Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al
Amanah Jeneponto memberi saya salah
satu tugas membawakan mata kuliah Media Pembelajaran PAI. Mata kuliah ini
adalah materi kuliah baru yang saya antarkan selama jadi dosen sejak tahun
2014. Mata kuliah yang diantarkan diarahkan dengan beberapa mekanisme
berdasarkan materi pembelajaran, pelaksanaan perkuliahan hingga penilaian
akhir.
Materi pembelajaran yang disampaikan antara lain; 1)
Learning Need Assesment dan Kontrak Belajar, 2) Pengantar Media Pembelajaran
PAI, 3) Posisi, Peran, Tujuan dan Fungsi Media Pembelajaran PAI, 4)
Mengikhtiari Media untuk Pembelajaran PAI, 5) Penggolongan Media dan
Pemanfaatannya, 6) Teknologi dan Media (Upaya Fasilitasi Pembelajaran PAI), 7)
Strategi Pembelajaran PAI, upaya mengintegrasikan Teknologi dan Media, 8) Mid
Semester, 9) Prinsip-prinsip Visual: Mendesain Material yang efektif, 10)
Visual (Menguatkan Pembelajaran dengan Media Visual), 11) Audio (Mendengar dan
Belajar), 12) Video (Menguatkan Pembelajaran dengan Gambar Bergerak), 13)
Komuputer dan Multimedia (Mengakses dunia digital), 14) Trend dalam Teknologi
dan Media Untuk Pembelajaran PAI, 15) Pemanfaatan Media Internet dalam
pembelajaran PAI, dan 16 Final Tes.
Melaksanakan Perkuliahan dilakukan dengan berbagai metode antara
lain; Memaparkan materi perkuliahan dengan berbagai metode antara lain dialog,
diskusi, ceramah, simulasi, praktek pengenalan media, pemberian tugas, dll. Untuk
memantapkan perkuliahan, selalu dilakukan evaluasi ringan agar memperbaiki
hal-hal yang belum dipahami oleh mahasiswa.
Tugas-tugas sebagai penunjang perkuliahan selain berfungsi sebagai
alat ukur atau evaluasi pembelajaran juga berfungsi melengkapi keterbatasan
maupun kekurangan waktu di kelas. Bentuk tugas antara lain makalah kelompok,
study kasus, problem solving, uji pemahaman dll.
Menilai hasil pembelajaran. Bagiku, keberhasilan pembelajaran
yang paling penting adalah kemampuan dosen mengarahkan perkuliahan. Dengan demikian
keberhasilan mahasiswa mengikuti proses belajar sangat tergantung dari
pengarahnya. Hal pertama yang menjadi penilaian penulis selaku dosen adalah
kedisiplinan dan ketekunan. Poin ini menjadi modal utama karena mahasiswa yang
setia dan semangat berproses punya keinginan tinggi untuk sukses. Indikatornya adalah
kehadiran di kelas dan ketepatan waktu mengerjakan tugas. Poin kedua adalah kemampun
menanggapi, merespon, menerima, memahami dan menjawab soal-soal yang diberikan.
Penilaian dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung seperti saat dialog,
diskusi, pemberian tugas, mid tes dan final tes. Poin ketiga adalah
tentang akhlak mahasiswa. Poin ini bukanlah suatu hal yang penting untuk
diniliai untuk pembelajaran Media Pembelajaran PI di STAI Al Amanah Jeneponto
(untuk mata kuliah yang penulis antarkan) karena yang paling penting dari
semuanya adalah perubahan dari keadaan kurang tau menjadi lebih tau, dari
kurang paham menjadi lebih paham dan mampu memanfaatkan media pembelajaran di
kelas. Penilaian untuk mata kuliah ini di input pada program aplikasi Ms. Exel
sehingga penilaiannya lebih mudah dan lebih objektif. (AHM)
Comments
Post a Comment
شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم