Skip to main content

Ekpresi TIM DUMLAP TAGANA Sul-Sel di Kab. Barru


Dapur Umum TAGANA Sul-sel yang kembali beroperasi di kab. Barru pada tanggal 20 hingga 22 Februari 2012 berjalan sesuai dengan harapan. Hanya beberapa kendala teknis dilapangan yang membuat tim dari Dapur Umum agak kewalahan yaitu bahan masakan yang sepenuhnya di ambil alih oleh pihak panitia pelaksana hingga seringkali jam operasi harus telat,
masalah lain juga yaitu ketersediaan kebutuhan bahan taktis juga terkendala. Meski demikian tim Dapur yang terdiri dari TAGANA UIN dan TAGANA Sul-Sel tetap melancarkan aksinya yang telah mahir memanfaatkan keadaan walau terdapat beberapa kendala di lapangan.
Soal ke-Uletan TIM, beberapa di antaranya sudah teruji hanya ada beberapa point yang penting untuk dibenahi terkait dengan kerja tim yaitu menempatkan waktu istrahat untuk bekerja sehingga semuanya dapat berjalan lancar dan secara aplikasi untuk tetap One Command biar urusan tetap terarah.
Terkait dengan kebersihan dan pembersihan juga sudah sangat baik karena tidak ditemukan sampah ataupun alat makan semuanya tersusun rapi dan selalu bersih. Tempat sampah yang disimpan jauh sudah memberikan kesan baik. Tempat cuci alat dan bahan makanan juga telah berada pada posisi yang tepat. Hanya beberapa etika yang semestinya dihindari agar makanan tetap sterill dan tidak mengganggu orang untuk menikmati masakan yang telah diolah, diantaranya adalah bersin dan batuk dekat makanan, cara berpakaian untuk seorang koki dan sebagainya. 
Tenda Dapur Umum Lapangan yang didalamnya terdapat perangkat Syistem Komunikasi yang menghubungkan Seluruh Jajaran TAGANA, khususnya di Sul-Sel
Bagian komunikasi juga memperlihatkan perangkat sistem yang menghubungkan komunikasi ekstra person kepada seluruh jajaran TAGANA. hari pertama, sistem dipasang di Dekat tenda dapur umum lapangan dan malam berikutnya dipasang dirumah tempat ngingap yang tidak jauh dari lapangan tempat kegiatan pameran perayaan HUT Kab. Barru berlangsung.
Cerita lain dari TIM DUMLAP di Barru adalah menyalurkan bakat dan hobby masing-masing, ada yang Hobby mancing dan nonton pada waktu-waktu tertentu karena mancing di depan rumah harus pas dengan moment, yaitu ketika tidak ada yang mengganggu. Tentunya yang lakukan ini adalah yang hobby mancing dan paling sering nonton lewat HP dengan film lucu durasi singkat dengan aktor terbatas. Mancing dapat dilakukan di jendela rumah tempat nginap karena tempat kami dikelilingi kolam besar sehingga bagian depan dan belakan rumah dapat kita mancing. Mancing di laut juga seru tapi saya tidak bisa membahasakannya secara komparatif tapi setidaknya bisa digeneralisasi melalui dokumentasi dan laporan dari tim yang kesana. Pernah suatu waktu hanya mendapat beberapa ekor ikan saja sementara waktu mancing lumayan lama dan sebaliknya juga pernah dalam waktu yang singkat mendapat hasil yang lumayan banyak. Itulah yang asyik, terlebih bagi mereka yang hobby.
Cerita yang mengesankan juga adalah Hipnoteraphy, Hipnosis, Trik dan Magic oleh Pak Muhlis (Tagana 02 -Sulawesi Selatan). Dalam aksinya beliau mengubah alam bawa sadar Masyita dan Keda’ ke arah yang lebih positif. Keda’ menjadi rajin melebihi teman-teman yang lain hingga membersihkan sesuatu yang dianggapnya paling jorok bahkan bisa membersihkan seluruh isi rumah dan halamannya jika diperintahkan, keda’ adalah manusia paling bahagia pada waktu itu. Cerita dari Mba Sita juga unik karena yang dia tau kalau namanya adalah Syamsuddin – atau sesekali sangat lupa dengan sesuatu yang telah dihafal luar kepala.
Hal-hal positif juga didapatkan oleh teman-teman yang melakukan terapi atas dirinya, teraphy ini juga dipandu oleh pak Muhlis yaitu mengarahkan teman-teman menjadi lebih baik dalam bersikap, sifat, paradigma dan mentalnya. Teraphy ini dirasakan sangat positif oleh St. Kamariah dan Dian Dwianasary menurut keterangannya setelah diteraphy. Bagi anda yang tertarik atau butuh hipnoteraphy misalnya anda ingin menikmati tidur yang pulas serasa semalam full hanya dalam waktu 5 menit ataupun sugesti positif lainnya maka hipnoteraphylah salah satu jalannya.
Actor lain yang akan saya ceritakan adalah OM yang Khawatir ketika ketahuan nelpon wanita lain meski sebenarnya yang ditelponnya adalah seorang teman lelakinya. Ceritanya juga unik karena diperankan oleh OM dan ponakannya. Dalam kisahnya, OM lagi nelpon pada seseorang sementara orang lain melaporkan ini pada Ratna sang ponakan. Karena OM takut ketahuan nelpon cewek maka langsung saja OM bilang, bukanji perempuan yang saya telpon, Asrulji ini kodong.
Ada juga cerita menarik dari Tokoh bahan bangunan yaitu orang yang sibuk melayani telphon menerima pesanan atau order dari pelanggan setiannya. Jam operasinya lumayan sibuk, yaitu 24 jam.
Tentang Etika bergaul. Yang kena sasaran disini adalah actor cilik yaitu Adam, orangnya gaul, rajin, kuat dan banyak membantu. Cuma satu masalah yang kebanyakan mengeluhkannya yaitu cara bergaulnya yang memandang sebaya orang-orang yang lebih dewasa. Karena sikapnya sehingga Kak Kimink mengatakan “satuji yang kurang dari Adam, yaitu kurang etika bergaulnya”
Cinta juga banyak mewarnai perjalanan tim kami, harapannya adalah semoga menjadi spirit tersendiri dalam perjalanan tugas kami. partisipasi dari tim lainnya adalah ikut bermain permainan tradisional dan juga mengunjungi pamera daerah kab. Barru
Tidak banyak yang bisa ku gambarkan karena inilah yang saya anggap pantas dan mohon maaf kalau ada hal-hal yang menyinggung dari tulisan saya ini.






Pantang Tugas Tidak Tuntas
Kabupaten Barru, 18-20 Februari 2012
DAPUR UMUM LAPANGAN --- TARUNA SIAGA BENCANA
Sulawesi Selatan – UIN Alauddin Makassar

Comments

  1. Kenangan ini terlalu asyik untuk saya abadikan! berharap semoga kebersamaan diTAGANA didak akan pernah luntur misskomunikasi dll.

    ReplyDelete

Post a Comment

شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم

Popular posts from this blog

Strategi Kepemimpinan Ali Bin Abu Thalib

BAB I PENDAHULUAN A.       Latarbelakang Masalah Nabi Muhammad saw. Tidak meninggalkan wasiat tentang siapa yang akan menggantikan beliau sebagai pemimpin politik umat Islam setelah beliau wafat. Beliau tampaknya menyerahkan persoalan tersebut kepada kaum Muslimin untuk menentukannya sendiri. Kaena itu, tidak lama setelah beliau wafat; belum lagi jenazahnya dimakamkan, sejumlah tokohMuhajirin dan Ashor Berkumpul dibalai kota   Bani Sa’dah, Madinah.  

Kedudukan Ar-ra'yu sebagai Landasan Hukum Islam

Referensi Pada dasarnya umat Islam yang beriman Kepada Allah swt. Meyakini bahwa Sumber utama Ajaran Islam yaitu Alquran dan Hadis sudah sempurna. Firman Allah dalam Alquran sudah sempurna membahas aturan-aturan, hukum, ilmu pengetahuan (filsafat), kisah, ushul fiqh dan lain-lain. Begitu juga Hadis Rasulullah yang salah satu sifatnya menjadi penjelasan ayat-ayat dalam Alquran. Posisi Hadis adalah penjelas dan sumber kedua setelah Alquran.

Dasar-dasar Pendidikan Islam

DASAR-DASAR PENDIDIKAN ISLAM (Tinjauan al-Qur'an dan Hadis) Oleh : Kelompok 2 A.    Pendahuluan Islam mempunyai berbagai macam aspek, di antaranya adalah pendidikan (Islam). Pendidikan Islam bermula sejak nabi Muhammad Saw, menyampaikan ajaran Islam kepada umatnya. [1]   Pendidikan adalah proses atau upaya-upaya menuju pencerdasan generasi, sehingga menjadi manusia dalam fitrahnya. Itu artinya bahwa pendidikan merupakan conditio sine quanon yang harus dilakukan pada setiap masa. Berhenti dari gerakan pendidikan berarti   lonceng kematian (baca; kemunduran atau keterbelakangan) telah berbunyi dalam masyarakat atau negara.