Friday, 4 May 2012

“Semaksimal mungkin kita memanfaatkan layanannya dan mencegah resiko buruk dari hal-hal akan menimpah kita”.


PENGGUNAAN INTERNET CERDAS”

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam yang telah menciptakan langit dan bumi besesrta segala isinya dengan sempurna. Segala puji bagi Allah yang telah mengilhamkan kepada manusia berupa ketaqwaan dan kefasikan untuk memilih dua jalan hidup yaitu keselamatan atau kesesatan. Tentunya hampir semua amalan manusia di dunia ini memiliki nilai sehingga dibutuhkan ketelitian yang maksimal agar tidak terjebak pada kehancuran atau nilai yang buruk. Diketahui bersama bahwa Sholat adalah amalan kebaikan, namun jika sholat ini hanya dilakukan jika ingin dilihat orang lain untuk tujuan menarik simpati maka nilai amalan ini akan keluar dari nilai sholat yang sesungguhnya. Tidak terbatas pada amalan ibadah sholat saja, ibadah lainnya seperti puasa, haji, sedekah bahkan mewariskan ilmu dan lain-lain jika dilakukan dengan niat untuk mendapatkan pujian dari manusia atau keuntungan lainnya maka nilai ibadah tersebut akan buruk dimata Allah dan tentunya juga akan tercermin (keburukan) pada pola hidup dalam keseharian orang tersebut. Contoh yang lain adalah penciptaan hewan seperti babi, anjing, tikus atau hama lainnya dianggap sebagai pengrusak, bahkan syaitan yang terkutuk memiliki nilai yang lebih buruk dari pengrusak namun dibalik nilai buruk ini, terdapat nilai yang baik, tergantung dari cara memanfaatkan benda tersebut yang ditempatkan pada tempatnya.
Dalam kehidupan sehari-hari, manusia modern telah menjadikan media komunikasi berupa perangkat elektronik sebagai alat untuk berbagi informasi. Media yang paling popular untuk urusan informasi atau komunikasi adalah Internet. Layanan internet tentunya memiliki keistimewaan dan dampak negatif bagi penggunanya. Manfaat ataupun dampak yang timbul dari penggunaan internet bisa dialami oleh setiap orang namun kata kunci yang tepat untuk mengantisipasi dampaknya adalah “penggunaan internet cerdas, semaksimal mungkin kita memanfaatkan layanannya dan mencegah resiko buruk dari hal-hal akan menimpah kita”. Berbagai keistiewaan yang dimiliki Internet adalah sebagai berikut:
1.      Banyak layanan berupa;
a.       Mendapatkan data atau Informasi
Informasi dari belahan dunia berupa perkembangan ilmu pengetahuan, data statistk dan ragam lainnya dapat di akses dengan mudah. Informasih yang dapat diakses secara global, meskipun dalam bahasa asing, dapat dengan mudah diterjemahkan sesuai dengan bahasa nasional yang diinginkan. Cukup dengan menggunakan Searching Engine misalnya Google, Yahoo dan lain-lain dengan menggunakan prangkat Laptop, Handphone atau Galaxi Tab maka infomasi dari seluruh penjuru dunia yang telah tersimpan di suatu situs Internet dapat diakses.
b.      Menyampaikan pesan berita
Seorang Professor dari Universitas Muslim Indonesia mengatakan bahwa teori yang lebih baik (untuk penulisan karya ilmiah) adalah yang diperoleh dari Internet karena internet lebih banyak dibaca orang. Buku yang telah dicetak dari penerbit untuk lebih terkenal baiknya jika dipublikasikan lewat internet. Bagi yang memiliki hobby posting informasi, sangat menarik jika disampaikan lewat internet karena biayanya sangat murah bahkan gratis. Informasi yang disampaikan bisa berupa inspirasi dari pengalaman, warna hidup, karya pribadi atau ragam. Tentunya akan ada kepuasan tersendiri yang bisa diperoleh dari seseorang yang menjadikan internet sebagai media menuangkan bakat dan minat menulis
c.       Menemukan Sahabat, Partner atau Relasi
Persahabatan pada masa lalu hanya ada lewat dunia nyata, namun perkembangan teknologi memberikan inovasi dalam berkomunikasi. Melalui internet ini, seseorang akan Menemukan teman berbagi cerita, bahkan berpotensi membuat orang mendapatkan jodoh. Media perkenalan melalui jejaring sosial sangat bervarian, yang paling diminati adalah Facebook, Tweetter, Yahoo Massanger, dll.
d.      Dapat dijadikan alat transfer data
Saat ini sudah banyak media yang bisa digunakan untuk mengirim data sehingga tidak harus membutuhkan biaya pengiriman yang terlalu mahal dibanding cara lama yang harus menggunakan jasa pos. Transfer data melalui e-mail, MMS, Fax mail atau menu download menjadi media yang sangat membantu kelancaran pengiriman file.
e.       Sebagai pengembanga Ekomoni Bisnis
Bagi pelaku ekonomi bisnis, internet merupakan media yang sangat menguntungkan karena layanan iklan atau pemasaran barang maupun jasa bisa digunakan  secara gratis. Telah terbukti banyak perusahaan yang berhasil memasarkan barang maupun jasa lewat internet. Selain media pemasaran, bisnis on-line juga mewarnai ragam internet. Istilah yang popular seperti “mencari uang di Internet” sering digeluti oleh pengguna internet mahir sebagai aktivitas mencari uang.
2.      Mudah
Hanya dengan modal memiliki HP yang bisa akses internet, memiliki perangkat komputer yang memiliki fasilitas Wifi/bisa menggunakan modem atau ke warnet, seseorang sudah dapat mengakses internet. Tentunya dengan biaya yang terbilang cukup ringan dan mengakses sesuatu yang dibutuhkan dengan cara mengikuti petununjuk yang telah ada pada internet tersebut. tentunya juga dibutuhkan kebiasaan mengakses internet untuk memahami langkah-langkan penggunaan internet untuk pengguna internet mahir.
3.      Cepat
Media internet merupakan alat yang tercepat dibanding penggunaan jasa tertentu seperti pengiriman melalui pos, fax mail atau jasa pengiriman lainnya. Dimana internet bisa diakses, maka ditempat itu pula dapat kita segera mengambil data yang kita butuhkan. Untuk mengakses salah satu website, maka segera dalam hitungan detik akan muncul informasi yang didapatkan. Untuk pengiriman file juga sudah dapat diakses setelah ada keterangan berupa posting sukses, missing complete atau pengiriman sukses.
4.      Global
Penggunaan internet telah mengglobal dan dapat digunakan oleh semua orang. Informasi dari suatu negera bisa diakses oleh warga Negara lain dengan sangat mudah, bahasa yang ditawarkan pun dapat diterjemahkan melalui layanan internet sehingga penggunaannya terbilang cukup mudah. Bagi yang kesulitan berbahasa asing namun sangat butuh informasi dari bangsa asing maka cukup dengan menggunakan media translate untuk mendapatkan terjemahan dari artikel berbahasa asing. Data yang telah didapat jika berbahasa asing maka dapat diterjemahkan melalui http://translate.google.co.id/?hl=id&tab=wT. Internet benar-benar berjasa karena telah memberikan vitur untuk berkomunikasi dengan mudah kepada dunia tanpa harus menggunakan biaya yang mahal.
5.      Banyak Menu Layanan
Sepatutnya kita berterimakasih pada penemu Internet karena telah menciptakan inovasi media komunikasi dari yang terbatas hingga dalam bentuk yang lebih luas. Memberi dan menerima informasi dengan beragam bentuk merupakan persembahan media internet untuk memanjakan umat manusia dewasa ini. Berbagai vitur yang ada pada layangan internet adalah;
a.       e-Mail atau akun pribadi untuk jasa pengiriman surat elektronik dalam bentuk file bebas, tergantung pada kebutuhan.
b.      Blog merupakan media pemberitaan yang juga bisa difungsikan sebagai media untuk menyalurkan bakat dan minat dengan menuliskan ide, inspirasi ataupun karya lainnya.
c.       Jejaring Sosial yang merupakan media untuk berbagi pada teman-teman di dunia maya, vitur yang ditawarkan oleh jejaring sosial adalah mengungkapkan perasaan yang biasa disebut sebagai “status”, berbagi kisah atau tautan, chatting, video call, promosi dan lain-lain
Selain menerima dan memberi informasi, layanan internet juga menawarkan vitur translate, download file, nonton tv atau dengar berita online yang tidak dijangkau oleh pesawat TV atau radio, tempat menyimpan file yang aman dan sebagainya.

Internet telah menjadi sahabat hampir semua orang, kalaupun ada orang yang tidak mengerti penggunaan internet, maka secara tidak langsung mereka juga dapat menikmati fasilitas internet melalui teman, olehnya itu sebagai pengguna internet, marilah kita menjadi pengguna internet cerdas yakni memanfaatkan internet untuk pengembangan diri, peningkatan produksi bisnis melalui jasa promosi dan penguatan kolektif sebagai media pembelajaran dan penjaringan kekuatan kolektif. Terlepas dari maanfaat tersebut, tentunya ada beberapa hal yang menjadi problem pada layanan internet. Tidak semua orang bisa diuntungkan oleh layanan internet, olehnya itu setiap pengguna harus pandai memanfaatkan internet. Berikut ini adalah beberapa potensi yang bisa terjadi pada pengguna internet:

Terimakasih;
Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua, terutama untuk pribadi penulis. Sekedar catatan bahwa tulisan ini dikutsertakan pada kompetisi penulisan artikel internet cerdas yang dapat diakses melalui www.internetcerdasindonesia.org


No comments:

Post a Comment

شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم