Friday, 4 May 2012

“Manfaatkan Blog maka Anda akan Menjadi seperti yang anda ingikan”


Internet Cerdas
Internet merupakan media komunikasi yang inovatif sehingga untuk orang yang mengakses media ini akan merasa dunia seolah menjadi milik pribadinya.
Tentunya berbagai layanan dapat diperoleh dari media ini, diantaranya adalah mengakses informasi secara bebas, menggunakan layanan surat elektronik pribadi atau “e-Mail”, blog atau situs pribadi maupun kolektif, jejaring sosial dan vitur lainnya dapat diakses. Dewasa ini, internet telah dijadikan sebagai “malaikat penolong” oleh sebagian besar orang untuk berkomunikasi hingga tataran global.
Salah satu vitur internet yang bisa dikelolah secara pribadi adalah blog. Keuntungannya adalah bisa dibentuk sesuai dengan keinginan pribadi dan tentunya juga dapat digunakan sesuai kebutuhan pribadi masing-masing pemilik blog. Jika anda ingin menjadi orang seperti yang anda inginkan maka bantulah diri anda mencapai keinginan tersebut dengan memiliki blog pribadi.
Blog merupkan media yang sangat bermanfaat untuk mereka yang ingin melakukan aktualisasi diri, berbagi pengalaman, menyimpan data, membutuhkan media untuk menyalurkan aspirasi, media melakukan promosi untuk mengais rejeki, sebagai media dasar untuk memperkenalkan tulisan menuju penulis buku yang terkenal dan banyak lagi manfaat dari layanan blog. Manfaat dari vitur ini bisa diperoleh secara bebas oleh siapa saja dengan catatan bersedia menyetujui aturan yang telah dikeluarkan oleh situs penyedia layanan blog. Pemanfaatan blog dapat diuraikan secara singkat berikut ini:
1.      Media Aktualisasi diri
Dalam suatu teori dikatakan bahwa tingkat kebutuhan manusia yang paling atas adalah akutalisasi diri.  Bagi sebagian orang, menjadi kebanggan tersendiri jika dikenal dan dikenang oleh orang lain sebagai tokoh yang super hero, namun mendapatkan pengakuang dari orang sangatlah susah tanpa ada bukti nyata pengabdian diri ataupun karya pribadi yang memberikan suatu kebaikan pada masyarakat. dengan demikian, dibutuhkan media untuk memperkenalkan diri, memperlihatkan karya-karya nyata dan mempublikasikan kesuksesan yang telah dicapai pada masyarakat luas. Prestasi dan informasi pribadi tersebut bisa diposting lewat blog dan tentunya menjadi kepuasan tersendiri bagi pemilik blog, terlebih ketika ada teman yang mengungkap selamat dan sukses atau memberikan penilaian yang baik terhadap karya tersebut.
2.      Tempat penyimpanan data
Blog merupakan media yang sangat membantu seseorang jika ingin menyimpan data, baik berupa dokumen tulisan, photo, video atau berbagai jenis file lain bisa disimpan (juga bisa dipublikaskan) melalui blog. Jika ada berkas yang sangat penting, misalnya Ijasah, SIM, KTP, SK, Sertifikat, Photo, Dokumen Daftar Riwayat Hidup, atau surat berharga lainnya yang dikhawatirkan akan hilang maka alangkah baiknya jika file tersebut tersimpan rapi pada blog menskipun tanpa harus dipublikasikan. Ijasah atau dokumen lainyan, hanya dengan menggunakan scan lalu disimpan dengan format “jpg/jpeg atau format lain yang menyesuaikan dengan bentuk data” lalu data tersebut di simpan rapi pada blog. Menyimpan dokumen atau file melalui blog Lebih aman dari pada harus menyimpan data pada sebuah dardisk atau disimpan dalam bentuk dokumen asli.
3.      Berbagi Pengalaman
Tidak asyik rasanya kalau pengalaman pribadi tidak diceritakan pada orang lain, atau ada kebanggan tersendiri jika kita menceritakan tokoh kebanggaan kita pada orang lain. Berbagi pengalama ini bisa dalam bentuk tips-tips, trik atau menceritakan sesuatu dalam bentuk narasi. Pengalaman meruapan suatu hal yang sangat berharga, olehnya itu pengalaman harus dibagikan pada orang lain sebagai bagian dari ibadah. Apapun bentuk pengalaman tersebut, baik pengalaman manis maupun pengalaman pahit yang pengting bukan pengalaman kebehasilan melakukan tindakan kejahatan. Berbagi tips, trik, kisah atau bentuk pengalam lainnya sangat baik jika diposting pada sebuah blog karena selain menceritakan kesuksesan pribadi, juga dapat meningkatkan jumlah pengunjung poting blog tersebut.
4.      Sebagai media menyalurkan aspirasi
Kalau media massa seperti surat kabar, majalah, radio atau Televisi tidak mau menerima (mempublikasikan) tulisan kita yang dianggap penting untuk diketahui orang karena media layanan media tersebut membutuhkan banyak biaya maka melalui media blog, aspisari seseorang dapat dipublikasikan. Selain pembaca yang yang tidak terbatas, juga dengan biaya yang bisa diperoleh secaya gratis.
5.      Langkah dasar menjadi penulis Buku
Bagi yang bercita-cita menjadi penulis buku, mungkin akan kesulitan jika tulisan dengan tema tertentu dalam jumlah halaman yang banyak untuk disusun menjadi sebuah buku. Menjadi seorang penulis harus dimulai dari penulisan yang lebih ringan dan tulisan tersebut dipublikasikan agar mendapatkan komentar dari pembaca. Cara tersebut digunakan seseorang terbiasa merangkai kalimat dan menyusun sebuah paragraph menjadi suatu topik pembicaraan. Dengan demikian, agar tulisan tersebut bisa dibaca banyak orang maka harus menggunakan media publikasi tulisan dan salah satu media yang paling efektif adalah dengan menggunakan blog yang dapat diakses melalui searching engine. Menggunakan blog sebagai tempat untuk menuliskan inspirasi, aspirasi, berita atau karya lainnya merupakan suatu aktivitas positif dan merupakan media pengembangan diri.
6.      Alat Bantu mengais Rejeki
Bagi pengusaha, baik berupa usaha pengadaan barang atau jasa, maka dibutuhkan media promosi untuk memperkenalkan usaha tersebut kepada khalayak. Jika informasi usaha tersebut telah diketahui oleh satu orang yang menganggap usaha tersebut bermanfaat maka orang tersebut akan menceritakan usaha tersebut pada teman-temannya, dengan demikian dibutuhkan media yang paling efektif untuk memperkenalkan usaha tersebut untuk orang yang lebih banyak. Media promosi yang biayanya bisa diperoleh secara ringan bahkan gratis adalah melalui layanan blog. Seseorang dapat mempromosikan atau mempublikasikan usaha prbadinya lewat blog. Menawarkan jasa layanan pemasangan iklan juga bisa dilakukan lewat blog.
Tujuan pemasangan iklan ini adalah agar suatu usaha lebih dikenal banyak orang, olehnya itu dibutuhkan trik agar blog yang dimiliki seseorang lebih ramai dikunjungi pengguna internet.
Sebenarnya masih banyak manfaat blog, termasuk sebagai media menyalurkan bakat, hobby blog dan banyak lagi namun point diatas dianggap sudah dapat mewakili beberapa point penting dari pemanfaatan blog. Olehnya itu, bagi anda yang belum memiliki blog supaya segera registrasi untuk mendapatkan layanannya dan jika anda telah memiliki blog, sebaiknya pemanfaatannya lebih ditingkatkan lagi.
Terimakasih;
Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua, terutama untuk pribadi penulis. Sekedar catatan bahwa tulisan ini dikutsertakan pada kompetisi penulisan artikel internet cerdas yang dapat diakses melalui www.internetcerdasindonesia.org

No comments:

Post a Comment

شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم