Sebuah inpirasi bisnis saya temukan pada salah seorang
sahabat ketika kami bertemu pada sebuah acara resepsi pernikahan di Makassar.
Hari itu kami ngobrol tentang pekerjaan dan peluang usaha yang terbaik. Dia
termasuk orang yang sukses karena sudah mulai mencoba pasar internasional
sebagai pengguna produk yang diiklankannya. Dia mengatakan saat iklannya fokus
pada pasar dalam negeri saja sudah lumayan hasilnya[1].
Sudah pasti bahwa saat masyarakat dunia yang menjadi sasarannya jauh lebih baik
lagi.
Meskipun bukan hasilnya yang membuat saya tertarik “seperti
dalam waktu kurang dari setahun dia telah pergi umroh/ke baitullah” dari
usahanya melalui media online tetapi yang menarik adalah bagaimana menjemput
peluang usaha melalui media internet ini. Yang pasti bahwa media online adalah
alat untuk mencari dan berbagi informasi. Tentu sangat banyak orang yang
membutuhkan informasi dari internet karenanya informasi yang tersedia sangat
banyak dan penting serta dibutuhkan oleh pengguna ineternet.
Beberapa survey artikel/postingan tentang rubrik atau
kategori tulisan yang dipublikasikan melalui internet telah saya baca dan
hasilnya rata-rata menunjukkan bahwa pengguna internet lebih sering mencari
informasi tentang tren busana, resep masakan, informasi teknologi. Sementara
itu ada juga yang menempatkan tips dan referensi sebagai kategori postingan
yang paling sering dikunjungi orang. Mungkin ada lagi jawaban lain, tentu ini
sesuai dengan pengalaman masing-masing pengguna internet. Seperti yang
dipaparkan kawanku bahwa orang Indonesia maupun dunia lebih banyak mencari
informasi tentang konten dewasa daripada hal-hal lain seperti resep, tips, TIK,
Busana, Sport dan lain-lain. Kategori dewasa inilah yang paling banyak dicari
oleh pengguna Internet di Indonesia. Dari data tersebut, sudah pasti setiap
orang memiliki peluang untuk mendapatkan uang melalui internet cukup dengan
berbagi informasi dalam bentuk iklan.
Hampir setiap orang dewasa ini sudah aktif menggunakan internet,
hanya saja apa dicari belum tentu sama dengan semua pengguna internet karena
kepentingan masing-masing pengguna internet juga berbeda-beda.
Saat ini internet secara umum tidak lagi membatasi
penggunanya untuk sekedar mencari informasi.[2]
Informasi yang telah saya dapatkan melalui kawanku lumayan inspiratif karena ia
sudah memberikan berbagai cara dan bentuk dalam memanfaatkan internet, terutama
pada penggunaannya sebagai media iklan. Lebih lanjut dia mengasumsikan bahwa
mengakses internet menjadi pilihan pertama umat manusia dewasa ini dalam
mengakses informasi (dalam bentuk apapun, termasuk iklan) karena melalui
internet, setiap penggunanya lebih mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan.
Kehadiran Gadget atau smartphone yang menyediakan layanan
internet menjadi salah satu pemicu tingginya pengguna internet dewasa ini.
[1]
Dari penghasilan usahanya melalui
jasa internet cukup lumayan karena kurang dari setahun dia telah berangkat ke
Saudi Arabia dan target selanjutnya adalah Korea.
[2]
Media Internet saat ini sudah bisa digunakan bahkan secara bebas (bahkan
gratis) oleh setiap orang untuk berbagi informasi dan iklan. Tentu optimalisasi
penggunaan internet ini mulai banyak digunakan oleh orang sebagai media bisnis
yang lebih akrab dengan sebutan “bisnis online”.
Comments
Post a Comment
شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم