Skip to main content

Catatan Perkuliahan, Menutup Pertemuan Semester Ganjil


Diberi amanah mengampuh mata kuliah Perencanaan Pembelajaran PGMI dan Teknologi Pendidikan pada Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Al Amanah hari ini, Kamis 9 Januari 2020 telah diselesaikan. Jumlah tatap muka adalah 13 kali dan selebihnya beberapa materi disampaikan melalui kegiatan pembelajaran jarak jauh (tanpa tatap muka) dengan menggunakan berbagai model tugas dan media pembelajaran berbasis internet.
Materi terkait perencanaan pembelajran PGMI antara lain:
1.    Tujuan dan Fungsi Perencanaan Pembelajaran
2.    Prinsip Pengembangan Silabus
3.    Analisis kurikulum
4.    Pengembangan bahan ajar
5.    Pendekatan dan metode pembelajaran
6.    Menyusun langkah-langkah pembelajaran
7.    Penentuan media dan sumber belajar
8.    Penyusunan alat penilaian pembelajaran
9.    Evaluasi perencanaan pembelajaran
Untuk menguji keberhasilan perkuliahan perencanaan pembelajaran PGMI maka dibuat soal sejumlah 9 pertanyaan atau sama dengan jumlah materi yang telah dibahas. Tentu saja yang akan ditanyakan adalah ketercapaian indikator yang sesuai dengan standar kompetensinya. Selanjutnya untuk mata kuliah teknologi pendidikan telah dilakukan pertemuan sebanyak 13 kali tatap muka dengan jumlah materi yang telah dibahas antara lain:
1.      Pengantar teknologi pendidikan
2.      Teknologi pendidikan sebagai fasilitas belajar
3.      Teknologi pendidikan dalam meningkatkan kinerja pembelajaran PGMI
4.      Pengelolaan proses dan sumber belajar pada pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
5.      Pemanfaatan blogger sebagai media pembelajaran
6.      Aplikasi Riset/Penelitian online menggunakan formulir internet
7.      Media presentasi.
8.      Belajar jakar jauh.
Semoga melalui kegiatan perkuliahan ini mahasiswa mampu menjawab semua soal dengan jawaban yang memuaskan.


Comments


  1. AJOQQ agen jud! poker online terpecaya dan teraman di indonesia :)
    gampang menangnya dan banyak bonusnya :)
    ayo segera bergabung bersama kami hanya di AJOQQ :)

    ReplyDelete

Post a Comment

شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم

Popular posts from this blog

Strategi Kepemimpinan Ali Bin Abu Thalib

BAB I PENDAHULUAN A.       Latarbelakang Masalah Nabi Muhammad saw. Tidak meninggalkan wasiat tentang siapa yang akan menggantikan beliau sebagai pemimpin politik umat Islam setelah beliau wafat. Beliau tampaknya menyerahkan persoalan tersebut kepada kaum Muslimin untuk menentukannya sendiri. Kaena itu, tidak lama setelah beliau wafat; belum lagi jenazahnya dimakamkan, sejumlah tokohMuhajirin dan Ashor Berkumpul dibalai kota   Bani Sa’dah, Madinah.  

Kedudukan Ar-ra'yu sebagai Landasan Hukum Islam

Referensi Pada dasarnya umat Islam yang beriman Kepada Allah swt. Meyakini bahwa Sumber utama Ajaran Islam yaitu Alquran dan Hadis sudah sempurna. Firman Allah dalam Alquran sudah sempurna membahas aturan-aturan, hukum, ilmu pengetahuan (filsafat), kisah, ushul fiqh dan lain-lain. Begitu juga Hadis Rasulullah yang salah satu sifatnya menjadi penjelasan ayat-ayat dalam Alquran. Posisi Hadis adalah penjelas dan sumber kedua setelah Alquran.

Dasar-dasar Pendidikan Islam

DASAR-DASAR PENDIDIKAN ISLAM (Tinjauan al-Qur'an dan Hadis) Oleh : Kelompok 2 A.    Pendahuluan Islam mempunyai berbagai macam aspek, di antaranya adalah pendidikan (Islam). Pendidikan Islam bermula sejak nabi Muhammad Saw, menyampaikan ajaran Islam kepada umatnya. [1]   Pendidikan adalah proses atau upaya-upaya menuju pencerdasan generasi, sehingga menjadi manusia dalam fitrahnya. Itu artinya bahwa pendidikan merupakan conditio sine quanon yang harus dilakukan pada setiap masa. Berhenti dari gerakan pendidikan berarti   lonceng kematian (baca; kemunduran atau keterbelakangan) telah berbunyi dalam masyarakat atau negara.