Thursday, 26 May 2016

Inspirasi Bisnis Online



Sebuah inpirasi bisnis saya temukan pada salah seorang sahabat ketika kami bertemu pada sebuah acara resepsi pernikahan di Makassar. Hari itu kami ngobrol tentang pekerjaan dan peluang usaha yang terbaik. Dia termasuk orang yang sukses karena sudah mulai mencoba pasar internasional sebagai pengguna produk yang diiklankannya. Dia mengatakan saat iklannya fokus pada pasar dalam negeri saja sudah lumayan hasilnya[1]. Sudah pasti bahwa saat masyarakat dunia yang menjadi sasarannya jauh lebih baik lagi.

Meskipun bukan hasilnya yang membuat saya tertarik “seperti dalam waktu kurang dari setahun dia telah pergi umroh/ke baitullah” dari usahanya melalui media online tetapi yang menarik adalah bagaimana menjemput peluang usaha melalui media internet ini. Yang pasti bahwa media online adalah alat untuk mencari dan berbagi informasi. Tentu sangat banyak orang yang membutuhkan informasi dari internet karenanya informasi yang tersedia sangat banyak dan penting serta dibutuhkan oleh pengguna ineternet.
Beberapa survey artikel/postingan tentang rubrik atau kategori tulisan yang dipublikasikan melalui internet telah saya baca dan hasilnya rata-rata menunjukkan bahwa pengguna internet lebih sering mencari informasi tentang tren busana, resep masakan, informasi teknologi. Sementara itu ada juga yang menempatkan tips dan referensi sebagai kategori postingan yang paling sering dikunjungi orang. Mungkin ada lagi jawaban lain, tentu ini sesuai dengan pengalaman masing-masing pengguna internet. Seperti yang dipaparkan kawanku bahwa orang Indonesia maupun dunia lebih banyak mencari informasi tentang konten dewasa daripada hal-hal lain seperti resep, tips, TIK, Busana, Sport dan lain-lain. Kategori dewasa inilah yang paling banyak dicari oleh pengguna Internet di Indonesia. Dari data tersebut, sudah pasti setiap orang memiliki peluang untuk mendapatkan uang melalui internet cukup dengan berbagi informasi dalam bentuk iklan.
Hampir setiap orang dewasa ini sudah aktif menggunakan internet, hanya saja apa dicari belum tentu sama dengan semua pengguna internet karena kepentingan masing-masing pengguna internet juga berbeda-beda.
Saat ini internet secara umum tidak lagi membatasi penggunanya untuk sekedar mencari informasi.[2] Informasi yang telah saya dapatkan melalui kawanku lumayan inspiratif karena ia sudah memberikan berbagai cara dan bentuk dalam memanfaatkan internet, terutama pada penggunaannya sebagai media iklan. Lebih lanjut dia mengasumsikan bahwa mengakses internet menjadi pilihan pertama umat manusia dewasa ini dalam mengakses informasi (dalam bentuk apapun, termasuk iklan) karena melalui internet, setiap penggunanya lebih mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Kehadiran Gadget atau smartphone yang menyediakan layanan internet menjadi salah satu pemicu tingginya pengguna internet dewasa ini.


[1] Dari penghasilan usahanya melalui jasa internet cukup lumayan karena kurang dari setahun dia telah berangkat ke Saudi Arabia dan target selanjutnya adalah Korea.
[2] Media Internet saat ini sudah bisa digunakan bahkan secara bebas (bahkan gratis) oleh setiap orang untuk berbagi informasi dan iklan. Tentu optimalisasi penggunaan internet ini mulai banyak digunakan oleh orang sebagai media bisnis yang lebih akrab dengan sebutan “bisnis online”.

No comments:

Post a Comment

شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم