Tuesday, 25 April 2017

Potret Pendidikan di Desa Kahaya


Di sudut negeri ini terdapat potret pendidikan yang menarik untuk dipublikasikan ke Media massa. Di suatu tempat di Desa Kahaya Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba, bersama teman2 kami telah melakukan berbagai kegiatan sosial di pelosok desa. Desela-sela kegiatan tersebut, kami juga melakukan refreshing, menikmati liburan yang sangat eksotis yang didalamnya terdapat hamparan alam yang hijau dan sejuk di kaki gunung Bawakaraeng.


Potret pendidikan di sudut kampung Desa Kahaya terbilang sangat terpencil karena hanya ada 1 sekolah dasar yang sangat jauh dari kota Kabupaten Bulukumba sehingga untuk itu monitoring pelaksanaan kegiatan pembelajaran menjadi terhambat. Disamping itu juga terdapat berbagai kendala akses menghambat kemajuan pendidikan di sana, seperti akses transportasi, komunikasi dan jaringan.

Saat rombongan kami menuju ke Desa Kahaya, kami menemukan beberapa siswa yang sedang berjuang menuju sekolah yang jarak tempuhnya lebih dari 3 Km dengan medan yang jurang dan tebing. Yang menarik perhatian kami adalah meskipun jarak tempuhnya sangat jauh mereka (siswa-siswa) tetap semangat untuk bersekolah. Bahkan mereka rela berjalan kaki selama lebih dari 1 jam menuju sekolah dengan berjalan kaki.

Kalau melihat potret pendidikan di Desa Kahaya, kita akan menyadari betapa sulitnya perjuangan anak di sudut negeri ini untuk mencapai derajat pendidikan yang lebih baik. Mereka yang di sudut negeri ini butuh perhatian dari pemerintah dan relawan pendidikan agar bisa menikmati pendidikan sebagaimana yang dirasakan warga ibu kota.



 

No comments:

Post a Comment

شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم