Berikut ini adalah data MID Semester
Jurusan PAI Semester 6 STAI Al Amanah Jeneponto yang telah dirampungkan pada
hari Rabu, 19 April 2017. Ada tiga bentuk soal yaitu soal uraian, centang
pilihan yang sesuai dan pilihan ganda. Soal MID tes adalah pemahaman mahasiswa
tentang; 1) arti media pembelajaran Pendidikan Agama Islam, 2) Dasar yang
menjadi pertimbangan dalam merancang media pembelajaran, 3) Dasar penggolongan
media pembelajaran, 4) Hasil diskusi tentang trend teknologi dan media
pembelajaran, dan 5). Media yang digunakan oleh nabi dalam mengembangkan
pendidikan. Dari sejumlah respon, berikut ini adalah tanggapan mahasiswa dari
untuk soal uraian.
Selanjutnya
adalah 1 soal pilihan ganda. pertanyaannya adalah Media Pembelajaran PAI berfungsi sebagai? dari pertanyaan tersebut, terdapat 4 jawaban yang benar dan 1 diantaranya paling benar. berikut ini adalah respon mahasiswa terhadap soal pilihan ganda ini.
MID Tes sebagai sampel ini
penulis jadikan evaluasi untuk peningkatan kualitas pembelajaran di kelas. Melalui
MID ini setidaknya bisa dipahami beberapa hal yang perlu ditingkatkan, harus
dipertahankan dan juga yang perlu di ubah. Semuanya diukur berdasarkan hasil
evaluasi yang diambil dari 14 mahasiswa sebagai sampel.
Untuk yang telah merespon dan
terpilih sebagai sampel; @ Muhammad
Nasir, Zul Fitra Azikin, Jusman, Rahmiah L, Syamsinar, Rahmawati, Ita Ramdani, Rahmi,
Abd. Salam, Mutmainna, Kamaruddin, A. Husnul Khatima, Sahruni, Fatmawati. Semoga
kalian bisa menjadi inspirasi untuk orang-orang dilingkungan anda.
1.
Pengertian media
pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sebagai perantara atau pengantar,
alat bantu mengajar, sarana pembawa/penyalur pesan, sumber belajar, dan alat
perangsang siswa agar pembelajaran menjadi lebih konkrit dan siswa terlibat
aktif dalam proses pembelajaran. Dengan kata lain media pembelajaran adalah
segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang
pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong
proses belajar yang efektif dan efisien.
2.
Dasar yang menjadi
pertimbangan dalam merancang media pembelajaran a. Tujuan b. Sasaran didik c.
Karateristik media yang bersangkutan d. Waktu e. Biaya f.Ketersediaan g.
Konteks penggunaan h. Mutu Teknis
3.
Dasar Penggolongan
media pembelajaran Leshin, Pollock & Reigeluth (1992) Mengklasifikasi
media ke dalam lima kelompok, yaitu: 1) Media berbasis manusia (guru,
instruktur, tutor, main-peran, dan kegiatan kelompok) 2) Media berbasis cetak
(buku, penuntun, buku latihan, alat bantu kerja, dan lembaran lepas) 3) Media
berbasis visual (buku, alat bantu kerja, bagan, grafik, peta, gambar,
transparansi, dan slide) 4) Media berbasis audio-visual (video, film, program
slide-tape, dan televisi) 5) Media berbasis komputer (pengajaran dengan
bantuan komputer, interaktif video dan hypertext)
4.
Hasil diskusi
tentang Strategi Pembelajaran PAI dalam upaya mengintegrasikan teknologi dan
media Seiring perkembangan teknologi informasi pada zaman ini, ada keputusan
penting yang harus dilakukan seorang guru untuk memastikan kapan belajar
mengintegrasikan teknologi dan media menjadi pembelajaran. Ledakan informasi
mensyaratkan bahwa guru harus menentukan cara untuk memberi pengalaman kepada
peserta didik di mana mereka mampu membangun pemahaman mereka tentang dunia
di sekitar mereka. Guru merencanakan dan mengelola sistem pembelajaran untuk
memastikan bahwa masing-masing peserta didik dapat bersaing dan sukses.
5.
Media yang digunakan
oleh nabi dalam mengembangkan pendidikan a. Al-Qur'an b. Hadits
|
1.
Media pembelajaran
adalah sebuah alat yang digunakan untuk mempermudah proses belajar mengajar
2.
Dasar yang menjadi
pertimbangan dalam merancang media pembelajaran a. Alasan teoritis Dinan a
median ini memiliki kesesuain dengan tujuan pembelajaran yang ingin di capai
natinya b. Alasan praktis 1) Demonstrasi Dengab adanya alat peraga guru akan
lebih mudah menjelaskan pembelajarannya 2) Familiar Jika media sering di
gunakan maka orng mudah menguasai dan memahami media yang ia gunakan 3)
Clarity Dengan media guru akan lebih mudah memperjelas materi yang di bawakan
3.
Peggolongan media a.
Klasifikasi media pembelajaran menurut Azhar Arshad 1) Orang 2) Pesan (Lisan
dan tulisan 3) Objek (ruang) 4) Teknik bagaimana media itu di sampaikan 5)
Bahan b. Klasifikasi media menurut Marry Thomas (berdasarkan pengalaman ) 1)
Pengalaman dari benda asli 2) Pengalaman dari benda tiruan 3) Pengalaman dari
Kata kata (Radio, TV, Buku) c. Leshim dan Follock 1) Media berbasis manusia
(guru, Insruktur) 2) Media berbasis Cetak (buku, penuntun pelatihan) 3)
Visual ( Gambar, bagan grafik) 4) Adio visuan (Video) 5) Komputer (Hypertex)
4.
Seiring dengan perkembangan
teknologi pada jaman ini ,maka guru harus mefikir aktif untuk mencari media
yang cocok untuk anak didik nya, sala satunya adalah memilih teknologi,
dengan teknologi guru akan lebih muadah metranformasikan pembelajaran yang di
milikanya.
5.
Media Tulisan
Contohnya kitab Al Quran’, Media transfortasi misalnya Perahu Nabi Nuh As,
Tongkat nabi Musa As.
|
1.
media pembelajaran
PAI adalah Alat, metode, dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih
mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses
pendidikan dan pengajaran di sekolah.
2.
Dasar yang menjadi
pertimbangan dalam merancang media pembelajaran a) Mengatasi keterbatsan
pengalaman/pemahaman siswa b) Mengatasi ruang kelas c) Memungkinkan adanya
interaksi langsung antara siswa didalam kelas d) Menhasilkan keseragaman
pengamatan e) Menanamkan konsep dasar yang benar
3.
Dasar penggolongan
pembelajaran PAI MEDIA di bagi menjadi fungsi Orang Pesan/lisan/tulisan
Objek ruang/ lingkungan Teknik bagaimana media itu disampaikan dengan baik
Bahan pembelajaran Media berdasarkan pengalaman : a) Pengalaman dari benda
asli b) Pengalaman dari benda tiruan c) Pengalaman Dari kata-kata d)
Pengalaman dari audio,radio,buku,tv Menurut Leshin, Pollock Mengklasifikasi
media ke dalam lima kelompok, yaitu: Media berbasis manusia (guru,
instruktur, tutor, main-peran, dan kegiatan kelompok) Media berbasis cetak
(buku, penuntun, buku latihan, alat bantu kerja, dan lembaran lepas) Media
berbasis visual (buku, alat bantu kerja, bagan, grafik, peta, gambar,
transparansi, dan slide) Media berbasis audio-visual (video, film, program
slide-tape, dan televisi) Media berbasis komputer (pengajaran dengan
bantuan komputer, interaktif video dan hypertext) Presentasi
4.
Seiring perkembangan
zaman ini yg semakin modern teknologinya maupun di bidang informasi maka
guru/dosen harus mencari pembelajaran yang menginteraksikan teknologi dan
media dengan menggunakan media pendidikan agama yang mengikuti perkembngan
zaman sebagimana sebenarnya agar siswa tidak terbelakang di bidang IPTEK
maupun di bidang keagamaan supaya siswa berkarakter islamiyah.
5.
Media yang di
lakukan para nabi adalah Nabi nuh mampu membuat kapal raksasa Nabi musa
Tangan yang bercahaya dan tongkat. Nabi daud Pengetahuan untuk mengelola
besi, sehingga Nabi Daud bisa mengelola besi-besi menjadi baju. Nabi
Sulaiman mampu memahami bahasa semua binatang, mengendalikan jin, dan
menundukkan angin. Nabi Isa yang bisa membuat dan menghidupkan burung dari
tanah menyembuhkan orang yang sakit, dan menghidupkan orang yang sudah mati.
Nabi Muhammad saw al-qur’an dan hadis
|
1.
yang saya pahami
tentang pengertian media pembelajaran pendidikan agama islam adalah media itu
adalah alat ,Pembelajaran adalah proses komunikasi atau proses belajar
mengajar ,PAI adalah proses yang mengarahkan manusia pada kehidupan yang
baik. Jdi dpat d simpulkan bahwa pengertian pembelajaran pendidikan agama
islam adalah suatu alat yang dapat di gunakan untuk menyampaikan bahan serta
materi tentang agama islam kepada peserta didik agar terwujud kepribadian
baik yg sesuai dngan nilai2 yg terkandung dalam agama islam.
2.
yang saya pahami
tentang dasar yg menjadi pertimbangan dalam merancang media pembelajaran
adalah bahwa dasar pertimbangan suatu media sangatlah mudah hingga sangatlah
sederhana yaitu dapat memenuhi kebutuhan atau menepati tujuan yg di inginkan
oleh pihak pengguna media itu sendiri.
3.
yang sya pahami
tentang dasar penggolangan media pembelajaran adalah bahwasanya media
pembelajaran itu adalah suatu media yang di lakukan atau di sampaikan
sesorang berdasarkan pengalaman ,bahan,objek,baik yg berbentuk lisan maupun
tulisan dengan mengunakan tehnik-tehnik tertentu oleh pengguna media.
4.
yang sya pahami dari
hasil diskusi tentang trend dAlam teknologi adalah dimana secara khusus
pengertian media dlam proses belajar mengajar cenderung di artikan sebagai
alat2 grafis,photografis atau elektronik untuk menangkap ,memproses atau
menyusun kembali imformasi Dan aspek yg harus di perhatikan dalam memilih
media antara lain adanya tujuan pengajaran dan respon yang di harapkan siswa.
Manfaat praktis dari teknologi dan media antara lain dapat memperjelas
penyajian pesan dan imformasi,dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian
anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar,dapat mengatasi indera ruang
dan waktu ,dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang
peristiwa2 di lingkungan mereka.
5.
media yang di
gunakan oleh nabi dalam mengembangkan pendidikan adalah membangun lembaga
mesjid karena melalui mesjid nabi memberikan pendidikan islam atau memberikan
dakwah islamiyah kepada ummatnya.
|
1.
Pengertian Media
Pembelajaran PAI ”Kata media berasaldaribahasa Latin mediusyangberartitengah,
perantara, pengantar.Dalambahasa Arab, media adalah perantara (وسائل) atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima
pesan Media pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sebagai perantara atau
pengantar, alat bantu mengajar, sarana pembawa/penyalur pesan, sumber
belajar, dan alat perangsang siswa agar pembelajaran menjadi lebih konkrit
dan siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
2.
Dasar Pertimbangan
Dalam Memilih Media Pembelajran Kelemahan-kelemahan yang Nampak menggejala
dalam pemakaian media merupakan bagian yang diperhitungkan dalam proses
belajar mengajar bukan didasarkan pada pemikiran logis dan ilmiah, melainkan
sekedar memenuhi perkembangan dilingkungan sekolah. Seorang pengajar
membiasakan untuk memakai media pengajaran yang telah disediakan oleh suatu
sekolah untuk membantu dalam mempermudah penyampain pesan pembelajaran,
sehingga pemakaian media tersebut tidak didasarkan pertimbangan pada
kebutuhan dan karakteristik siswa atau kesesuaian dengan materi yang akan
disajikan dan tujuan yang akan dicapai. Sebagai contoh seorang pengajaran
yang terbiasa memakai overhead projector (OHP) karena mungkin dilingkungan
sekolahnya telah tersedia media tersebut, sehingga ia cenderung untuk
menggunakannya dengan pertimbangan yang sederhana bahwa media tersebut sangat
membantu guru atau dosen yang bersangkutan dalam menyampaikan pesan
pembelajaran yang mungkin tanpa media OHP tersebut akan memeras tenaga
guru/dosentersebut. Denganmengguanakan media tersebutseolah-olahpengajaran
yang diberikan dapat mempunyai nilai lebih sebanding hanya berceramah
melulu.Pertimbangan semacam ini mungkin ada benarnya, namun tidak didasari
pertimbangan pada criteria-.kriteria pemilihan media yang logis dan benar.
Kemungkinan-kemungkinan penggunaan pembelajran semacam ini besar resiko
kesalahannya atau mungkin tidak mencapai sasaran yang diharapkan
3.
Dasar Penggolongan
Media Pembelajaran Yaitu: 1) Media cetakan Yaitu meliputi bahan-bahan yang
disiapkan di ataskertasuntukpengajarandaninformasi.Misalnyabukuteks, lembaran
penuntun, penuntunbelajar, penuntun instruktur, brosur, dan teks terpogram.
2) Media pajang Pada umumnya digunakan untuk menyampaikan pesan atau
informasi di depan kelompok kecil. Misalnya papan tulis, flip chart, papan
magnet, papankain, papanbuletin, danpameran. 3) OHP dantransparansi
Transparansi yang diproyeksikanadalah visual baikberupahuruf, lambang,
gambar, grafik atau gabungannya pada lembaran tembus pandang atau plastik
yang dipersiapkan untuk diproyeksikan ke sebuah layar atau dinding. 4)
Rekaman audiotape Pesandanisipelajarandapatdirekampada tape magnetik sehingga
hasil rekaman itu dapat diputar kembali pada saat diinginkan. 5) Seri slide
(film bingkai) dan filmstrips Adalahsuatu film transparansi yang berukuran 35
mm denganbingkai 2 x 2 inci. Bingkai tersebut terbuat dari karton atau
plastik.Film bingkai diproyeksikan melalui slide proyektor.Program kombinasi
film bingkai bersuara pada umumnya berkisar 10 sampai 30 menit dengan jumlah
gambar 10 sampai 100 buah. 6) Penyajian multi-image Media berbasis visual
(image atauperumpamaan) dapat memberikan hubungan antaraisimateri pelajaran
dengan dunia nyata. Bentuk visualnya berupagambar representasi seperti
gambar, lukisan atau foto yang menununjukkan bagaimana suatu benda.Diagram
yang melukiskan hubungan konsep, organisasi, dan struktur materi. 7) Rekaman
video dan film hidup Film ataugambarhidupmerupakangambar-gambardalam frame di
mana frame demi frame diproyeksikan melalui lensa proyektor secara mekanis
sehingga pada layar terlihat gambar hidup. 8) Komputer Mesin yang
dirancangkhususuntukmemanipulasi yang diberikode, mesinelektronik yang
otomatis melakukan pekerjaan dan perhitungan sederhana dan rumit.satu unit
komputer terdiri atas empat komponen dasar, yaitu input (keyborddan writing
pad), prosesor (CPU: unit pemroses data yang diinput), penyimpanan data
(memoripermanen/ROM, sementara RAM), dan output (monitor, printer).
4.
HasilDiskusi Tentang
Trend Dalam Teknologi Dan Media Untuk Media Pembelajaran PAI Apabila media
dipahamisecaragarisbesardapatdikatakanbahwa media adalahmanusia,
materiataukejadian yang membangunkondisi yang
membuatsiswamampumemperolehpengetahuan, keterampilanatausikap.Media
adalahbagian yang tidakterpisahkandari proses komunikasidanpembelajaran demi
tercapainya tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan pembelajaran disekolah
pada khususnya. Media sangatpentinguntukmenjelaskanhal - hal yang abstrak dan
menunjukan hal¬¬-hal yang tersembunyi sehingga guru perlu untuk menentukan
media secaraterencana, sistematis dan sistemik sehingga komunikasi dalam
pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien.
5.
Media Yang Digunakan
Oleh Nabi Dalam Mengembangkan Pendidikan Nabi dalam mentarbiyah parasahabat menggunakan
perkataan dan perbuatan, makanya kadang
kita mendapatkan para sahabat meriwayatkan perbuatan beliau dan juga yang
meriwatkan perkataan beliau.. 1. Dalam tarbiyah dengan perkataan beliau sangat
memperhatikan sahabat yang beliau tarbiyah, makanya sering kita temui
rasulullah di datangi oleh beberapa sahabat dengan pertanyaan yang sama tapi
di jawab dengan jawaban yang berbeda 2. Dalam perbuatan beliau, beliau
memperhatikan sikapnya tanpa perkataan.makanya kita temui banyak sahabat yang
meriwayatkan perbuatan beliau..tentang cara sholat, carawudhu, dan cara mandi
beliau. 3. media yang ke-3 yang digunakan yaitu dengan alquran dan sunnah di
dalamnya sudah mencakup keseluruhan..
|
1.
Pengertian media
pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sebagai perantara atau pengantar,
alat bantu mengajar, sarana pembawa/penyalur pesan, sumber belajar, dan alat
perangsang siswa agar pembelajaran menjadi lebih konkrit dan siswa terlibat
aktif dalam proses pembelajaran. Dengan kata lain media pembelajaran adalah
segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang
pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong
proses belajar yang efektif dan efisien.
2.
Dasar yang menjadi
pertimbangan dalam merancang media pembelajaran: 1. Ketersediaan sumber
setempat, artinya bila media yang bersangkutan tidak terdapat pada
sumber-sember yang ada maka harus dibeli atau dibuat sendiri. 2. Apakah untuk
membeli atau diproduksi sendiri telah tersedia dana, tenaga, dan
fasilitasnya. 3. Factor yang menyangkut keluwasan, dan ketahanan media yang
digunakan untuk jangka waktu yang lama, artinya bila digunakan dimana saja
untuk peralatan yang ada disekitarnya dan kapanpun serta mudah dibawa
(fortable). 4. Efektivitas dan efesiensi biaya dalam jangka waktu yang cukup
panjang, sekalipun nampaknya mahal namun mungkin lebih murah disbanding media
lainnya yang hanya dapat digunakan sekali pakai.
3.
Dasar Penggolongan
media pembelajaran: a. Pesan (Apa informasi yang ditransmisikan?) b. Orang
(Siapa/Apakah yang melakukan transmisi?) c. Bahan (Siapa/Apakah yang
menyimpan informasi?) d. Alat (Siapa/Apakah yang menyimpan informasi?) e.
Teknik (Bagaimana informasi itu ditransmisikan?) f. Lingkungan/Latar (Di mana
ditransmisikan?)
4.
Hasil diskusi
tentang strategi pembelajaran PAI dalam upaya mengintegrasikan teknologi
media: Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan Agama
Islam bertujuaan mempermudah penyampaian materi dan pemahaman peserta didik,
terutama materi - materi yang butuh gambaran tertentu. Semuanya akan berjalan
lancar tergantung dengan kondisi teknologi dan jaringan yang tersedia. Dengan
demikian dapat dikatakan bahwa Penggunaan komputer sebagai media dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam bukan sekedar upaya untuk membantu guru
dalam mengajar, tetapi lebih dari itu sebagai usaha yang ditujukan untuk
memudahkan siswa dalam mempelajari dan memahami pengajaran agama. Akhirnya
media komputer memang pantas digunakan oleh Guru Pendidikan Agama Islam,
bukan hanya sekedar alat bantu mengajar bagi guru, namun diharapkan akan
timbul kesadaran baru bahwa media pembelajaran telah menjadi bagian
integraldalam sistem pendidikan agama sehingga dapat dimanfaatkan semaksimal
mungkin untuk membantu lancarnya bidang tugas yang diemban untuk kemajuan dan
meningkatkan kualitas peserta didik.
5.
Media yang digunakan
oleh nabi dalam mengembangkan pendidikan: a. Al-Qur'an Dengan demikian tujuan
pendidikan yang paling mendasar adalah terciptanya perubahan yang diharapkan
dalam seluruh perubahan pada dunia kehidupan manusia. Dan Allah menginginkan
seluruh perubahan itu terjadi dibawah naungan al Qur’an, dibawah
inspirasinya, sehingga perubahan itu tercipta ke arah yang baik, sebagaimana
sifat al Qur’an itu sendiri. b. Sunnah As-sunnah didefenisikan sebagai
sesuatu yang didapatkan dari Nabi Muhammad s.a.w. yang terdiri dari ucapan,
perbuatan,persetujuan, sifat fisik atau budi, atau biografi, baik pada masa
sebelum kenabian ataupun sesudahnya. Didalam dunia pendidikan, As-Sunnah
memiliki dua manfaat pokok. Manfaat pertama, As-sunnah mampu menjelaskan
konsep dan kesempurnaan pendidikan islam sesuai dengan konsep Al-Qur’an,
serta lebih merinci penjelasan Al-Qur’an. Kedua, As-Sunnah dapat menjadi
contoh yang tepat dalam penentuan metode pendidikan Hadits merupakan pedoman
kita setelah Al-qur’an, dengan demikian hadits juga merupakan dasar atau
elemen dalam pendidikan.
|
1.
Pengertian media
pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sebagai perantara atau pengantar,
alat bantu mengajar, sarana pembawa/penyalur pesan, sumber belajar, dan alat
perangsang siswa agar pembelajaran menjadi lebih konkrit dan siswa terlibat
aktif dalam proses pembelajaran. Dengan kata lain media pembelajaran adalah
segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang
pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong
proses belajar yang efektif dan efisien.
2.
Dasar yang menjadi
pertimbangan dalam merancang media pembelajaran: 1. Ketersediaan sumber
setempat, artinya bila media yang bersangkutan tidak terdapat pada
sumber-sember yang ada maka harus dibeli atau dibuat sendiri. 2. Apakah untuk
membeli atau diproduksi sendiri telah tersedia dana, tenaga, dan
fasilitasnya. 3. Factor yang menyangkut keluwasan, dan ketahanan media yang
digunakan untuk jangka waktu yang lama, artinya bila digunakan dimana saja
untuk peralatan yang ada disekitarnya dan kapanpun serta mudah dibawa
(fortable). 4. Efektivitas dan efesiensi biaya dalam jangka waktu yang cukup
panjang, sekalipun nampaknya mahal namun mungkin lebih murah disbanding media
lainnya yang hanya dapat digunakan sekali pakai.
3.
Dasar Penggolongan
media pembelajaran: a. Pesan : Apa informasi yang ditransmisikan b. Orang
:Siapa yang melakukan transmisi c. Bahan : Apa yang menyimpan informasi d.
Teknik : Bagaimana informasi itu ditransmisikan e. Lingkungan/Latar : Di mana
ditransmisikan
4.
Hasil diskusi
tentang strategi pembelajaran PAI dalam upaya mengintegrasikan teknologi
media: Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan Agama
Islam bertujuaan mempermudah penyampaian materi dan pemahaman peserta didik,
terutama materi - materi yang butuh gambaran tertentu. Semuanya akan berjalan
lancar tergantung dengan kondisi teknologi dan jaringan yang tersedia. Dengan
demikian dapat dikatakan bahwa Penggunaan komputer sebagai media dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam bukan sekedar upaya untuk membantu guru
dalam mengajar, tetapi lebih dari itu sebagai usaha yang ditujukan untuk
memudahkan siswa dalam mempelajari dan memahami pengajaran agama. Akhirnya
media komputer memang pantas digunakan oleh Guru Pendidikan Agama Islam,
bukan hanya sekedar alat bantu mengajar bagi guru, namun diharapkan akan
timbul kesadaran baru bahwa media pembelajaran telah menjadi bagian
integraldalam sistem pendidikan agama sehingga dapat dimanfaatkan semaksimal
mungkin untuk membantu lancarnya bidang tugas yang diemban untuk kemajuan dan
meningkatkan kualitas peserta didik.
1.
5. Media yang digunakan
oleh nabi dalam mengembangkan pendidikan: a. Al-Qur'an Allah ta’ala
menurunkan al Qur’an kepada manusia dengan sebuah tujuan mendidik dan
mengarahkan manusia agar berhasil menjalankan fungsi utama keberadaan mereka
dimuka bumi. Sebagai khalifah Allah dan hamba-Nya, seluruh potensi kecerdasan
yang Allah karuniakan untuk membangun peradaban kelak harus
dipertanggung-jawabkan, dan al Qur’an merupakan jawaban atas seluruh
permasalahan itu b. Sunnah As-sunnah didefenisikan sebagai sesuatu yang
didapatkan dari Nabi Muhammad s.a.w. yang terdiri dari ucapan,
perbuatan,persetujuan, sifat fisik atau budi, atau biografi, baik pada masa
sebelum kenabian ataupun sesudahnya. Didalam dunia pendidikan, As-Sunnah
memiliki dua manfaat pokok. Manfaat pertama, As-sunnah mampu menjelaskan
konsep dan kesempurnaan pendidikan islam sesuai dengan konsep Al-Qur’an,
serta lebih merinci penjelasan Al-Qur’an. Kedua, As-Sunnah dapat menjadi
contoh yang tepat dalam penentuan metode pendidikan
|
1.
Pengertian media
pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sebagai perantara atau pengantar,
alat bantu mengajar, sarana pembawa/penyalur pesan, sumber belajar, dan alat
perangsang siswa agar pembelajaran menjadi lebih konkrit dan siswa terlibat
aktif dalam proses pembelajaran.
2.
Kenyataan dilapangan
menunjukkan bahwa seorang guru memilih salah satu media dalam kegiatannya
dikelas atas dasar pertimbangan: a. Ia merasa sudah akrab dengan media itu.
b. Ia merasakan bahwa media yang dipilihnya dapat menggambarkan dengan lebih
baik dari pada dirinya sendiri. c. Media yang dipilihnya dapat menarik minat
dan perhatian siswa, serta menuntutnya pada penyajian yang lebih terstruktur
dan terorganisir. d. Ingin memberi gambaran atau penjelasan yang lebih
konkret.
3.
Dalam dasar
penggolongan media pembelajaran ada beberapa cara yang dapat digunakan. Salah
satu cara diantaranya ialah dengan menekankan pada teknik yang dipergunakan
dalam pembuatan media tersebut. Sebagai contoh, seperti gambar, fotografi,
rekaman audio, dan sebagainya. Ada pula yang dilihat dari cara yang
dipergunakan untuk mengirimkan pesan. Contoh, ada penyampaian yang
disampaikan melalui siaran televisi dan melalui optik. Berbagai bentuk
presentasi media yang kita terima, membuat kita sadar bahwa kita menerima
informasi dalam bentuk tertentu. Pesan-pesan tersebut dapat berupa bahan
cetakan, bunyi, bahan visual, gerakan, atau kombinasi dari berbagai bentuk
informasi ini.
4.
Hasil diskusi judul
“Trend dalam Teknologi dan Media untuk Pembelajaran PAI” Peran guru dalam
inovasi dan pengembangan media pembelajaran sangat diperlukan mengingat guru
dapat dikatakan sebagai pemain yang sangat berperan dalam proses belajar
mengajar di kelas, yang hendaknya dapat mengolah kemampuannya untuk membuat
media pengajaran lebih efektif dan efisien. Lembaga pendidikan hendaknya
tidak hanya puas dengan metode dan teknik lama, yang menekankan pada metode
hafalan, sehingga tidak atau kurang ada maknanya jika diterapkan pada masa
sekarang. Perkembangan jaman yang begitu pesat dewasa ini membuat siswa
semakin akrab dengan berbagai hal yang baru, seiring dengan perkembangan
dunia informasi dan komunikasi. Dengan demikian penggunaan media dalam
pengajaran di kelas merupakan sebuah kebutuhan yang tidak dapat diabaikan.
Hal ini dapat dipahami mengingat proses belajar yang dialami siswa tertumpu
pada berbagai kegiatan menambah ilmu dan wawasan untuk bekal hidup di masa
sekarang dan masa akan datang. Salah satu upaya yang harus ditempuh adalah
bagaimana menciptakan situasi belajar yang memungkinkan terjadinya proses
pengalaman belajar pada diri siswa dengan menggerakkan segala sumber belajar
dan cara belajar yang efektif dan efisien. Dalam hal ini, media pengajaran
merupakan salah satu pendukung yang efektif dalam membantu terjadinya proses
belajar.
5.
Media yang digunakan
oleh nabi dalam mengembangkan pendidikan: a. Al-Qur’an b. As-sunnah
|
1.
Pengertian Media
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah segala sesuatu yang dapat
digunakan untuk menyampaikan bahan serta materi tentang Agama Islam kepada
Peserta didik agar terwujudnya kepribadian Muslim yang sesuai dengan
nilai-nilai yang terkandung dalam Agama Islam.
2.
Dasar pertimbangan
pemilihan media pembelajaran didasarkan pada dua alasan, yaitu : alasan
teoritis dan alasan praktis.
3.
Dasar penggolongan
media pembelajaran: a. Media berbasis manusia (guru, instruktur, tutor,
main-peran, dan kegiatan kelompok) b. Media berbasis cetak (buku, penuntun,
buku latihan, alat bantu kerja, dan lembaran lepas) c. Media berbasis visual
(buku, alat bantu kerja, bagan, grafik, peta, gambar, transparansi, dan
slide) d. Media berbasis audio-visual (video, film, program slide-tape, dan
televisi) e. Media berbasis komputer (pengajaran dengan bantuan komputer,
interaktif video)
4.
Hasil diskusi judul
“Trend dalam Teknologi dan Media untuk Pembelajaran PAI” Teknologi dan Media
Pembelajaran banyak sekali jenis dan macamnya. Mulai yang paling kecil
sederhana dan murah hingga media yang canggih dan mahal harganya. Ada media
yang dapat dibuat oleh guru sendiri, ada media yang diproduksi pabrik. Ada
media yang sudah tersedia di lingkungan yang langsung dapat kita manfaatkan,
ada pula media yang secara khusus sengaja dirancang untuk keperluan
pembelajaran.
5.
Media yang digunakan
oleh nabi dalam mengembangkan pendidikan: a. Al-Qur’an b. As-sunnah
|
1.
Media Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam adalah suatu media atau alat yang digunakan seseorang
dalam proses pembelajaran PAI (materi pembelajaran agama islam yang digunakan
pada lembaga pendidikan)
2.
Dasar yang menjadi
pertimbangan dalam merancang media pembelajaran adalah: a. Dilihat situasi
dan kondisinya. b. Sudah akrab dengan media yg akan digunakan. c. Media yang
digunakan dapat berbuat lebih dari yg bisa di lakukan. d. Media yang
digunakan dapat menarik minat dan perhatian siswa. Jdi yg paling penting
dasar yang menjadi pertimbangan dan media yg digunakan dalam merancang
pendidikan adalah dapat memenuhi kebutuhan dan atau mencapai tujuan yg di
inginkan.
3.
Dasar atau
klasifikasi penggolongan media pembelajaran adalah : a. Pesan (dapat
berbentuk lisan atau tulisan) b. Orang c. Bahan d. Alat e. Tehnik f. Latar
atau lingkungan.
4.
Hasil diskusi
tentang "Trend dalam Teknologi dan Media untuk Pembelajaran PAI"
adalah : Perkembangan teknologi di zaman sekarang ini sangatlah pesat, dapat
diakui bahwa perkembangan teknologi sangat berperang penting dalam kehidupan
manusia baik dalam bidang pendidikan maupun di dalam bidang yang lainnya, di
samping itu teknologi juga memiliki dampak positif dan negatif, dan kedua
dampak tersebut akan di dapatkan sesuai dengan bagaimana cara kita
menggunakannya.
5.
Media yang digunakan
oleh nabi dalam mengembangkan pendidikan adalah : Salah satu Nabi yang
mengembangkan pendidikan adalah Rasulullah Muhammad saw. Media yang digunakan
oleh Rasulullah saw dalam mengembangkan pendidikan adalah "Menggunakan
gambar" (agar lebih mudah dipahami dan diserap oleh akal dan jiwa) yang
berpatokan dengan Al-Quran dan Hadits, karena Rasulullah saw memberikan
gambaran yg sesuai dengan apa yg ada dalam Al-Quran dan hadits. Pada zaman rasulullah
saw tidak seperti zaman yg kita rasakan sekarang ini dengan adanya
perkembangan teknologi.
|
1.
Pengertian Media
Pembelajaran PAI Jawab : Media pembelajaran adalah sebuah alat/sarana untuk
mempermudah proses belajar mengajar PAI.
2.
Dasar yang menjadi
pertimbangan dalam merancang media pembalajaran . Jawab : ada dasar yang
menjadi pertimbangan yaitu : a. Dasar teoritis memiliki komponen yang
meliputi input-proses-output yang berpengaruh yaitu materi, media, strategi,
metode untuk mencapai tujuan dan evaluasi. b. Dasar praktis yaitu teknologi
dapat digunakan sebagai alat untuk mendemonstrasikan suatu konsep, ide dst.
Kemudian teknologi juga lebih akab dengan manusia atau lebih mudah untuk
digunakan serta teknologi mampu melakukan sesuatu yang diluar kemampuan kita,
serta dapat memperjelas sebuah materi yang disampaikan, serta media dapat
menarik minat belajar siswa.
3.
Dasar penggolongan
media pembalajaran yaitu : a. Klasifikasi media pembelajaran menurut Azhar
Arshad 1) Orang 2) Pesan (Lisan dan tulisan 3) Objek (ruang) 4) Teknik
bagaimana media itu di sampaikan 5) Bahan b. Klasifikasi media menurut Marry
Thomas (berdasarkan pengalaman ) 1) Pengalaman dari benda asli 2) Pengalaman
dari benda tiruan 3) Pengalaman dari Kata kata (Radio, TV, Buku) c. Leshim
dan Follock 1) Media berbasis manusia (guru, Insruktur) 2) Media berbasis
Cetak (buku, penuntun pelatihan) 3) Visual ( Gambar, bagan grafik) 4) Adio
visuan (Video) 5) Komputer (Hypertex)
4.
Sebagai manusia yang
hidup dizaman teknologi maka kita harus mampu menyesuaikan diri dengan terus
belajar supaya kita mampu menggunakan media dengan baik karena kita tahu
bahwa media sangat membantu dalam proses belajar mengajar serta dapat
memperjelas materi ajar yang akan kita sampaikan kepada anak didik kita.
5.
Media tertulis
berupa kitab yang diberikan kepada beberapa nabi diantaranya kitab zabur yang
diberikan Nabi Daud As, taurat kepada Nabi Musa As, Injil kepada Nabi Isa As,
dan kitab Al-qur’an yang dibawah oleh Nabi Muhammad SAW. Adapun berupa media
lain yang digunakan yaitu berupa tongkat yang digunakan oleh Nabi Musa As.
|
1.
Media Pembelajaran
PAI adalah alat yang digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran yang
terkait dengan agama Islam dalam lembaga pendidikan.
2.
Dasar yang perlu
dipertimbangkan dalam merancang media pembelajaran yaitu dengan menentukan
transmisi pesan, menentukan karakteristik pelajaran, menganalisis
karakteristik masing-masing media serta bagaimana ketertarikan siswa terhadap
media yang dirancang sehingga proses pembelajaran dapat tercapai dengan
efektif dan efisien.
3.
Dasar penggolongan
media pembelajaran: a. Pesan merupakan pelajaran/informasi yang diteruskan
oleh komponen lain dalam bentuk ide, fakta, arti, data, dan lain-lain. b.
Orang merupakan manusia sebagai penyimpan, pengolah, dan penyaji pesan. c.
Bahan yaitu sesuatu yang mengandung pesan untuk disajikan melalui penggunaan
alat ataupun oleh dirinya sendiri. Sebagai contoh bahan cetak akan menyajikan
pesan berupa gambar/foto, buku, modul, grafis, dll. d. Alat yaitu sesuatu
yang digunakan untuk menyampaikan pesan yang tersimpan di dalam bahan. e.
Teknik merupakan prosedur rutin atau acuan yang disiapkan untuk menggunakan
bahan, peralatan, orang, dan lingkungan untuk menyampaikan pesan. f.
Lingkungan merupakan situasi sekitar atau tempat di mana pesan diterima.
4.
Hasil diskusi judul
“Trend dalam Teknologi dan Media untuk Pembelajaran PAI” Dengan trend
teknologi yang sudah lumrah kita jumpai saat ini yang dapat mempermudah
kalangan pelajar dalam proses pembelajaran, seperti penggunaan jejaring
sosial menggunakan (komputer, handphone) yang semakin canggih yang memudahkan
peserta didik untuk mengerjakan tugas. Dengan teknologi ini pula memudahkan
peserta didik dalam media pembelajaran PAI karena seperti aplikasi al-Qur’an
mudah didapatkan dalam telepon genggam. Namun, pemanfaatan teknologi ini
tidak lepas dari pengawasan tenaga pendidik seperti lebih memperketat saat
pembelajaran berlangsung atau dengan cara membatasi (memblokir) situs
terlarang sehingga peserta didik tidak bebas membuka situs.
5.
Media yang digunakan
oleh nabi (Muhammad Saw.) dalam mengembangkan pendidikan yaitu: a. Al-Qur’an
dan as-Sunnah b. Di rumah c. Di masjid d. Di jalan dan lainnya
|
1.
Media Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam adalah media atau alat yang digunakan untuk mempermudah
proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam
2.
Dasar yang menjadi
pertimbangan dalam merancang media pembelajaran : a. Relevansi media dengan
materi pelajaran b. Biaya yang digunakan c. Mudah digunakan (praktis) d.
Fleksible sehingga dapat dibawa kemana-mana e. Bahan/material mudah
didapatkan
3.
Dasar penggolongan
media pembelajaran a. Berdasarkan fungsi Media b. Berdasarkan
pengalaman/hasil pengamatan c. Berdasarkan bentuk
4.
Hasil diskusi
tentang Strategi Pembelajaran PAI dalam upaya mengintegrasikan teknologi dan
media : Seiring perkembangan teknologi, kita sebagai pendidik harus mampu dan
dituntut untuk dapat mengintegrasikan teknologi dan media. kemudian kita pun
harus mampu mengontrol peserta didik agar hendaknya dapat menggunakan media
pembelajaran sebagaimana mestinya. Kemudian yang terakhir adalah bahwa media
pembelajaran (teknologi) sangat membantu mempermudah proses pembelajaran.
5.
Media yang digunakan
nabi dalam mengembangkan pendidikan : a. Nabi Nuh dengan perahunya b. Nabi
Musa dengan tongkatnya c. Nabi Musa dengan Kitab Taurat d. Nabi Daud dengan
Kitab Zabur e. Nabi Isa dengan Kitab Injil f. Nabi Muhammad saw dengan Kitab
Suci Alquran
|
1.
Media pembelajaran
PAI adalah sebagai peranta, alat bantu mengajar, sarana pembawa atau penyalur
pesan, sumber belajar, dan alat peperansang siswa agar pembelajaran media
menjadi lebih konkrik dan siswa efektif dalam proses pembelajaran
2.
Dasar yang menjadi
pertimbangan dalam merancang media pembelajaran yaitu; Media pembelajaran
harus sesuai dengan tujuan yang ingin di capai, Media pembelajaran harus
berdasarkan dengan objektivitas, Media pembelajaran harus di ssuaikan dengan
karakteristik siswa, Media pembelajaran harus sesuai dengan gaya belajar
siswa dan kemampuan guru , dan harus sesuai dengan kondisi lingkungan.
3.
Dasar penggolongan
media pembelajaran yaitu; Media cetakan Media pajang Rekaman video Media
berbasis manusia Penyajian multi image Bahan dan teknik.
4.
Hasil diskusi
tentang strategi pembelajaran PAI dalam upaya mengintegrasikan teknologi
media yaitu mengandung pengertian rangkaian perilaku pendidik, yang tersusun
secara terencana dan sistimatis untuk menginformasikan dan
mengidentifikasikan nilai-nilai islam dan media pembelajaran PAI berdasarkan
teknologi secara umum. Jenis media pembelajaran di kelompokkan menjadi
beberapa yaitu, media visual, media cetak, media berbasis komputer, dan
audio.
Media yang di gunakan oleh Nabi muhammad saw dalam
mengembankang pendidikan yaitu angota badan rasulullah sendiri misalnya
tangan, lisan,dan jari. Contohnya
|
Selanjutnya
adalah mengukur pemahaman mahasiswa tentang penggolongan media pembelajaran
berdasarkan bentuknya. Bentus soalnya adalah pilihan centang untuk jawaban yang
dianggap paling sesuai. Dari jumlah mahasiswa yang merespon, berikut ini adalah
data yang didapatkan
Media Pembelajaran Berdasarkan
Bentuknya
|
Jumlah
|
Persentase
|
Pesan
atau informasi yang ditransmisikan
|
10
|
71,4 %
|
Orang
yang melakukan transimisi
|
11
|
78,6 %
|
Bahan
atau informasi yang disampaikan
|
10
|
71,4 %
|
Alat
yang menyimpan informasi
|
8
|
57,1 %
|
Teknik
atau bagaimana informasi itu ditransmisikan
|
8
|
57,1 %
|
Lingkungan
atau latar transmisi
|
4
|
28,6 %
|
Perpaduan
antara informan dan komunikan
|
5
|
35,7 %
|
Soal
Media Pembelajaran PAI Berfungsi sebagai?:
|
Jumlah Respon
|
|
A
|
Alat yang menyimpan
informasi
|
0
|
B
|
Petunjuk Teknik atau bagaimana
informasi itu ditransmisikan
|
1
|
C
|
alat untuk
mempermudah proses pembelajaran
|
12
|
D
|
Alat Komunikasi Pembelajaran
|
1
|
Analisis Respon Mahasiswa terhadap MID Seserter ini |
Comments
Post a Comment
شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم