Tuesday, 27 November 2012

Petani Segera Menuai Harapan

Bakal Buah Duren
Durian - Duren
Kebun Merica - Cengkeh
Rambutan - Lengkeng
Suasana dingin nan sejuk begitu terasa menjelang terbitnya sang fajar di ufuk timur menuju ke barat untuk menyinari kampung kami. Kondisi alam yang masih lestari nan hijau mendukung produktivitas pertanian sebagai aktivitas utama penduduk desa di kampung ini. Kami berharap semoga kampung ini tetap lestari walaupun kami tau bahwa kampung ini sudah terancam gundul, produksi pertania akan menurun, suasana sejuk akan berubah menjadi gerah setiap saat, kearifan lokal akan tergeser oleh multikulturalisme dan kemungkinan terparah yang kami khawatirkan adalah hilangnya identitas kampung ini, yaitu sebuah kampung kecil yang terletak di Desa Anrang Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan.
Kami berharap semoga kampung ini tetap mendapat anugrah berupa kampung yang subur, suasana alamnya sejuk dan tetap lestari. Suatu harapan yang didambakan bersama semoga sektor pertanian kampung tidak pernah tergeser tapi justru mengalami penginkatan hasil produksi.
Sarikaya - Sirsak
Bakal Buah Lansat
Kebun Campuran
Pagi ini kami menaruh harapan yang besar untuk kelak menuai buah yang hari ini telah menampakkan bakal buah yang masih kecil setelah sebelumnya masih berbentuk bunga. Harapan yang dinantikan itu adalah panen buah Durian (Duren) sekitar 2 bulan kemudian, lansat sekitar 2,5 bulan dan rambutan menanti waktu sekitar 3 bulan lagi untuk panen. Di kampung kami tidak terdapat perkebunan Duren, Lansat maupun Rambutan. Haya karena lahan yang subur hingga pohon rambutan, lansat, duren, mangga dan tumbuhan lainnya bisa tumbuh subur di tengah-tengah lahan perkebunan cengkeh, kebun merica, kebun cokelat, kebun kopi, dan kebun lainnya. Semoga anugrah tanah subur dan kampung sejuk yang kami dapatkan berlangsung hingga generasi-generasi selanjutnya.

1 comment:

  1. gambar ini baru aja di upload pagi tadi (27 November 2012) saat berkunjung kekebun sekitar rumah dengan menggunakan ponsel Samsung

    ReplyDelete

شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم