Sunday, 6 September 2015

Mengikuti Program Sail Tomini dan Kongres FPBI



Keliling Sulawesi sebagai bagian dari harapan saya dalam mewujudkan khasanah pengalaman, memperkuat jaringan, berbagi kesan dan menambah pengetahuan dan keilmuan sudah lumayan sering dilakukan. Beberapa objek seperti, budaya masyarakat,  Pegunungan, Pemandangan alam, Wisata perkebunan, Air terjun, Wisata Bahari dan jelajah pulau sudah cukup sering dilakukan.

Pada skala yang lebih luas yaitu Jelajah Nusantara belum maksimal saya lakukan, namun ini menjadi prioritas yang penting untuk mengisi hari-hariku suatu saat nanti, karena diketahui bahwa di Indonesia sangat banyak objek penting yang mungkin terlupakan sehingga harus dipublikasikan dengan bahasa yang lebih indah sehingga masyarakat juga berkeinginan untuk menghadiri objek yang dimaksud seperti berkunjung ke Sabang atau titik nol Indonesia dan lain-lain.
Hari sabtu atau paling lambat hari ahad tanggal 5/6 s.d 21 Septermber 2015 saya akan kembali melakukan kegiatan penjelajahan. Tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya yaitu di Kabupaten Parigi Moutong di Sulawesi Tengah, yang tempuh kurang lebih 27 jam perjalanan dari Makassar, tempat diselenggarakannya kegiatan sail nasional yang dilaksanakan sekali dalam setahun yang Lebih akrab dengan sebutan Sail Tomini.
Program Sail Tomini adalah program untuk meningkatkan sejehateraan masyarakat pesisir melalui pengembangan kesejahteraan ekonomi dan pengembangan wisata melalui konsep pengembangan poros maritim. Sail Tomini memiliki potensi yang tidak kalah menarik dari sail yang lain seperti Morotail, Bunaken, Takabonerate dan lain-lain.
Sebagai bagian dari elemen yang turut mendukung kegiatan Sail Tomini, Forum Pemuda Bahari Indonesia (FPBI) juga memiliki kegiatan pokok untuk melatih masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan dan memanfaatkan kekayaan alam secara lebih produktif bagi masyarakat setempat. Terdapat 10 program pelatihan penting untuk kesejatheraan masyarakat yang diberikan oleh FPBI yang didukung oleh Kementerian Pertahanan RI. Selanjutnya, FPBI menyelenggarakan kegiatan penting tingkat Nasional yaitu kongres sebagai musyawarah tertinggi organisasi.
Untuk kesuksesan kegiatan di atas, kami akan mengikuti kegiatan tersebut hingga 15 hari di sana. Semoga membuahkan hasil yang maksimal untuk perubahan organisasi dan bangsa yang lebih baik. Amin yaa rabbal alamin.

2 comments:

  1. Perjanaan akan melahirkan pengalaman, luar biasa daeng sekses selalu.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih pak Jamal, inilah pekerjaan sebelum mengikuti jejak anda sebagai seorang bapak.

    ReplyDelete

شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم