Monday, 29 May 2017

Kebiasaan Baru dalam Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan yang mulia bagi umat Islam. Agama Islam ini meyakini bahwa didalamnya penuh dengan berkah sehingga orang menyebutnya Ramadhan Mubarak atau bulan ramadhan yang penuh berkah.

Dalam tradisi ramadhan di Indonesia, banyak hal yang dilakukan oleh umat Islam. Meskipun demikian, beberapa tradisi mengalami pergeseran seperti cara membangunkan warga dengan cara keliling lorong menyapa warga untuk segera mempersiapkan sahurnya. Orang-orang dikampung juga pergi ke masjid menggunakan pelita dan tradisi lainnya. Tujuannya selain menjaga tradisi ada pula masyarakat yang mengejar keberkahan bulan ramadhan. Makanya suara tadarrus al quran, bakti masyarakat, ceramah islam dan berbagai bentuk amaliyah ramadhan lainnya lebih banyak dijumpai pada bulan ini.
Sisi lain dari tradisi di bulan ramadhan bagi pemeluk Islam saat ini adalah membentuk kebiasaan bahwa pemeluk Islam boleh dikenang sebagai sosok yang taat beribadah atau orang yang pandai membawakan dakwah islam. Meskipun begitu, orang yang beribadah karena ingin dikenang sebagai sosok yang baik bisa menghapus amal kebaikannya bahkan bisa menjadikan seseorang berdosa. Berikut ini adalah salah satu gambaran tradisi yang baru digunakan oleh pemeluk Islam sebagai media publikasi.
Gambar seperti ini secara sepintas tidak ada masalah, namun sangat tergantung dari niat seseorang.

Mungkin ada yang menilai bahwa cara tersebut tidak benar berdasarkan ajaran islam karena amaliyah ramadhan (dalam bentuk teks dakwah) tersebut memiliki maksud lain diluar dari kepentingan ibadah. Memang betul niat sangat berpengaruh terhadap amalan seseorang. Semoga tradisi baru yang terbentuk dalam masyarakat Islam tidak menggeser nilai-nilai dan amalan-amalan yang disyari’tkan dalam Islam.

No comments:

Post a Comment

شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم