Skip to main content

Inspirasi Bisnis Online



Sebuah inpirasi bisnis saya temukan pada salah seorang sahabat ketika kami bertemu pada sebuah acara resepsi pernikahan di Makassar. Hari itu kami ngobrol tentang pekerjaan dan peluang usaha yang terbaik. Dia termasuk orang yang sukses karena sudah mulai mencoba pasar internasional sebagai pengguna produk yang diiklankannya. Dia mengatakan saat iklannya fokus pada pasar dalam negeri saja sudah lumayan hasilnya[1]. Sudah pasti bahwa saat masyarakat dunia yang menjadi sasarannya jauh lebih baik lagi.

Meskipun bukan hasilnya yang membuat saya tertarik “seperti dalam waktu kurang dari setahun dia telah pergi umroh/ke baitullah” dari usahanya melalui media online tetapi yang menarik adalah bagaimana menjemput peluang usaha melalui media internet ini. Yang pasti bahwa media online adalah alat untuk mencari dan berbagi informasi. Tentu sangat banyak orang yang membutuhkan informasi dari internet karenanya informasi yang tersedia sangat banyak dan penting serta dibutuhkan oleh pengguna ineternet.
Beberapa survey artikel/postingan tentang rubrik atau kategori tulisan yang dipublikasikan melalui internet telah saya baca dan hasilnya rata-rata menunjukkan bahwa pengguna internet lebih sering mencari informasi tentang tren busana, resep masakan, informasi teknologi. Sementara itu ada juga yang menempatkan tips dan referensi sebagai kategori postingan yang paling sering dikunjungi orang. Mungkin ada lagi jawaban lain, tentu ini sesuai dengan pengalaman masing-masing pengguna internet. Seperti yang dipaparkan kawanku bahwa orang Indonesia maupun dunia lebih banyak mencari informasi tentang konten dewasa daripada hal-hal lain seperti resep, tips, TIK, Busana, Sport dan lain-lain. Kategori dewasa inilah yang paling banyak dicari oleh pengguna Internet di Indonesia. Dari data tersebut, sudah pasti setiap orang memiliki peluang untuk mendapatkan uang melalui internet cukup dengan berbagi informasi dalam bentuk iklan.
Hampir setiap orang dewasa ini sudah aktif menggunakan internet, hanya saja apa dicari belum tentu sama dengan semua pengguna internet karena kepentingan masing-masing pengguna internet juga berbeda-beda.
Saat ini internet secara umum tidak lagi membatasi penggunanya untuk sekedar mencari informasi.[2] Informasi yang telah saya dapatkan melalui kawanku lumayan inspiratif karena ia sudah memberikan berbagai cara dan bentuk dalam memanfaatkan internet, terutama pada penggunaannya sebagai media iklan. Lebih lanjut dia mengasumsikan bahwa mengakses internet menjadi pilihan pertama umat manusia dewasa ini dalam mengakses informasi (dalam bentuk apapun, termasuk iklan) karena melalui internet, setiap penggunanya lebih mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Kehadiran Gadget atau smartphone yang menyediakan layanan internet menjadi salah satu pemicu tingginya pengguna internet dewasa ini.


[1] Dari penghasilan usahanya melalui jasa internet cukup lumayan karena kurang dari setahun dia telah berangkat ke Saudi Arabia dan target selanjutnya adalah Korea.
[2] Media Internet saat ini sudah bisa digunakan bahkan secara bebas (bahkan gratis) oleh setiap orang untuk berbagi informasi dan iklan. Tentu optimalisasi penggunaan internet ini mulai banyak digunakan oleh orang sebagai media bisnis yang lebih akrab dengan sebutan “bisnis online”.

Comments

Popular posts from this blog

Strategi Kepemimpinan Ali Bin Abu Thalib

BAB I PENDAHULUAN A.       Latarbelakang Masalah Nabi Muhammad saw. Tidak meninggalkan wasiat tentang siapa yang akan menggantikan beliau sebagai pemimpin politik umat Islam setelah beliau wafat. Beliau tampaknya menyerahkan persoalan tersebut kepada kaum Muslimin untuk menentukannya sendiri. Kaena itu, tidak lama setelah beliau wafat; belum lagi jenazahnya dimakamkan, sejumlah tokohMuhajirin dan Ashor Berkumpul dibalai kota   Bani Sa’dah, Madinah.  

Kedudukan Ar-ra'yu sebagai Landasan Hukum Islam

Referensi Pada dasarnya umat Islam yang beriman Kepada Allah swt. Meyakini bahwa Sumber utama Ajaran Islam yaitu Alquran dan Hadis sudah sempurna. Firman Allah dalam Alquran sudah sempurna membahas aturan-aturan, hukum, ilmu pengetahuan (filsafat), kisah, ushul fiqh dan lain-lain. Begitu juga Hadis Rasulullah yang salah satu sifatnya menjadi penjelasan ayat-ayat dalam Alquran. Posisi Hadis adalah penjelas dan sumber kedua setelah Alquran.

Dasar-dasar Pendidikan Islam

DASAR-DASAR PENDIDIKAN ISLAM (Tinjauan al-Qur'an dan Hadis) Oleh : Kelompok 2 A.    Pendahuluan Islam mempunyai berbagai macam aspek, di antaranya adalah pendidikan (Islam). Pendidikan Islam bermula sejak nabi Muhammad Saw, menyampaikan ajaran Islam kepada umatnya. [1]   Pendidikan adalah proses atau upaya-upaya menuju pencerdasan generasi, sehingga menjadi manusia dalam fitrahnya. Itu artinya bahwa pendidikan merupakan conditio sine quanon yang harus dilakukan pada setiap masa. Berhenti dari gerakan pendidikan berarti   lonceng kematian (baca; kemunduran atau keterbelakangan) telah berbunyi dalam masyarakat atau negara.