Friday, 27 May 2016

Jelajah - Benteng Somba Opu



Bagi anda yang hobby menjelajah ada baiknya jika menyempatkan diri berkunjung ke Benteng Somba Opu yang terletak di Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa. Benteng Somba Opu sebagai salah satu situs sejarah Indonesia masih menyimpan banyak benda-benda sejarah baik berupa bangunan maupun benda yang telah dimusiumkan. Selain itu di tempat ini juga menjadi miniature Sulawesi selatan dan barat (melalui rumah adatnya) dimana didalamnya terdapat rumah adat setiap kabupaten/kota yang ada di provinsi Sulawesi selatan dan barat. Rumah adat lain seperti rumah adat kajang, rumah adat bugis, rumah dinas untuk provinsi juga ada di benteng ini. Benteng somba opu ini tidak hanya memiliki potensi sejarah dan budaya sulsel tapi juga terdapat permandian waterboom dan pemandangan alam di hilir sungai jeneberang. Tentu saja semua potensi yang dimiliki benteng ini memiliki daya tarik untuk memikat hati anda.

Benteng somba opu merupakan warisan kerajaan gowa yang didirikan pada abad ke-15 tepatnya tahun 1525[1]. Territorial benteng yang pernah menjadi pusat perdangan internasional pada kawasan timur nusantara ini teletak di Desa Somba Opu Kecamatan Barombong Kabutapen Gowa.
Hal-hal yang penting didokumentasikan atau minimal dikunjungi ketika anda ke Benteng somba opu antara lain siarah/mengunjungi makam, melihat secara langsung rumah adat yang ada di sulsel, mengunjungi museum, refreshing di waterboom dan lain-lain. Penulis sendiri yang sudah sangat sering ke Desa Benteng Somba Opu ini belum mengenal secara keseluruhan peninggalan sejarah yang ada disana dan hal tersebut membuat penulis selalu penasaran untuk kembali kesana.
Jika ingin mengenal lebih jauh budaya dan karya masyarakat dimasa lalu, khususnya peninggalan kerajaan gowa maka sempatkanlah waktu anda kesana.



[1] http://melayuonline.com/ind/history/dig/411/benteng-somba-opu

1 comment:

  1. blm pernah jalan2 ke tempat legendaris ini nih daku...

    ReplyDelete

شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم