Skip to main content

DESA KELAHIRANKU







Jeruk Sangkis
Kopi
Pohon Cengkeh di Depan Rumah
Indonesiaku jaya, Sul-selku Sejahtera, Bulukumbaku tercinta, Kampungku sumber energy dan spiritualku. Aku ingin berbagi tentang kampungku di Desa Anrang kecamatan Rilau Ale kabupaten bulukumba.
Pohon Merica
Dikampung ini tumbuh berbagai jenis tanaman dari berbagai varietas yang tidak demikian di daerah lain. Pada satu lahan kebun, misalnya kebun yang di dominasi oleh pohon cengkeh, maka di dalam kebun tersebut masih bisa lagi ditanam berbagai jenis tumbuhan lain seperti kopi, nenas, rambutan, lansat, merica dan tumbuhan lainnya. Memang kampung ini di dukung oleh tanah yang subur dan suhu udara yang sesuai sehingga cocok untuk berbagai jenis tanaman. Kondisi alam yang subur ini juga sering kali tumbuh tanaman berupa obat dan makanan yang tidak sengaja ditanam tetapi tumbuh sendiri yang mungkin bibitnya adalah bibit yang dibawa dari tempat lain oleh burung yang sedang bermigrasi atau menyesuaikan diri dengan suhu lingkungannya.
Buah Merica
Kalau seperti biasanya, bulan januari hingga bulan februari musim durian dan rambutan, bulan maret hingga bulan april adalah musim lansat. Musim untuk kakao (cokelat) berkisar dari bulan april hingga bulan juni, Bulan juni hingga agustus adalah musim cengkeh dan bulan agustus hingga bulan oktober adalah musim merica atau lada hitam. Tumbuhan lain, ada yang berbuah musiman saja, berbubah musiman dan juga diluar musim, ada juga tumbuhan yang tumbuh tergantung dari musim tanaman. Tumbuhan semusim dan hanya sekali berbuah dalam setahun itu adalah cengkeh, rambutan, durian dll. Ada juga tumbuhan yang musiman dan juga ada masa panen di luar musim yang jumlahnya lebih sedikit buahnya dibanding buah musimnya seperti merica atau lada hitam, kaokao atau cokelat, ada juga tanaman yang ditanam sesuai dengan sesuai dengan kekompakan petani, kalau cara ini biasanya dilakukan karena mengantisipasi terjadinya serangan hama yang terpusat jika hanya seorang saja yang menanam. Tanaman yang ditaman sesuai kekompakan ini seperti jangung, kacang tanah, padi, jenis sayuran dll.
Daun Paria dan Kacang Panjang
Untuk pengairan tidak membatasi seorang petani untuk menanam karena di kampung ini terdapat irigasi dan dekat dari sungai meskit tempatnya cukup berbukit. Kalau waktunya musim hujan tiba, irigasi biasanya dikembalikan ke sungai induk.






Comments

Popular posts from this blog

Strategi Kepemimpinan Ali Bin Abu Thalib

BAB I PENDAHULUAN A.       Latarbelakang Masalah Nabi Muhammad saw. Tidak meninggalkan wasiat tentang siapa yang akan menggantikan beliau sebagai pemimpin politik umat Islam setelah beliau wafat. Beliau tampaknya menyerahkan persoalan tersebut kepada kaum Muslimin untuk menentukannya sendiri. Kaena itu, tidak lama setelah beliau wafat; belum lagi jenazahnya dimakamkan, sejumlah tokohMuhajirin dan Ashor Berkumpul dibalai kota   Bani Sa’dah, Madinah.  

Kedudukan Ar-ra'yu sebagai Landasan Hukum Islam

Referensi Pada dasarnya umat Islam yang beriman Kepada Allah swt. Meyakini bahwa Sumber utama Ajaran Islam yaitu Alquran dan Hadis sudah sempurna. Firman Allah dalam Alquran sudah sempurna membahas aturan-aturan, hukum, ilmu pengetahuan (filsafat), kisah, ushul fiqh dan lain-lain. Begitu juga Hadis Rasulullah yang salah satu sifatnya menjadi penjelasan ayat-ayat dalam Alquran. Posisi Hadis adalah penjelas dan sumber kedua setelah Alquran.

Dasar-dasar Pendidikan Islam

DASAR-DASAR PENDIDIKAN ISLAM (Tinjauan al-Qur'an dan Hadis) Oleh : Kelompok 2 A.    Pendahuluan Islam mempunyai berbagai macam aspek, di antaranya adalah pendidikan (Islam). Pendidikan Islam bermula sejak nabi Muhammad Saw, menyampaikan ajaran Islam kepada umatnya. [1]   Pendidikan adalah proses atau upaya-upaya menuju pencerdasan generasi, sehingga menjadi manusia dalam fitrahnya. Itu artinya bahwa pendidikan merupakan conditio sine quanon yang harus dilakukan pada setiap masa. Berhenti dari gerakan pendidikan berarti   lonceng kematian (baca; kemunduran atau keterbelakangan) telah berbunyi dalam masyarakat atau negara.