Tuesday, 9 May 2017

Kelompok Usaha untuk Kesejahteraan Keluarga

Hari ini, Selasa 9 Mei 2017 penulis berhasil mengusulkan dua program untuk peningkatan kesejahteraan sosial keluarga. Program tersebut ditujukan pada Kemeterian Sosial Republik Indonesia yang di usulkan melalui Dinas Sosial Kabupaten Bulukumba. Manfaat Program ini akan di terima oleh Keluarga Penerima Manfaat Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Anrang sebanyak 1 Kelompok dan Desa Bontoharu sebanyak 1 Kelompok.

Masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang yang dipilih berdasarkan kemampuan dan potensi usaha masing-masing anggota kelompok. Sebanyak 2 kelompok yang penulis usulkan masing-masing akan membuat peternakan kambing dan produksi olahan hasil alam. Berikut ini adalah calon penerima manfaat yang penulis usulkan.
Produksi Kripik & Hasil Pertanian
Usaha Peternakan Kambing
KETUA
ERNI
KETUA
PAIDA
SEKRETARIS
MARDA
SEKRETARIS
DARMI
BENDAHARA
NURSIA
BENDAHARA
ROSMA
1
NAWA
1
SAHARIA
2
SINJA
2
HASNA
3
JINTANG
3
SAURI
4
SARNAWATI
4
NURHAYATI
5
SABERIA
5
RAMLAH
6
ERNI
6
ATI
7
SUMARNI
7
ASIAH

Salah satu keunggulan program KUBE ini adalah adanya pendamping yang memantau, mengevaluasi, menilai, membantu, serta mengarahkan jalannya program. Pendamping KUBE adalah mereka yang juga terdaftar sebagai Pendamping PKH. Melalui ideology PKH diketahui bahwa untuk meretas kemiskinan maka harus ditempuh dengan kerja keras, khususnya memberi pemahaman dan dorongan antara lain keluarga harus memiliki pengetahuan tentang urusan keluarga dan kebutuhan ekonomi keluarga, kesehatan, pendidikan, usaha produktif dan lain-lain. Tanpa dasar pemahaman dan kesadaran tersebut, sangat sulit untuk mendapatkan kesejahteraan.
Semoga melalui kelompok usaha bersama ini dapat meningkatkan kesejateraan keluarga penerima manfaat program KUBE.


No comments:

Post a Comment

شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم