Saturday, 16 March 2013

Kebunku Harapanku


Akhirnya hari ini (16/3) terlaksana juga urusan kebun setelah sekian lama saya merencanakan akan membenahi kebun mericaku. Beberapa minggu sebelumnya saya tidak sempat  merawat kebunku karena padatnya aktivitas diluar daerah. Antara lain tour pada beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan, kuliah, mengerjakan tugas, tesis, makalah serta membenahi rumah di BTN Bumi Zarindah di Kabupaten Gowa.

Kebunku di Dusun Batang-batang Desa Anrang Kecamatan Rilau Ale Bulukumba sebetulnya tidak luas, hanya butuh waktu seminggu untuk membersihkannya dari rumput liar dan juga memangkas ranting-ranting kayu Ambas tempat merica menjalar/melekat. Nah, hari ini telah kuselesaikan ½ bagian karena sebelumnya saya telah berbenah sejak bulan lalu. Tersisa 3 hari lagi untuk merampungkan kebunku untuk satu tempat, Insya Allah.
Senang rasanya melihat perkembangan kebunku hari ini yang sebelumnya telah memproduksi kakao sekitar 300 pohon, namun karena kakao tidak lagi produktif sehingga diselingi dengan menanam merica dengan jumlah bibit yang sama. Hanya saja yang tumbuh normal hingga kini tidak lagi mencapai 300 pohon merica. Mengantisipasi merica yang mulai kurang produktif juga, beberapa tahun lalu kebun tersebut telah saya tanami cengkeh sehingga dua tahun kemudian, saya bisa panen tiga jenis tumbuhan dalam satu kebun yaitu cengkeh, merica dan kakao. Bahkan dipinggiran kebun, kubiarkan tumbuh pohon lansat, rambutan, pette, durian, kelapa, kemiri dll. Kebunku sungguh subur dan tanpa bantuan pupuk.
Suatu kesyukuran karena setelah membenahi kebun tadi pagi hingga waktu duhur tiba, saya sempatkan memanen rambutan, lansat dan pette lalu dimakan dikebun sebagian kecil dan beberapa diantaranya dibawa pulang untuk dijual di pasar.

3 comments:

  1. maasya Allaah, produktif juga kebunnya hehe..

    semoga kebunnya dikaruniai kesuburan terus oleh Allah :)

    ReplyDelete
  2. iya donk kak, makasih yah atas do'anya

    ReplyDelete
  3. wah itu namnya tanaman tumpang sari ya, satu kebun bisa ditanamai bermacam2x..
    wah enak ya kalau panen semua...

    ReplyDelete

شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم