Tuesday, 18 April 2017

Mengikuti Trend tanpa meninggalkan tradisi pembelajaran


Majunya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi juga harus seiring dengan kemajuan cara belajar pada lembaga pendidikan. Pelajar sudah seharusnya mengenal sisi pemanfaatan media pembelajaran berbasis internet  yang sangat luas dan beragam. Media internet hari ini tidak lagi terbatas pada pencarian informasi atau sebatas sumber referensi dalam pembelajaran tapi sudah bisa digunakan untuk media pembelajaran kelas seperti presentasi, tes, tutorial, telecomference, praktek, evaluasi, penggunaan media berbasis audio, visual atau audio-visual, pengembangan dan lain-lain.

Untuk mata kuliah Media Pembelajaran PAI dan Teknologi Pendidikan di Kampus kami STAI Al Amanah Jeneponto, materi pembelajaran saya sampaikan dengan sentuhan teknologi dan media. Mulai dari pembelajaran hingga evaluasi selalu menggunakan sentuhan media terapan dan teknologi. Bahkan Mid Semester untuk Mahasiswa dilakukan dengan media internet karena berbagai pertimbangan antara lain:

1.      Memperkenalkan pemanfaatan media internet untuk kepentingan pembelajaran

2.      Efisiensi waktu

3.      Menganalisis kemampuan mahasiswa tentang metode pembelajaran, media pembelajaran dan penggunaan teknologi dalam menunjang kemampuan belajar.

4.      Evaluasi atau mengukur kemampuan dan pemahaman mahasiswa selama perkuliahan sehingga hal-hal yang dianggap kurang bisa ditingkatkan dan hal-hal yang baik bisa dipertahankan pada pembelajaran.

Sebagai Dosen, saya bermaksud melakukan langkah-langkah yang tren dan baru namun tetap mengikuti ketentuan perkuliahan tanpa menggeser tradisi perkuliahan yang selama ini digunakan pada perguruan tinggi. Metode perkuliahan yang selama ini digunakan seperti ceramah, diskusi, persentase, tugas-tugas dan sebagainya tetap saya pakai dengan mengikuti trend dan keharidan media-media baru yang bisa dimanfaatkan dalam media pendidikan.

Padatnya materi perkuliahan menjadi salah satu alasan pentingnya media internet dalam pembelajaran. Memang selama ini, 1 materi perkuliahan belum tuntas pada 1 kali pertemuan sehingga dibutuhkan internet sebagai media berbagai referensi sekaligus media diskusi untuk kepentingan pembelajaran diluar jam perkuliahan. Semoga cara ini bisa meningkatkan kualitas belajar, meningkatkan kapasitas dan kuantitas mahasiswa STAI Al Amanah Jeneponto. (AHM)

No comments:

Post a Comment

شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم