Wednesday, 19 April 2017

MID Sebagai Bahan Evaluasi di Jurusan PAI - STAI Al Amanah Jeneponto


Berikut ini adalah data MID Semester Jurusan PAI Semester 6 STAI Al Amanah Jeneponto yang telah dirampungkan pada hari Rabu, 19 April 2017. Ada tiga bentuk soal yaitu soal uraian, centang pilihan yang sesuai dan pilihan ganda. Soal MID tes adalah pemahaman mahasiswa tentang; 1) arti media pembelajaran Pendidikan Agama Islam, 2) Dasar yang menjadi pertimbangan dalam merancang media pembelajaran, 3) Dasar penggolongan media pembelajaran, 4) Hasil diskusi tentang trend teknologi dan media pembelajaran, dan 5). Media yang digunakan oleh nabi dalam mengembangkan pendidikan. Dari sejumlah respon, berikut ini adalah tanggapan mahasiswa dari untuk soal uraian.



1.        Pengertian media pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sebagai perantara atau pengantar, alat bantu mengajar, sarana pembawa/penyalur pesan, sumber belajar, dan alat perangsang siswa agar pembelajaran menjadi lebih konkrit dan siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Dengan kata lain media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar yang efektif dan efisien.
2.        Dasar yang menjadi pertimbangan dalam merancang media pembelajaran a. Tujuan b. Sasaran didik c. Karateristik media yang bersangkutan d. Waktu e. Biaya f.Ketersediaan g. Konteks penggunaan h. Mutu Teknis
3.        Dasar Penggolongan media pembelajaran Leshin, Pollock & Reigeluth (1992) Mengklasifikasi media ke dalam lima kelompok, yaitu: 1) Media berbasis manusia (guru, instruktur, tutor, main-peran, dan kegiatan kelompok) 2) Media berbasis cetak (buku, penuntun, buku latihan, alat bantu kerja, dan lembaran lepas) 3) Media berbasis visual (buku, alat bantu kerja, bagan, grafik, peta, gambar, transparansi, dan slide) 4) Media berbasis audio-visual (video, film, program slide-tape, dan televisi) 5) Media berbasis komputer (pengajaran dengan bantuan komputer, interaktif video dan hypertext)
4.        Hasil diskusi tentang Strategi Pembelajaran PAI dalam upaya mengintegrasikan teknologi dan media Seiring perkembangan teknologi informasi pada zaman ini, ada keputusan penting yang harus dilakukan seorang guru untuk memastikan kapan belajar mengintegrasikan teknologi dan media menjadi pembelajaran. Ledakan informasi mensyaratkan bahwa guru harus menentukan cara untuk memberi pengalaman kepada peserta didik di mana mereka mampu membangun pemahaman mereka tentang dunia di sekitar mereka. Guru merencanakan dan mengelola sistem pembelajaran untuk memastikan bahwa masing-masing peserta didik dapat bersaing dan sukses.
5.        Media yang digunakan oleh nabi dalam mengembangkan pendidikan a. Al-Qur'an b. Hadits1. Media pembelajaran adalah sebuah alat yang digunakan untuk mempermudah proses belajar mengajar 2. Dasar yang menjadi pertimbangan dalam merancang media pembelajaran a. Alasan teoritis Dinan a median ini memiliki kesesuain dengan tujuan pembelajaran yang ingin di capai natinya b. Alasan praktis 1) Demonstrasi Dengab adanya alat peraga guru akan lebih mudah menjelaskan pembelajarannya 2) Familiar Jika media sering di gunakan maka orng mudah menguasai dan memahami media yang ia gunakan 3) Clarity Dengan media guru akan lebih mudah memperjelas materi yang di bawakan 3. Peggolongan media a. Klasifikasi media pembelajaran menurut Azhar Arshad 1) Orang 2) Pesan (Lisan dan tulisan 3) Objek (ruang) 4) Teknik bagaimana media itu di sampaikan 5) Bahan b. Klasifikasi media menurut Marry Thomas (berdasarkan pengalaman ) 1) Pengalaman dari benda asli 2) Pengalaman dari benda tiruan 3) Pengalaman dari Kata kata (Radio, TV, Buku) c. Leshim dan Follock 1) Media berbasis manusia (guru, Insruktur) 2) Media berbasis Cetak (buku, penuntun pelatihan) 3) Visual ( Gambar, bagan grafik) 4) Adio visuan (Video) 5) Komputer (Hypertex) 4. Seiring dengan perkembangan teknologi pada jaman ini ,maka guru harus mefikir aktif untuk mencari media yang cocok untuk anak didik nya, sala satunya adalah memilih teknologi, dengan teknologi guru akan lebih muadah metranformasikan pembelajaran yang di milikanya. 5. Media Tulisan Contohnya kitab Al Quran’, Media transfortasi misalnya Perahu Nabi Nuh As, Tongkat nabi Musa As.
 
1.       Media pembelajaran adalah sebuah alat yang digunakan untuk mempermudah proses belajar mengajar
2.       Dasar yang menjadi pertimbangan dalam merancang media pembelajaran a. Alasan teoritis Dinan a median ini memiliki kesesuain dengan tujuan pembelajaran yang ingin di capai natinya b. Alasan praktis 1) Demonstrasi Dengab adanya alat peraga guru akan lebih mudah menjelaskan pembelajarannya 2) Familiar Jika media sering di gunakan maka orng mudah menguasai dan memahami media yang ia gunakan 3) Clarity Dengan media guru akan lebih mudah memperjelas materi yang di bawakan
3.       Peggolongan media a. Klasifikasi media pembelajaran menurut Azhar Arshad 1) Orang 2) Pesan (Lisan dan tulisan 3) Objek (ruang) 4) Teknik bagaimana media itu di sampaikan 5) Bahan b. Klasifikasi media menurut Marry Thomas (berdasarkan pengalaman ) 1) Pengalaman dari benda asli 2) Pengalaman dari benda tiruan 3) Pengalaman dari Kata kata (Radio, TV, Buku) c. Leshim dan Follock 1) Media berbasis manusia (guru, Insruktur) 2) Media berbasis Cetak (buku, penuntun pelatihan) 3) Visual ( Gambar, bagan grafik) 4) Adio visuan (Video) 5) Komputer (Hypertex)
4.       Seiring dengan perkembangan teknologi pada jaman ini ,maka guru harus mefikir aktif untuk mencari media yang cocok untuk anak didik nya, sala satunya adalah memilih teknologi, dengan teknologi guru akan lebih muadah metranformasikan pembelajaran yang di milikanya.
5.       Media Tulisan Contohnya kitab Al Quran’, Media transfortasi misalnya Perahu Nabi Nuh As, Tongkat nabi Musa As.
 
1.    media pembelajaran PAI adalah Alat, metode, dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah.
2.    Dasar yang menjadi pertimbangan dalam merancang media pembelajaran a) Mengatasi keterbatsan pengalaman/pemahaman siswa b) Mengatasi ruang kelas c) Memungkinkan adanya interaksi langsung antara siswa didalam kelas d) Menhasilkan keseragaman pengamatan e) Menanamkan konsep dasar yang benar
3.    Dasar penggolongan pembelajaran PAI MEDIA di bagi menjadi fungsi  Orang  Pesan/lisan/tulisan  Objek ruang/ lingkungan  Teknik bagaimana media itu disampaikan dengan baik  Bahan pembelajaran Media berdasarkan pengalaman : a) Pengalaman dari benda asli b) Pengalaman dari benda tiruan c) Pengalaman Dari kata-kata d) Pengalaman dari audio,radio,buku,tv Menurut Leshin, Pollock Mengklasifikasi media ke dalam lima kelompok, yaitu:  Media berbasis manusia (guru, instruktur, tutor, main-peran, dan kegiatan kelompok)  Media berbasis cetak (buku, penuntun, buku latihan, alat bantu kerja, dan lembaran lepas)  Media berbasis visual (buku, alat bantu kerja, bagan, grafik, peta, gambar, transparansi, dan slide)  Media berbasis audio-visual (video, film, program slide-tape, dan televisi)  Media berbasis komputer (pengajaran dengan bantuan komputer, interaktif video dan hypertext)  Presentasi
4.    Seiring perkembangan zaman ini yg semakin modern teknologinya maupun di bidang informasi maka guru/dosen harus mencari pembelajaran yang menginteraksikan teknologi dan media dengan menggunakan media pendidikan agama yang mengikuti perkembngan zaman sebagimana sebenarnya agar siswa tidak terbelakang di bidang IPTEK maupun di bidang keagamaan supaya siswa berkarakter islamiyah.
5.    Media yang di lakukan para nabi adalah  Nabi nuh mampu membuat kapal raksasa  Nabi musa Tangan yang bercahaya dan tongkat.  Nabi daud Pengetahuan untuk mengelola besi, sehingga Nabi Daud bisa mengelola besi-besi menjadi baju.  Nabi Sulaiman mampu memahami bahasa semua binatang, mengendalikan jin, dan menundukkan angin.  Nabi Isa yang bisa membuat dan menghidupkan burung dari tanah menyembuhkan orang yang sakit, dan menghidupkan orang yang sudah mati.  Nabi Muhammad saw al-qur’an dan hadis
 
1.      yang saya pahami tentang pengertian media pembelajaran pendidikan agama islam adalah media itu adalah alat ,Pembelajaran adalah proses komunikasi atau proses belajar mengajar ,PAI adalah proses yang mengarahkan manusia pada kehidupan yang baik. Jdi dpat d simpulkan bahwa pengertian pembelajaran pendidikan agama islam adalah suatu alat yang dapat di gunakan untuk menyampaikan bahan serta materi tentang agama islam kepada peserta didik agar terwujud kepribadian baik yg sesuai dngan nilai2 yg terkandung dalam agama islam.
2.      yang saya pahami tentang dasar yg menjadi pertimbangan dalam merancang media pembelajaran adalah bahwa dasar pertimbangan suatu media sangatlah mudah hingga sangatlah sederhana yaitu dapat memenuhi kebutuhan atau menepati tujuan yg di inginkan oleh pihak pengguna media itu sendiri.
3.      yang sya pahami tentang dasar penggolangan media pembelajaran adalah bahwasanya media pembelajaran itu adalah suatu media yang di lakukan atau di sampaikan sesorang berdasarkan pengalaman ,bahan,objek,baik yg berbentuk lisan maupun tulisan dengan mengunakan tehnik-tehnik tertentu oleh pengguna media.
4.      yang sya pahami dari hasil diskusi tentang trend dAlam teknologi adalah dimana secara khusus pengertian media dlam proses belajar mengajar cenderung di artikan sebagai alat2 grafis,photografis atau elektronik untuk menangkap ,memproses atau menyusun kembali imformasi Dan aspek yg harus di perhatikan dalam memilih media antara lain adanya tujuan pengajaran dan respon yang di harapkan siswa. Manfaat praktis dari teknologi dan media antara lain dapat memperjelas penyajian pesan dan imformasi,dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar,dapat mengatasi indera ruang dan waktu ,dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa2 di lingkungan mereka.
5.      media yang di gunakan oleh nabi dalam mengembangkan pendidikan adalah membangun lembaga mesjid karena melalui mesjid nabi memberikan pendidikan islam atau memberikan dakwah islamiyah kepada ummatnya.
 
1.      Pengertian Media Pembelajaran PAI ”Kata media berasaldaribahasa Latin mediusyangberartitengah, perantara, pengantar.Dalambahasa Arab, media adalah perantara (وسائل) atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan Media pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sebagai perantara atau pengantar, alat bantu mengajar, sarana pembawa/penyalur pesan, sumber belajar, dan alat perangsang siswa agar pembelajaran menjadi lebih konkrit dan siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
2.      Dasar Pertimbangan Dalam Memilih Media Pembelajran Kelemahan-kelemahan yang Nampak menggejala dalam pemakaian media merupakan bagian yang diperhitungkan dalam proses belajar mengajar bukan didasarkan pada pemikiran logis dan ilmiah, melainkan sekedar memenuhi perkembangan dilingkungan sekolah. Seorang pengajar membiasakan untuk memakai media pengajaran yang telah disediakan oleh suatu sekolah untuk membantu dalam mempermudah penyampain pesan pembelajaran, sehingga pemakaian media tersebut tidak didasarkan pertimbangan pada kebutuhan dan karakteristik siswa atau kesesuaian dengan materi yang akan disajikan dan tujuan yang akan dicapai. Sebagai contoh seorang pengajaran yang terbiasa memakai overhead projector (OHP) karena mungkin dilingkungan sekolahnya telah tersedia media tersebut, sehingga ia cenderung untuk menggunakannya dengan pertimbangan yang sederhana bahwa media tersebut sangat membantu guru atau dosen yang bersangkutan dalam menyampaikan pesan pembelajaran yang mungkin tanpa media OHP tersebut akan memeras tenaga guru/dosentersebut. Denganmengguanakan media tersebutseolah-olahpengajaran yang diberikan dapat mempunyai nilai lebih sebanding hanya berceramah melulu.Pertimbangan semacam ini mungkin ada benarnya, namun tidak didasari pertimbangan pada criteria-.kriteria pemilihan media yang logis dan benar. Kemungkinan-kemungkinan penggunaan pembelajran semacam ini besar resiko kesalahannya atau mungkin tidak mencapai sasaran yang diharapkan
3.      Dasar Penggolongan Media Pembelajaran Yaitu: 1) Media cetakan Yaitu meliputi bahan-bahan yang disiapkan di ataskertasuntukpengajarandaninformasi.Misalnyabukuteks, lembaran penuntun, penuntunbelajar, penuntun instruktur, brosur, dan teks terpogram. 2) Media pajang Pada umumnya digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi di depan kelompok kecil. Misalnya papan tulis, flip chart, papan magnet, papankain, papanbuletin, danpameran. 3) OHP dantransparansi Transparansi yang diproyeksikanadalah visual baikberupahuruf, lambang, gambar, grafik atau gabungannya pada lembaran tembus pandang atau plastik yang dipersiapkan untuk diproyeksikan ke sebuah layar atau dinding. 4) Rekaman audiotape Pesandanisipelajarandapatdirekampada tape magnetik sehingga hasil rekaman itu dapat diputar kembali pada saat diinginkan. 5) Seri slide (film bingkai) dan filmstrips Adalahsuatu film transparansi yang berukuran 35 mm denganbingkai 2 x 2 inci. Bingkai tersebut terbuat dari karton atau plastik.Film bingkai diproyeksikan melalui slide proyektor.Program kombinasi film bingkai bersuara pada umumnya berkisar 10 sampai 30 menit dengan jumlah gambar 10 sampai 100 buah. 6) Penyajian multi-image Media berbasis visual (image atauperumpamaan) dapat memberikan hubungan antaraisimateri pelajaran dengan dunia nyata. Bentuk visualnya berupagambar representasi seperti gambar, lukisan atau foto yang menununjukkan bagaimana suatu benda.Diagram yang melukiskan hubungan konsep, organisasi, dan struktur materi. 7) Rekaman video dan film hidup Film ataugambarhidupmerupakangambar-gambardalam frame di mana frame demi frame diproyeksikan melalui lensa proyektor secara mekanis sehingga pada layar terlihat gambar hidup. 8) Komputer Mesin yang dirancangkhususuntukmemanipulasi yang diberikode, mesinelektronik yang otomatis melakukan pekerjaan dan perhitungan sederhana dan rumit.satu unit komputer terdiri atas empat komponen dasar, yaitu input (keyborddan writing pad), prosesor (CPU: unit pemroses data yang diinput), penyimpanan data (memoripermanen/ROM, sementara RAM), dan output (monitor, printer).
4.      HasilDiskusi Tentang Trend Dalam Teknologi Dan Media Untuk Media Pembelajaran PAI Apabila media dipahamisecaragarisbesardapatdikatakanbahwa media adalahmanusia, materiataukejadian yang membangunkondisi yang membuatsiswamampumemperolehpengetahuan, keterampilanatausikap.Media adalahbagian yang tidakterpisahkandari proses komunikasidanpembelajaran demi tercapainya tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan pembelajaran disekolah pada khususnya. Media sangatpentinguntukmenjelaskanhal - hal yang abstrak dan menunjukan hal¬¬-hal yang tersembunyi sehingga guru perlu untuk menentukan media secaraterencana, sistematis dan sistemik sehingga komunikasi dalam pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien.
5.      Media Yang Digunakan Oleh Nabi Dalam Mengembangkan Pendidikan Nabi dalam mentarbiyah parasahabat menggunakan perkataan dan perbuatan,  makanya kadang kita mendapatkan para sahabat meriwayatkan perbuatan beliau dan juga yang meriwatkan perkataan beliau.. 1. Dalam tarbiyah dengan perkataan beliau sangat memperhatikan sahabat yang beliau tarbiyah, makanya sering kita temui rasulullah di datangi oleh beberapa sahabat dengan pertanyaan yang sama tapi di jawab dengan jawaban yang berbeda 2. Dalam perbuatan beliau, beliau memperhatikan sikapnya tanpa perkataan.makanya kita temui banyak sahabat yang meriwayatkan perbuatan beliau..tentang cara sholat, carawudhu, dan cara mandi beliau. 3. media yang ke-3 yang digunakan yaitu dengan alquran dan sunnah di dalamnya sudah mencakup keseluruhan..
 
1.     Pengertian media pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sebagai perantara atau pengantar, alat bantu mengajar, sarana pembawa/penyalur pesan, sumber belajar, dan alat perangsang siswa agar pembelajaran menjadi lebih konkrit dan siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Dengan kata lain media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar yang efektif dan efisien.
2.     Dasar yang menjadi pertimbangan dalam merancang media pembelajaran: 1. Ketersediaan sumber setempat, artinya bila media yang bersangkutan tidak terdapat pada sumber-sember yang ada maka harus dibeli atau dibuat sendiri. 2. Apakah untuk membeli atau diproduksi sendiri telah tersedia dana, tenaga, dan fasilitasnya. 3. Factor yang menyangkut keluwasan, dan ketahanan media yang digunakan untuk jangka waktu yang lama, artinya bila digunakan dimana saja untuk peralatan yang ada disekitarnya dan kapanpun serta mudah dibawa (fortable). 4. Efektivitas dan efesiensi biaya dalam jangka waktu yang cukup panjang, sekalipun nampaknya mahal namun mungkin lebih murah disbanding media lainnya yang hanya dapat digunakan sekali pakai.
3.     Dasar Penggolongan media pembelajaran: a. Pesan (Apa informasi yang ditransmisikan?) b. Orang (Siapa/Apakah yang melakukan transmisi?) c. Bahan (Siapa/Apakah yang menyimpan informasi?) d. Alat (Siapa/Apakah yang menyimpan informasi?) e. Teknik (Bagaimana informasi itu ditransmisikan?) f. Lingkungan/Latar (Di mana ditransmisikan?)
4.     Hasil diskusi tentang strategi pembelajaran PAI dalam upaya mengintegrasikan teknologi media: Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan Agama Islam bertujuaan mempermudah penyampaian materi dan pemahaman peserta didik, terutama materi - materi yang butuh gambaran tertentu. Semuanya akan berjalan lancar tergantung dengan kondisi teknologi dan jaringan yang tersedia. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Penggunaan komputer sebagai media dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam bukan sekedar upaya untuk membantu guru dalam mengajar, tetapi lebih dari itu sebagai usaha yang ditujukan untuk memudahkan siswa dalam mempelajari dan memahami pengajaran agama. Akhirnya media komputer memang pantas digunakan oleh Guru Pendidikan Agama Islam, bukan hanya sekedar alat bantu mengajar bagi guru, namun diharapkan akan timbul kesadaran baru bahwa media pembelajaran telah menjadi bagian integraldalam sistem pendidikan agama sehingga dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk membantu lancarnya bidang tugas yang diemban untuk kemajuan dan meningkatkan kualitas peserta didik.
5.     Media yang digunakan oleh nabi dalam mengembangkan pendidikan: a. Al-Qur'an Dengan demikian tujuan pendidikan yang paling mendasar adalah terciptanya perubahan yang diharapkan dalam seluruh perubahan pada dunia kehidupan manusia. Dan Allah menginginkan seluruh perubahan itu terjadi dibawah naungan al Qur’an, dibawah inspirasinya, sehingga perubahan itu tercipta ke arah yang baik, sebagaimana sifat al Qur’an itu sendiri. b. Sunnah As-sunnah didefenisikan sebagai sesuatu yang didapatkan dari Nabi Muhammad s.a.w. yang terdiri dari ucapan, perbuatan,persetujuan, sifat fisik atau budi, atau biografi, baik pada masa sebelum kenabian ataupun sesudahnya. Didalam dunia pendidikan, As-Sunnah memiliki dua manfaat pokok. Manfaat pertama, As-sunnah mampu menjelaskan konsep dan kesempurnaan pendidikan islam sesuai dengan konsep Al-Qur’an, serta lebih merinci penjelasan Al-Qur’an. Kedua, As-Sunnah dapat menjadi contoh yang tepat dalam penentuan metode pendidikan Hadits merupakan pedoman kita setelah Al-qur’an, dengan demikian hadits juga merupakan dasar atau elemen dalam pendidikan.
 
1.     Pengertian media pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sebagai perantara atau pengantar, alat bantu mengajar, sarana pembawa/penyalur pesan, sumber belajar, dan alat perangsang siswa agar pembelajaran menjadi lebih konkrit dan siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Dengan kata lain media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar yang efektif dan efisien.
2.     Dasar yang menjadi pertimbangan dalam merancang media pembelajaran: 1. Ketersediaan sumber setempat, artinya bila media yang bersangkutan tidak terdapat pada sumber-sember yang ada maka harus dibeli atau dibuat sendiri. 2. Apakah untuk membeli atau diproduksi sendiri telah tersedia dana, tenaga, dan fasilitasnya. 3. Factor yang menyangkut keluwasan, dan ketahanan media yang digunakan untuk jangka waktu yang lama, artinya bila digunakan dimana saja untuk peralatan yang ada disekitarnya dan kapanpun serta mudah dibawa (fortable). 4. Efektivitas dan efesiensi biaya dalam jangka waktu yang cukup panjang, sekalipun nampaknya mahal namun mungkin lebih murah disbanding media lainnya yang hanya dapat digunakan sekali pakai.
3.     Dasar Penggolongan media pembelajaran: a. Pesan : Apa informasi yang ditransmisikan b. Orang :Siapa yang melakukan transmisi c. Bahan : Apa yang menyimpan informasi d. Teknik : Bagaimana informasi itu ditransmisikan e. Lingkungan/Latar : Di mana ditransmisikan
4.     Hasil diskusi tentang strategi pembelajaran PAI dalam upaya mengintegrasikan teknologi media: Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan Agama Islam bertujuaan mempermudah penyampaian materi dan pemahaman peserta didik, terutama materi - materi yang butuh gambaran tertentu. Semuanya akan berjalan lancar tergantung dengan kondisi teknologi dan jaringan yang tersedia. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Penggunaan komputer sebagai media dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam bukan sekedar upaya untuk membantu guru dalam mengajar, tetapi lebih dari itu sebagai usaha yang ditujukan untuk memudahkan siswa dalam mempelajari dan memahami pengajaran agama. Akhirnya media komputer memang pantas digunakan oleh Guru Pendidikan Agama Islam, bukan hanya sekedar alat bantu mengajar bagi guru, namun diharapkan akan timbul kesadaran baru bahwa media pembelajaran telah menjadi bagian integraldalam sistem pendidikan agama sehingga dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk membantu lancarnya bidang tugas yang diemban untuk kemajuan dan meningkatkan kualitas peserta didik.
1.     5. Media yang digunakan oleh nabi dalam mengembangkan pendidikan: a. Al-Qur'an Allah ta’ala menurunkan al Qur’an kepada manusia dengan sebuah tujuan mendidik dan mengarahkan manusia agar berhasil menjalankan fungsi utama keberadaan mereka dimuka bumi. Sebagai khalifah Allah dan hamba-Nya, seluruh potensi kecerdasan yang Allah karuniakan untuk membangun peradaban kelak harus dipertanggung-jawabkan, dan al Qur’an merupakan jawaban atas seluruh permasalahan itu b. Sunnah As-sunnah didefenisikan sebagai sesuatu yang didapatkan dari Nabi Muhammad s.a.w. yang terdiri dari ucapan, perbuatan,persetujuan, sifat fisik atau budi, atau biografi, baik pada masa sebelum kenabian ataupun sesudahnya. Didalam dunia pendidikan, As-Sunnah memiliki dua manfaat pokok. Manfaat pertama, As-sunnah mampu menjelaskan konsep dan kesempurnaan pendidikan islam sesuai dengan konsep Al-Qur’an, serta lebih merinci penjelasan Al-Qur’an. Kedua, As-Sunnah dapat menjadi contoh yang tepat dalam penentuan metode pendidikan
 
1.     Pengertian media pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sebagai perantara atau pengantar, alat bantu mengajar, sarana pembawa/penyalur pesan, sumber belajar, dan alat perangsang siswa agar pembelajaran menjadi lebih konkrit dan siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
2.     Kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa seorang guru memilih salah satu media dalam kegiatannya dikelas atas dasar pertimbangan: a. Ia merasa sudah akrab dengan media itu. b. Ia merasakan bahwa media yang dipilihnya dapat menggambarkan dengan lebih baik dari pada dirinya sendiri. c. Media yang dipilihnya dapat menarik minat dan perhatian siswa, serta menuntutnya pada penyajian yang lebih terstruktur dan terorganisir. d. Ingin memberi gambaran atau penjelasan yang lebih konkret.
3.     Dalam dasar penggolongan media pembelajaran ada beberapa cara yang dapat digunakan. Salah satu cara diantaranya ialah dengan menekankan pada teknik yang dipergunakan dalam pembuatan media tersebut. Sebagai contoh, seperti gambar, fotografi, rekaman audio, dan sebagainya. Ada pula yang dilihat dari cara yang dipergunakan untuk mengirimkan pesan. Contoh, ada penyampaian yang disampaikan melalui siaran televisi dan melalui optik. Berbagai bentuk presentasi media yang kita terima, membuat kita sadar bahwa kita menerima informasi dalam bentuk tertentu. Pesan-pesan tersebut dapat berupa bahan cetakan, bunyi, bahan visual, gerakan, atau kombinasi dari berbagai bentuk informasi ini.
4.     Hasil diskusi judul “Trend dalam Teknologi dan Media untuk Pembelajaran PAI” Peran guru dalam inovasi dan pengembangan media pembelajaran sangat diperlukan mengingat guru dapat dikatakan sebagai pemain yang sangat berperan dalam proses belajar mengajar di kelas, yang hendaknya dapat mengolah kemampuannya untuk membuat media pengajaran lebih efektif dan efisien. Lembaga pendidikan hendaknya tidak hanya puas dengan metode dan teknik lama, yang menekankan pada metode hafalan, sehingga tidak atau kurang ada maknanya jika diterapkan pada masa sekarang. Perkembangan jaman yang begitu pesat dewasa ini membuat siswa semakin akrab dengan berbagai hal yang baru, seiring dengan perkembangan dunia informasi dan komunikasi. Dengan demikian penggunaan media dalam pengajaran di kelas merupakan sebuah kebutuhan yang tidak dapat diabaikan. Hal ini dapat dipahami mengingat proses belajar yang dialami siswa tertumpu pada berbagai kegiatan menambah ilmu dan wawasan untuk bekal hidup di masa sekarang dan masa akan datang. Salah satu upaya yang harus ditempuh adalah bagaimana menciptakan situasi belajar yang memungkinkan terjadinya proses pengalaman belajar pada diri siswa dengan menggerakkan segala sumber belajar dan cara belajar yang efektif dan efisien. Dalam hal ini, media pengajaran merupakan salah satu pendukung yang efektif dalam membantu terjadinya proses belajar.
5.     Media yang digunakan oleh nabi dalam mengembangkan pendidikan: a. Al-Qur’an b. As-sunnah
 
1.        Pengertian Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan bahan serta materi tentang Agama Islam kepada Peserta didik agar terwujudnya kepribadian Muslim yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Agama Islam.
2.        Dasar pertimbangan pemilihan media pembelajaran didasarkan pada dua alasan, yaitu : alasan teoritis dan alasan praktis.
3.        Dasar penggolongan media pembelajaran: a. Media berbasis manusia (guru, instruktur, tutor, main-peran, dan kegiatan kelompok) b. Media berbasis cetak (buku, penuntun, buku latihan, alat bantu kerja, dan lembaran lepas) c. Media berbasis visual (buku, alat bantu kerja, bagan, grafik, peta, gambar, transparansi, dan slide) d. Media berbasis audio-visual (video, film, program slide-tape, dan televisi) e. Media berbasis komputer (pengajaran dengan bantuan komputer, interaktif video)
4.        Hasil diskusi judul “Trend dalam Teknologi dan Media untuk Pembelajaran PAI” Teknologi dan Media Pembelajaran banyak sekali jenis dan macamnya. Mulai yang paling kecil sederhana dan murah hingga media yang canggih dan mahal harganya. Ada media yang dapat dibuat oleh guru sendiri, ada media yang diproduksi pabrik. Ada media yang sudah tersedia di lingkungan yang langsung dapat kita manfaatkan, ada pula media yang secara khusus sengaja dirancang untuk keperluan pembelajaran.
5.        Media yang digunakan oleh nabi dalam mengembangkan pendidikan: a. Al-Qur’an b. As-sunnah
 
1.     Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah suatu media atau alat yang digunakan seseorang dalam proses pembelajaran PAI (materi pembelajaran agama islam yang digunakan pada lembaga pendidikan)
2.     Dasar yang menjadi pertimbangan dalam merancang media pembelajaran adalah: a. Dilihat situasi dan kondisinya. b. Sudah akrab dengan media yg akan digunakan. c. Media yang digunakan dapat berbuat lebih dari yg bisa di lakukan. d. Media yang digunakan dapat menarik minat dan perhatian siswa. Jdi yg paling penting dasar yang menjadi pertimbangan dan media yg digunakan dalam merancang pendidikan adalah dapat memenuhi kebutuhan dan atau mencapai tujuan yg di inginkan.
3.     Dasar atau klasifikasi penggolongan media pembelajaran adalah : a. Pesan (dapat berbentuk lisan atau tulisan) b. Orang c. Bahan d. Alat e. Tehnik f. Latar atau lingkungan.
4.     Hasil diskusi tentang "Trend dalam Teknologi dan Media untuk Pembelajaran PAI" adalah : Perkembangan teknologi di zaman sekarang ini sangatlah pesat, dapat diakui bahwa perkembangan teknologi sangat berperang penting dalam kehidupan manusia baik dalam bidang pendidikan maupun di dalam bidang yang lainnya, di samping itu teknologi juga memiliki dampak positif dan negatif, dan kedua dampak tersebut akan di dapatkan sesuai dengan bagaimana cara kita menggunakannya.
5.     Media yang digunakan oleh nabi dalam mengembangkan pendidikan adalah : Salah satu Nabi yang mengembangkan pendidikan adalah Rasulullah Muhammad saw. Media yang digunakan oleh Rasulullah saw dalam mengembangkan pendidikan adalah "Menggunakan gambar" (agar lebih mudah dipahami dan diserap oleh akal dan jiwa) yang berpatokan dengan Al-Quran dan Hadits, karena Rasulullah saw memberikan gambaran yg sesuai dengan apa yg ada dalam Al-Quran dan hadits. Pada zaman rasulullah saw tidak seperti zaman yg kita rasakan sekarang ini dengan adanya perkembangan teknologi.
 
1.         Pengertian Media Pembelajaran PAI Jawab : Media pembelajaran adalah sebuah alat/sarana untuk mempermudah proses belajar mengajar PAI.
2.         Dasar yang menjadi pertimbangan dalam merancang media pembalajaran . Jawab : ada dasar yang menjadi pertimbangan yaitu : a. Dasar teoritis memiliki komponen yang meliputi input-proses-output yang berpengaruh yaitu materi, media, strategi, metode untuk mencapai tujuan dan evaluasi. b. Dasar praktis yaitu teknologi dapat digunakan sebagai alat untuk mendemonstrasikan suatu konsep, ide dst. Kemudian teknologi juga lebih akab dengan manusia atau lebih mudah untuk digunakan serta teknologi mampu melakukan sesuatu yang diluar kemampuan kita, serta dapat memperjelas sebuah materi yang disampaikan, serta media dapat menarik minat belajar siswa.
3.         Dasar penggolongan media pembalajaran yaitu : a. Klasifikasi media pembelajaran menurut Azhar Arshad 1) Orang 2) Pesan (Lisan dan tulisan 3) Objek (ruang) 4) Teknik bagaimana media itu di sampaikan 5) Bahan b. Klasifikasi media menurut Marry Thomas (berdasarkan pengalaman ) 1) Pengalaman dari benda asli 2) Pengalaman dari benda tiruan 3) Pengalaman dari Kata kata (Radio, TV, Buku) c. Leshim dan Follock 1) Media berbasis manusia (guru, Insruktur) 2) Media berbasis Cetak (buku, penuntun pelatihan) 3) Visual ( Gambar, bagan grafik) 4) Adio visuan (Video) 5) Komputer (Hypertex)
4.         Sebagai manusia yang hidup dizaman teknologi maka kita harus mampu menyesuaikan diri dengan terus belajar supaya kita mampu menggunakan media dengan baik karena kita tahu bahwa media sangat membantu dalam proses belajar mengajar serta dapat memperjelas materi ajar yang akan kita sampaikan kepada anak didik kita.
5.         Media tertulis berupa kitab yang diberikan kepada beberapa nabi diantaranya kitab zabur yang diberikan Nabi Daud As, taurat kepada Nabi Musa As, Injil kepada Nabi Isa As, dan kitab Al-qur’an yang dibawah oleh Nabi Muhammad SAW. Adapun berupa media lain yang digunakan yaitu berupa tongkat yang digunakan oleh Nabi Musa As.
 
1.        Media Pembelajaran PAI adalah alat yang digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran yang terkait dengan agama Islam dalam lembaga pendidikan.
2.        Dasar yang perlu dipertimbangkan dalam merancang media pembelajaran yaitu dengan menentukan transmisi pesan, menentukan karakteristik pelajaran, menganalisis karakteristik masing-masing media serta bagaimana ketertarikan siswa terhadap media yang dirancang sehingga proses pembelajaran dapat tercapai dengan efektif dan efisien.
3.        Dasar penggolongan media pembelajaran: a. Pesan merupakan pelajaran/informasi yang diteruskan oleh komponen lain dalam bentuk ide, fakta, arti, data, dan lain-lain. b. Orang merupakan manusia sebagai penyimpan, pengolah, dan penyaji pesan. c. Bahan yaitu sesuatu yang mengandung pesan untuk disajikan melalui penggunaan alat ataupun oleh dirinya sendiri. Sebagai contoh bahan cetak akan menyajikan pesan berupa gambar/foto, buku, modul, grafis, dll. d. Alat yaitu sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan pesan yang tersimpan di dalam bahan. e. Teknik merupakan prosedur rutin atau acuan yang disiapkan untuk menggunakan bahan, peralatan, orang, dan lingkungan untuk menyampaikan pesan. f. Lingkungan merupakan situasi sekitar atau tempat di mana pesan diterima.
4.        Hasil diskusi judul “Trend dalam Teknologi dan Media untuk Pembelajaran PAI” Dengan trend teknologi yang sudah lumrah kita jumpai saat ini yang dapat mempermudah kalangan pelajar dalam proses pembelajaran, seperti penggunaan jejaring sosial menggunakan (komputer, handphone) yang semakin canggih yang memudahkan peserta didik untuk mengerjakan tugas. Dengan teknologi ini pula memudahkan peserta didik dalam media pembelajaran PAI karena seperti aplikasi al-Qur’an mudah didapatkan dalam telepon genggam. Namun, pemanfaatan teknologi ini tidak lepas dari pengawasan tenaga pendidik seperti lebih memperketat saat pembelajaran berlangsung atau dengan cara membatasi (memblokir) situs terlarang sehingga peserta didik tidak bebas membuka situs.
5.        Media yang digunakan oleh nabi (Muhammad Saw.) dalam mengembangkan pendidikan yaitu: a. Al-Qur’an dan as-Sunnah b. Di rumah c. Di masjid d. Di jalan dan lainnya
 
1.       Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah media atau alat yang digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam
2.       Dasar yang menjadi pertimbangan dalam merancang media pembelajaran : a. Relevansi media dengan materi pelajaran b. Biaya yang digunakan c. Mudah digunakan (praktis) d. Fleksible sehingga dapat dibawa kemana-mana e. Bahan/material mudah didapatkan
3.       Dasar penggolongan media pembelajaran a. Berdasarkan fungsi Media b. Berdasarkan pengalaman/hasil pengamatan c. Berdasarkan bentuk
4.       Hasil diskusi tentang Strategi Pembelajaran PAI dalam upaya mengintegrasikan teknologi dan media : Seiring perkembangan teknologi, kita sebagai pendidik harus mampu dan dituntut untuk dapat mengintegrasikan teknologi dan media. kemudian kita pun harus mampu mengontrol peserta didik agar hendaknya dapat menggunakan media pembelajaran sebagaimana mestinya. Kemudian yang terakhir adalah bahwa media pembelajaran (teknologi) sangat membantu mempermudah proses pembelajaran.
5.       Media yang digunakan nabi dalam mengembangkan pendidikan : a. Nabi Nuh dengan perahunya b. Nabi Musa dengan tongkatnya c. Nabi Musa dengan Kitab Taurat d. Nabi Daud dengan Kitab Zabur e. Nabi Isa dengan Kitab Injil f. Nabi Muhammad saw dengan Kitab Suci Alquran
 
1.       Media pembelajaran PAI adalah sebagai peranta, alat bantu mengajar, sarana pembawa atau penyalur pesan, sumber belajar, dan alat peperansang siswa agar pembelajaran media menjadi lebih konkrik dan siswa efektif dalam proses pembelajaran
2.       Dasar yang menjadi pertimbangan dalam merancang media pembelajaran yaitu; Media pembelajaran harus sesuai dengan tujuan yang ingin di capai, Media pembelajaran harus berdasarkan dengan objektivitas, Media pembelajaran harus di ssuaikan dengan karakteristik siswa, Media pembelajaran harus sesuai dengan gaya belajar siswa dan kemampuan guru , dan harus sesuai dengan kondisi lingkungan.
3.       Dasar penggolongan media pembelajaran yaitu; Media cetakan Media pajang Rekaman video Media berbasis manusia Penyajian multi image Bahan dan teknik.
4.       Hasil diskusi tentang strategi pembelajaran PAI dalam upaya mengintegrasikan teknologi media yaitu mengandung pengertian rangkaian perilaku pendidik, yang tersusun secara terencana dan sistimatis untuk menginformasikan dan mengidentifikasikan nilai-nilai islam dan media pembelajaran PAI berdasarkan teknologi secara umum. Jenis media pembelajaran di kelompokkan menjadi beberapa yaitu, media visual, media cetak, media berbasis komputer, dan audio.
5.       Media yang di gunakan oleh Nabi muhammad saw dalam mengembankang pendidikan yaitu angota badan rasulullah sendiri misalnya tangan, lisan,dan jari. Contohnya 1. Pengertian media pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sebagai perantara atau pengantar, alat bantu mengajar, sarana pembawa/penyalur pesan, sumber belajar, dan alat perangsang siswa agar pembelajaran menjadi lebih konkrit dan siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Dengan kata lain media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar yang efektif dan efisien. 2. Dasar yang menjadi pertimbangan dalam merancang media pembelajaran a. Tujuan b. Sasaran didik c. Karateristik media yang bersangkutan d. Waktu e. Biaya f.Ketersediaan g. Konteks penggunaan h. Mutu Teknis 3.Dasar Penggolongan media pembelajaran Leshin, Pollock & Reigeluth (1992) Mengklasifikasi media ke dalam lima kelompok, yaitu: 1) Media berbasis manusia (guru, instruktur, tutor, main-peran, dan kegiatan kelompok) 2) Media berbasis cetak (buku, penuntun, buku latihan, alat bantu kerja, dan lembaran lepas) 3) Media berbasis visual (buku, alat bantu kerja, bagan, grafik, peta, gambar, transparansi, dan slide) 4) Media berbasis audio-visual (video, film, program slide-tape, dan televisi) 5) Media berbasis komputer (pengajaran dengan bantuan komputer, interaktif video dan hypertext) 4. Hasil diskusi tentang Strategi Pembelajaran PAI dalam upaya mengintegrasikan teknologi dan media Seiring perkembangan teknologi informasi pada zaman ini, ada keputusan penting yang harus dilakukan seorang guru untuk memastikan kapan belajar mengintegrasikan teknologi dan media menjadi pembelajaran. Ledakan informasi mensyaratkan bahwa guru harus menentukan cara untuk memberi pengalaman kepada peserta didik di mana mereka mampu membangun pemahaman mereka tentang dunia di sekitar mereka. Guru merencanakan dan mengelola sistem pembelajaran untuk memastikan bahwa masing-masing peserta didik dapat bersaing dan sukses. 5. Media yang digunakan oleh nabi dalam mengembangkan pendidikan a. Al-Qur'an b. Hadits
 

 

Selanjutnya adalah mengukur pemahaman mahasiswa tentang penggolongan media pembelajaran berdasarkan bentuknya. Bentus soalnya adalah pilihan centang untuk jawaban yang dianggap paling sesuai. Dari jumlah mahasiswa yang merespon, berikut ini adalah data yang didapatkan

Media Pembelajaran Berdasarkan Bentuknya
Jumlah
Persentase
Pesan atau informasi yang ditransmisikan
10
71,4 %
Orang yang melakukan transimisi
11
78,6 %
Bahan atau informasi yang disampaikan
10
71,4 %
Alat yang menyimpan informasi
8
57,1 %
Teknik atau bagaimana informasi itu ditransmisikan
8
57,1 %
Lingkungan atau latar transmisi
4
28,6 %
Perpaduan antara informan dan komunikan
5
35,7 %

 Selanjutnya adalah 1 soal pilihan ganda. pertanyaannya adalah Media Pembelajaran PAI berfungsi sebagai? dari pertanyaan tersebut, terdapat 4 jawaban yang benar dan 1 diantaranya paling benar. berikut ini adalah respon mahasiswa terhadap soal pilihan ganda ini.


Soal
Media Pembelajaran PAI Berfungsi sebagai?:
Jumlah Respon
A
Alat yang menyimpan informasi
0
B
Petunjuk Teknik atau bagaimana informasi itu ditransmisikan
1
C
alat untuk mempermudah proses pembelajaran
12
D
Alat Komunikasi Pembelajaran
1

 MID Tes sebagai sampel ini penulis jadikan evaluasi untuk peningkatan kualitas pembelajaran di kelas. Melalui MID ini setidaknya bisa dipahami beberapa hal yang perlu ditingkatkan, harus dipertahankan dan juga yang perlu di ubah. Semuanya diukur berdasarkan hasil evaluasi yang diambil dari 14 mahasiswa sebagai sampel.
Untuk yang telah merespon dan terpilih sebagai sampel; @ Muhammad Nasir, Zul Fitra Azikin, Jusman, Rahmiah L, Syamsinar, Rahmawati, Ita Ramdani, Rahmi, Abd. Salam, Mutmainna, Kamaruddin, A. Husnul Khatima, Sahruni, Fatmawati. Semoga kalian bisa menjadi inspirasi untuk orang-orang dilingkungan anda.
Analisis Respon Mahasiswa terhadap MID Seserter ini


 

No comments:

Post a Comment

شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم