Skip to main content

Entah Pesan atau Justru Isyarat


Cerita ini adalah soal mimpi tentang nenek (ibu dari ibunda saya) yang memiliki teman dan seorang cucu yang memiliki kesaktian luar biasa.
Gambaran kesaktian teman nenekku dan cucunya tersebut adalah soal kesaktian menyembuhkan penyakit, menghindari marabahaya, kehebatan mengatur strategi. Dalam mimpiku digambarkan bahwa kekuatan paling dahsyat yang dimiliki oleh teman dan cucu nenekku tersebut adalah soal pengetahuan umumnya yang luarbiasa karena tuntas pada pengetahuan lintas sektoral.
Saya tidak tau pasti petunjuk apa yang akan digambarkan melalui mimpiku tersebut, Cuma beberapa hal terkait yang bisa disambungkan dengan mimpi tersebut, yang pertama adalah dua orang tidak dikenal parasnya tapi hubungan dengan almarhum nenekku jelas yaitu antara hubungan pertemanan (sebaya) dan hubungan nenek-cucu yang masih usia kanak-kanak. Yang kedua adalah bertemu dengan nenekku dengan suasana tanpa kata melainkan hanya mengisyaratkan kemampuan teman dan cucunya tentang kesaktiannya, yang ketiga adalah soal permintaan cucunya yang masih usia kanak-kanak  namun sakti dan cerdas lari dari rumah karena ingin belanja permen kesukaannya tapi dicegat oleh nenekku yang tak mampu menggapainya, hanya saya yang berusaha menghampirinya untuk menahannya yang terus berlari menuju warung kecil dekat rumah. Saya tidak tau pasti apa dia adalah sepupuku atau saudaraku yang disifati atau justru aku?
Tetang arti mimpi saya tidak begitu paham, petunjuk melaui isyarat ini memang bisa saya mengerti setelah sesuatu terjadi, gambaran memang ada tapi tentahlah!! Ini hanya isyarat untuk tenang dan tetap berhati-hati dalam melangkah dan mengambil keputusan. Saya masih ingat bahasa kawanku bahwa ketemu dengan orang yang telah meninggal berarti akan ada rencana yang gagal, memang beberapa kali terjadi bahwa kegagalan dari rencanaku terjadi dan itu adalah gambaran yang pas (dalam bentuk isyarat) dalam mimpi. Juga pernah diceritakan oleh kerabat bahwa memimpikan ketemu kerabat yang telah meninggal berarti kerabat tersebut butuh dijenguk melalui do’a. itulah gambaran dari sekian banyak gambaran terkait dengan mimpi.
Pribadi mengatakan bahwa mimpi adalah bunga tidur yang tidak sekedar bunga tidur namun punya makna dan membawa pesan-pesan sebagai petunjuk dalam mengambil tindakan dan keputusan. Semoga tidak berarti ini buruk, melainkan bisa menjadi semangat untuk menuntut ilmu dan kebaikan.
Untuk Nenek, Alm. Nape binti petta Nakku, Kakek Alm. Abd. Karim bin Ali Petta Lipu bin Baso Petta Liweng bin Andi Mappisabbi,Alm. Ayahanda Alm Palallo Bin Rahing, Alm. Ilyas Bin Palallo dan Kerabat yang telah mendahului kami, semoga Allah swt. Menerima segala amal kebaikanmu dan mengampuni dosa-dosamu,
Ya Allah, Ampunilah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempat-kanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka.”

Amin yaa rabbal ‘alamin

Comments

Popular posts from this blog

Strategi Kepemimpinan Ali Bin Abu Thalib

BAB I PENDAHULUAN A.       Latarbelakang Masalah Nabi Muhammad saw. Tidak meninggalkan wasiat tentang siapa yang akan menggantikan beliau sebagai pemimpin politik umat Islam setelah beliau wafat. Beliau tampaknya menyerahkan persoalan tersebut kepada kaum Muslimin untuk menentukannya sendiri. Kaena itu, tidak lama setelah beliau wafat; belum lagi jenazahnya dimakamkan, sejumlah tokohMuhajirin dan Ashor Berkumpul dibalai kota   Bani Sa’dah, Madinah.  

Kedudukan Ar-ra'yu sebagai Landasan Hukum Islam

Referensi Pada dasarnya umat Islam yang beriman Kepada Allah swt. Meyakini bahwa Sumber utama Ajaran Islam yaitu Alquran dan Hadis sudah sempurna. Firman Allah dalam Alquran sudah sempurna membahas aturan-aturan, hukum, ilmu pengetahuan (filsafat), kisah, ushul fiqh dan lain-lain. Begitu juga Hadis Rasulullah yang salah satu sifatnya menjadi penjelasan ayat-ayat dalam Alquran. Posisi Hadis adalah penjelas dan sumber kedua setelah Alquran.

Dasar-dasar Pendidikan Islam

DASAR-DASAR PENDIDIKAN ISLAM (Tinjauan al-Qur'an dan Hadis) Oleh : Kelompok 2 A.    Pendahuluan Islam mempunyai berbagai macam aspek, di antaranya adalah pendidikan (Islam). Pendidikan Islam bermula sejak nabi Muhammad Saw, menyampaikan ajaran Islam kepada umatnya. [1]   Pendidikan adalah proses atau upaya-upaya menuju pencerdasan generasi, sehingga menjadi manusia dalam fitrahnya. Itu artinya bahwa pendidikan merupakan conditio sine quanon yang harus dilakukan pada setiap masa. Berhenti dari gerakan pendidikan berarti   lonceng kematian (baca; kemunduran atau keterbelakangan) telah berbunyi dalam masyarakat atau negara.