Skip to main content

Mariki' ke Bulukumba


Belakangan ini gaya hidup manusia tidak lepas dari aktivitas jelajah dan perjalanan. Setiap melakukan perjalanan, mereka ingin ada warna khas sekaligus ada sesuatu yang bisa dibawa pulang ke tempat asal.
Di Sulawesi Selatan, terdapat potensi dan objek wisata yang bisa anda kunjungi. Tentu saja anda harus mempunyai referensi yang tepat sebelum melakukan kegiatan jelajah. Dibagian selatan sulawesi, Khususnya Bulukumba anda dapat melakukan apa saja terkait agenda jalan-jalan anda. Antara lain pemandangan alam, wisata bahari, jelejah alam, wisata kuliner, foto, wisata budaya, spiritual,  study sosial budaya, snorkeling, diving, climbing, camping, menikmati hasil pertanian dan lain-lain. Setiap pengunjung bisa menikmati pesona alam di tempat ini.
Berikut ini, bLOG Inspirasi & KArya (Logika) menawarkan referensi tentang objek wisata dan destinasi potensi wisata di Sulawesi Selatan, Khususnya di Bulukumba.
Daftar Objek Wisata dan Potensi Wisata Kabupaten Bulukumba yang bisa anda kunjungi.
No
Objek/Potensi Wisata
Alamat
Keterangan
1
Bontobahari
Informasi tentang tempat ini sudah mendunia, pengunjungnya juga berasal dari berbagai belahan dunia dengan berbagai kepentingan antara lain wisata, penelitian, hiburan maupun sekedar refreshing
2
Pantai Bara
Bontobahari
Tempat ini juga merupakan objek wisata Bulukumba yang berada di sebelah barat Objek Wisata Tanjung Bira. Untuk ke tempat ini menggunakan pintu masuk yang sama dengan Tanjung Bira
3
Bontobahari
Potensi wisata ini tidak sepopuler Tanjung Bira namun ditempat ini sangat asyik untuk kegiatan camp dan snorkeling karena kondisi alamnya yang mendukung untuk kegiatan tersebut
4
Bontobahari
Terdapat dua tempat pembuatan perahu/kapal pinisi yaitu di Tanahberu dan di Kelurahan Bira.
5
Bontobahari
Pemandangan alam terbaik untuk kebaharian, apparalang adalah lokasi yang paling tepat. Meskipun tempat ini masih sangat baru namun popularitasnya sudah mendunia
6
Mandalaria
Bontobahari
*
7
Pantai Kasuso
Bontobahari
Potensi alam bulukumba yang cukup unik adalah Pantai Kasuso. Meskipun pantai ini hanya sekedar kampung bagi masyarakat Nelayan namun juga terdapat pemandangan unik di kampung ini.
8
Pantai Marumasa
Bontobahari
*
9
Permandian Limbua
Bontotiro
Di tempat ini terdapat permandian air tawar dipinggir pantai. Meskipun berada digaris pantai namun mata airnya tetap tawar.
10
Permandian Hila-hila
Bontotiro
Tempat ini merupakan permandian bersejarah. Merupakan warisan dari datuk tiro sebagai penyebar agama Islam di sana.
11
Kindang
Nuansa yang berbeda karena ditempat ini berada di dataran tinggi. Sangat cocok untuk kegiatan camp maupun out bond. Destinasi ini merupakan potensi wisata yang paling top di Bulukumba
12
Kajang
Sosok Ammatoa sudah mendunia. Banyak hal yang menjadi tujuan pengunjung ke sana antara lain; kepentingan spiritual, wisata budaya, study komparatif,
13
Makam Datuk Tiro
Bontotiro
*
14
Puajjanggo
Bontobahari
*
15
Kampung Nelayan (Cafe and Resto)
Bontobahari
Wisata Kuliner terbaik di Bulukumba
16
Pulau
Bontobahari
Permandian, Penelitian, Pemandangan Alam, Snorkeling dan berbagai kegiatan lainnya
17
Permandian alam – wae tuoe – Jojjolo
Bulukumpa
*
18
Permandian alam – wae tuoe
Ujungbulu
*
19
Hutan Kota
Ujungbulu
*
20
Taman Kota
Ujungbulu
*
Referensi di atas merupakan gambaran tentang potensi wisata dan destinasi wisata di Bulukumba. Mungkin masih banyak tempat yang lebih baik namun belum populer di masyarakat. sebagai gambaran bahwa di Bulukumba terdapat sungai besar yaitu Bialo dan Balantieng. Kedua sungai ini memiliki sumber air yang sangat jernih di hulu namun sudah mulai keruh di perkampungan hingga kota (hilir).
Bulukumba juga memiliki Taman Hutan Raya yang berlokasi di Kecamatan Bontobahari. Tentu saja ini warisan alam yang patut dipelihara kelestariannya.

Comments

Popular posts from this blog

Strategi Kepemimpinan Ali Bin Abu Thalib

BAB I PENDAHULUAN A.       Latarbelakang Masalah Nabi Muhammad saw. Tidak meninggalkan wasiat tentang siapa yang akan menggantikan beliau sebagai pemimpin politik umat Islam setelah beliau wafat. Beliau tampaknya menyerahkan persoalan tersebut kepada kaum Muslimin untuk menentukannya sendiri. Kaena itu, tidak lama setelah beliau wafat; belum lagi jenazahnya dimakamkan, sejumlah tokohMuhajirin dan Ashor Berkumpul dibalai kota   Bani Sa’dah, Madinah.  

Kedudukan Ar-ra'yu sebagai Landasan Hukum Islam

Referensi Pada dasarnya umat Islam yang beriman Kepada Allah swt. Meyakini bahwa Sumber utama Ajaran Islam yaitu Alquran dan Hadis sudah sempurna. Firman Allah dalam Alquran sudah sempurna membahas aturan-aturan, hukum, ilmu pengetahuan (filsafat), kisah, ushul fiqh dan lain-lain. Begitu juga Hadis Rasulullah yang salah satu sifatnya menjadi penjelasan ayat-ayat dalam Alquran. Posisi Hadis adalah penjelas dan sumber kedua setelah Alquran.

Dasar-dasar Pendidikan Islam

DASAR-DASAR PENDIDIKAN ISLAM (Tinjauan al-Qur'an dan Hadis) Oleh : Kelompok 2 A.    Pendahuluan Islam mempunyai berbagai macam aspek, di antaranya adalah pendidikan (Islam). Pendidikan Islam bermula sejak nabi Muhammad Saw, menyampaikan ajaran Islam kepada umatnya. [1]   Pendidikan adalah proses atau upaya-upaya menuju pencerdasan generasi, sehingga menjadi manusia dalam fitrahnya. Itu artinya bahwa pendidikan merupakan conditio sine quanon yang harus dilakukan pada setiap masa. Berhenti dari gerakan pendidikan berarti   lonceng kematian (baca; kemunduran atau keterbelakangan) telah berbunyi dalam masyarakat atau negara.