Skip to main content

Mengukur Popularitas Blog

بِسْمِاللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
Hobby Blogging bisa dibilang sudah sangat populer, baik sekedar menuangkan bakat nulis, publikasi berita, berbagi tips, bisnis, tujuan organisasi atau tujuan lainnya. Apapun rubrik dari blog kita, penting untuk diketahui kualitas dan popularitas dari suatu blog. Pada uraian lebih lanjut akan dibahas cara mengukur kualitas blog.

Sebetulnya ukuran berikut ini tidak terkait dengan kualitas tulisan/postingan tapi lebih luas dari itu, yaitu popularitas blog. Sebabnya, baik atau buruknya tulisan tidak begitu berpengaruh untuk peningkatan rank, link in maupun jumlah pengunjung blog. Yang harus dipelajari adalah trik SEO dan tips blogging lainnya biar blog sobat-sobir jadi ramai pengunjung. Hanya saja, kualitas tulisan perlu menjadi pertimbangan tersendiri untuk meningkatkan kualitas blog, karenanya tulisan yang berkualitas akan menarik perhatian seseorang untuk selalu mengunjungi suatu blog.
Berikut ini ada beberapa catatan kecil yang bisa dijadikan ukuran untuk menilai popularitas dan kualitas blog/web sobat-sobit, antara lain :
a.   Jumlah pengunjungnya terus meningkat, lumayan kalau sudah mencapai rata-rata 500 pengunjung dalam sehari, apalagi kalau bisa melampaui angka 1000 pengunjung. Kalau blog aku pribadi sich masih kisaran 150 – 250 pengunjung dalam sehari sejak 1 bulan terakhir. Jumlah pengunjung  bisa menggambarkan kualitas blog, sebabnya informasi blog.
b.   Sobat-sobit juga bisa mengukur pringkat lewat link ini. Hitungannya mulai dari angka 10 (sepuluh) sebagai angka terbaik lalu angka 0 (nol) sebagai angka terburuk. Setelah saya mencoba ini, ternyata blog saya berada pada rank 2 (dua) dan ini sudah lumayan mengingat blogger senior yang sempat di-chek pringkatnya juga berada pada rank 2. Malah ada yang pringkatnya masih 0 atau 1 setelah sekian lama aktif menggeluti blog. Setelah saya chek website popular dunia ternyata www.google.com berada pada rank 9, demikian pula www.facebook.com, untuk website nasional sendiri, seperti www.berniaga.com ternyata popularitas lewat ranknya berada pada angka 6.
c.   Peringkatnya di bawah 1 juta, ini bisa diukur lewat Alexa (Rank Alexa) dengan jumlah WEB/Blog ratusan juta di seluruh dunia. Tidak perlu mengejar pringkat/angka 1000 karena angka tersebut lumayan mahal. Sebagai catatan, semakin ramping rank anda, maka kualitas blog anda makin baik.
d.   Blog/WEB anda banyak ditampilkan/dibagikan/dipublikasikan pada blog/WEB lain. salah satu cara mengetahui kekuatan blog anda adalah jumlah link yang terpasang pada blog lain. Maksudnya adalah, semakin banyak link anda dipublikasikan pada blog lain maka blog anda bisa dibilang favorit dan informatif. Cara mengukur jumlah link adalah dengan memasang widget Alexa-Link.
e.   Banyak titipan komentar dari pengunjung, cara ini tidak selalu tepat karena tidak semua pengunjung senang menitipkan komentar maupun titip/publikasi link.
f.   Jumlah like bagi yang memasang widget like facebook di blog berada pada kuantitas yang banyak. Semakin banya jumlah like anda, berarti kualitas dan kuantitas blog anda terbilang ok.
g.   Peminat/pengikut Blog yang jumlahnya banyak. Semakin banyak pengikut blog sobat-sobit, tentunya mempengaruhi popularitas blog anda.
Demikian dulu yah sobat! Uraiannya sangat singkat, tapi semoga udah bisa memberi gambaran sejauh mana kualitas dan popularitas blog sobat-sobait. Bukan berarti blog aku udah baik secara popularitas maupun kualitas, tapi setidaknya tulisan ini bisa memotivasi kita untuk terus berkarya. Ingat sobat, teruslah berbagi lewat blog sobat-sobit, posting minimal 1 karya tulis dalam sehari, biar popularitas blog kita terus meningkat.

Comments

  1. makasih infonya gan,kunjungan baliknya kutunggu yah.
    http://liandharaa.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. makasih gan

    http://psantrenonline.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. mantab gan rada masuk ke sini ah
    www.Goeboekimut.com

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. thank, ini postingan lama dan mungkin sudah tidak bermanfaat lagi. :)

      Delete

Post a Comment

شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم

Popular posts from this blog

Strategi Kepemimpinan Ali Bin Abu Thalib

BAB I PENDAHULUAN A.       Latarbelakang Masalah Nabi Muhammad saw. Tidak meninggalkan wasiat tentang siapa yang akan menggantikan beliau sebagai pemimpin politik umat Islam setelah beliau wafat. Beliau tampaknya menyerahkan persoalan tersebut kepada kaum Muslimin untuk menentukannya sendiri. Kaena itu, tidak lama setelah beliau wafat; belum lagi jenazahnya dimakamkan, sejumlah tokohMuhajirin dan Ashor Berkumpul dibalai kota   Bani Sa’dah, Madinah.  

Kedudukan Ar-ra'yu sebagai Landasan Hukum Islam

Referensi Pada dasarnya umat Islam yang beriman Kepada Allah swt. Meyakini bahwa Sumber utama Ajaran Islam yaitu Alquran dan Hadis sudah sempurna. Firman Allah dalam Alquran sudah sempurna membahas aturan-aturan, hukum, ilmu pengetahuan (filsafat), kisah, ushul fiqh dan lain-lain. Begitu juga Hadis Rasulullah yang salah satu sifatnya menjadi penjelasan ayat-ayat dalam Alquran. Posisi Hadis adalah penjelas dan sumber kedua setelah Alquran.

Dasar-dasar Pendidikan Islam

DASAR-DASAR PENDIDIKAN ISLAM (Tinjauan al-Qur'an dan Hadis) Oleh : Kelompok 2 A.    Pendahuluan Islam mempunyai berbagai macam aspek, di antaranya adalah pendidikan (Islam). Pendidikan Islam bermula sejak nabi Muhammad Saw, menyampaikan ajaran Islam kepada umatnya. [1]   Pendidikan adalah proses atau upaya-upaya menuju pencerdasan generasi, sehingga menjadi manusia dalam fitrahnya. Itu artinya bahwa pendidikan merupakan conditio sine quanon yang harus dilakukan pada setiap masa. Berhenti dari gerakan pendidikan berarti   lonceng kematian (baca; kemunduran atau keterbelakangan) telah berbunyi dalam masyarakat atau negara.