Skip to main content

Inspirasi Blog dan Peningkatan Visitornya



Memiliki blog berarti memiliki sesuatu untuk dibagi pada masyarakat luas karena fungsi blog adalah media untuk berbagi. Sesuatu yang dapat dibagi lewat internet/blog antara lain curhatan, karya sastra, karya ilmiah, iklan, gambar, video, berita dan berbagai katergori lainnya.

Saya sendiri mengetahui blog melalui sahabat senior yang sering mempublikasikan link postingan blognya pada media sosial Facebook.  Dari sanalah saya menemukan inspirasi untuk membuat blog dan berbagi Isnpirasi, Warna & Karya pada masyarakat maya.Dari sana saya mencoba searching informasi tentang cara membuat blog dan akhirnya saya berhasil membuatnya sendiri pada bulan desember tahun 2011. Postingan pertama saya dilakukan pada bulan Januari 2012 dan saya sudah berhasil mengumpulkan 6 (enam) postingan untuk bulan tersebut.
Dari tahun pertama di blog hingga tahun 2016 ini selalu ada pengembangan dan akhirnya pada tahun ini saya mencoba mendaftar di google adsende dengan target lebih banyak potingan (biar lebih semangat). Pengembangan yang terus dilakukan antara lain adalah bahasa tulis, jumlah postingan, pengembangan jumlah link, design template, misi publikasi dan lain-lain.
Kembali kemasa-masa awal saya mengenal blog. Waktu itu saya sangan tertarik dengan media publikasi miliki Google ini. Karenanya saya mencoba mengajak sahabat-sahabat untuk turut memanfaatkan media ini dan Alhamdulillah dari sejumlah orang yang saya ajak, lebih dari 10 (sepuluh) orang yang tertarik dan juga menggunakannya. Selain itu saya juga membuat beberapa blog untuk grup/organisasi antara lain: PMII Cabang Gowa, Ikatan Alumni PMI – Kessos UIN Alauddin Makassar, dan beberapa grup milik teman.
Diantara sahabat-sahabat yang pernah saya ajak untuk membuat blog, dua orang diantaranya bahkan melebihi kemampuan saya dalam menggunakan blog ini. Seperti yang dilakukan oleh Jamaladdin yang menargetkan minimal 2 postingan dalam sehari untuk beberapa blognya. Tentu ini sangat menarik karena ia mampu mempublikasikan tulisan yang cukup banyak. Selanjutnya Akbar Alimuddin dengan pengembangan dan design template terbaik diantara sahabat-sahabat saya, juga menargetkan postingan berita ter-update. Ia juga sudah memiliki media publikasi berupa smartphone yang sangat pas untuk update postingan.
Akhirnya saya menyadari bahwa saya harus belajar dan menjadikan kedua sahabatku ini sebagai sumber inspirasi dalam dunia blog. Target saya secara pribadi untuk tahun ini adalah 1000 visitor perhari. Saya anggap ini bukan sesuatu yang terlalu sulit jika benar-benar digeluti.
Untuk mengejar target itu, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan antara lain: 1) berbagi link postingan pada berbagai media sosial sebanyak mungkin seperti Facebook, Twitter, Google +, Line, WA, BBM dan sebagainya. Sebagai contoh, jika saya memiliki teman di FB sebanyak 5000 orang dan 2500 diantaranya pengguna aktif, maka ketika saya berbagi link dengan asumsi 10 % melihat link tersebut maka 250 orang setidaknya tau kalau memiliki link blog, selanjutnya anggaplah 3 % diantaranya tertarik untuk mengunjungi link yang kupublikasikan. Dengan demikian melalui jejaring sosial FB saya bisa mendaptakan 8 (delapan) visitor. Tentu akan lebih banyak lagi jika dipublikasikan pada beberapa jejaring sosial, Terlebih lagi ketika link tersebut lebih sering dibagikan, dengan demikian tidak sulit untuk mendapatkan 100 visitor dari pengguna jejaring sosial. 2) cara lain yang bisa ditempuh adalah memperbanyak dan menambah kategori postingan. Cara ini lumayan efektif karena untuk meningkatkan ranking blog salah satunya ditempuh dengan cara meningkatkan jumlah postingan. Asumsinya jika setiap postingan minimal dikunjungi 2 kali dalam sehari dengan jumlah postingan 500 maka jumlah visitornya adalah 1000 setiap harinya. Yang pasti bahwa blog yang memiliki konten menarik dan dibutuhkan oleh pengguna internet akan banyak di cari melalui google.
Setiap orang punya cara untuk menarik pengunjung untuk datang ke blognya namun saya belum menemukan cara yang terbaik untuk itu. Saya yakin informasi tentang bagaimana meningkatkan visitor sangat banyak pada postingan lain oleh para blogger sejati.

Comments

Popular posts from this blog

Strategi Kepemimpinan Ali Bin Abu Thalib

BAB I PENDAHULUAN A.       Latarbelakang Masalah Nabi Muhammad saw. Tidak meninggalkan wasiat tentang siapa yang akan menggantikan beliau sebagai pemimpin politik umat Islam setelah beliau wafat. Beliau tampaknya menyerahkan persoalan tersebut kepada kaum Muslimin untuk menentukannya sendiri. Kaena itu, tidak lama setelah beliau wafat; belum lagi jenazahnya dimakamkan, sejumlah tokohMuhajirin dan Ashor Berkumpul dibalai kota   Bani Sa’dah, Madinah.  

Kedudukan Ar-ra'yu sebagai Landasan Hukum Islam

Referensi Pada dasarnya umat Islam yang beriman Kepada Allah swt. Meyakini bahwa Sumber utama Ajaran Islam yaitu Alquran dan Hadis sudah sempurna. Firman Allah dalam Alquran sudah sempurna membahas aturan-aturan, hukum, ilmu pengetahuan (filsafat), kisah, ushul fiqh dan lain-lain. Begitu juga Hadis Rasulullah yang salah satu sifatnya menjadi penjelasan ayat-ayat dalam Alquran. Posisi Hadis adalah penjelas dan sumber kedua setelah Alquran.

Dasar-dasar Pendidikan Islam

DASAR-DASAR PENDIDIKAN ISLAM (Tinjauan al-Qur'an dan Hadis) Oleh : Kelompok 2 A.    Pendahuluan Islam mempunyai berbagai macam aspek, di antaranya adalah pendidikan (Islam). Pendidikan Islam bermula sejak nabi Muhammad Saw, menyampaikan ajaran Islam kepada umatnya. [1]   Pendidikan adalah proses atau upaya-upaya menuju pencerdasan generasi, sehingga menjadi manusia dalam fitrahnya. Itu artinya bahwa pendidikan merupakan conditio sine quanon yang harus dilakukan pada setiap masa. Berhenti dari gerakan pendidikan berarti   lonceng kematian (baca; kemunduran atau keterbelakangan) telah berbunyi dalam masyarakat atau negara.