kamus Internet adalah media yang penting bagi seluruh kalangan. salah satu penyedia kamus internet untuk puluhan Bahasa asing adalah google. Nama program yang dikembangkan perusahan tersebut adalah google translate. Mesin terjemah milik google ini harus terkoneksi dengan internet untuk penggunaannya. Ada juga kamus yang bisa di unduh kemudian dipasang pada program aplikasi windows atau semacamnya. Keuntungannya adalah bisa digunakan tanpa harus tekoneksi dengan internet.
6.  Buku online atau buku dalam bentuk elektronik merupakan salah satu kemudahan yang disajikan media komputer. Selain bisa juga terdapat perpustakaan online dimana pengguna internet bisa dengan mudah mendapatkan buku-buku referensi yang mereka butuhkan.
7.  Presentasi dengan menggunakan power point adalah modal yang menunjang pembelajaran. Dengan menggunakan program aplikasi ini, pembelajaran akan menjadi lebih fokus dan terarah.
Itulah sejumlah media internet/komputer yang sejatinya dimanfaatkan oleh guru proses belajar manusia. Tentu saja ini mengacu pada pengembangan, penerapan, system, teknik serta alat bantu untuk menunjang pendidikan.


[1] Ashby dalam Yusufhadi Miarso, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Kencana Prenada Media Grup, Jakarta, 2004

No comments:

Post a Comment

شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم