Skip to main content

Mengobati Rasa Penasaran di Kampung Pembuatan Kapal Pinisi

Pada postingan kali ini penulis akan berbagi informasi tentang tempat pembuatan kapal pinisi yang merupakan warisan budaya Lokal (karya) Kabupaten Bulukumba. Informasi jelajah ini sebagai pelengkap edisi touring anda maupun sebagai referensi untuk rencana jalan-jalan anda.
Sebagai warisan budaya, tidak semuanya diwariskan dalam rupa maupun teknologi yang sama. Hari ini pembuatan kapal sudah menggunakan teknologi mesin pertukangan sehingga hasil kerjanya sudah lebih halus dan waktu penyelesaiannya sudah bisa selesai hingga 8 bulan.
Kapal pinisi merupakan renovasi dari perahu pinisi. Perahu pinisi yang sebelumnya menggunakan layar untuk bergerak mengarungi samudra telah berinovasi menjadi kapal pinisi yang digerakkan oleh mesin yang menggunakan bahan bakar minyak.

Kemarin sore (8 Agustus 2017), penulis kedatangan tamu dari Medan (Aisyah) dan Kabupaten Wajo (Inhu Alika) yang penasaran ingin menyaksikan secara langsung potret pembuatan kapal/perahu pinisi di Bulukumba. Karena mereka penasaran maka penulis antar mereka ke Kecamatan Bontobahari yaitu di Pesisir Desa Tanaberu dan Kelurahan Bira yang paling populer dan dikenal masyarakat luar sebagai tempat pembuatan kapal pinisi.

Meskipun tujuannya hanya sekedar menyaksikan potret kampung (tempat pembuatan) namun keterangan lain seperti budaya juga Aisyah dan Inhu dapatkan di tempat ini. Mereka sudah lebih mengenal budaya masyarakat, tradisi pembuatan kapal hingga miniatur perahu pinisi yang bisa menjadi oleh-oleh khas dari Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba.


Comments

Popular posts from this blog

Strategi Kepemimpinan Ali Bin Abu Thalib

BAB I PENDAHULUAN A.       Latarbelakang Masalah Nabi Muhammad saw. Tidak meninggalkan wasiat tentang siapa yang akan menggantikan beliau sebagai pemimpin politik umat Islam setelah beliau wafat. Beliau tampaknya menyerahkan persoalan tersebut kepada kaum Muslimin untuk menentukannya sendiri. Kaena itu, tidak lama setelah beliau wafat; belum lagi jenazahnya dimakamkan, sejumlah tokohMuhajirin dan Ashor Berkumpul dibalai kota   Bani Sa’dah, Madinah.  

Kedudukan Ar-ra'yu sebagai Landasan Hukum Islam

Referensi Pada dasarnya umat Islam yang beriman Kepada Allah swt. Meyakini bahwa Sumber utama Ajaran Islam yaitu Alquran dan Hadis sudah sempurna. Firman Allah dalam Alquran sudah sempurna membahas aturan-aturan, hukum, ilmu pengetahuan (filsafat), kisah, ushul fiqh dan lain-lain. Begitu juga Hadis Rasulullah yang salah satu sifatnya menjadi penjelasan ayat-ayat dalam Alquran. Posisi Hadis adalah penjelas dan sumber kedua setelah Alquran.

Dasar-dasar Pendidikan Islam

DASAR-DASAR PENDIDIKAN ISLAM (Tinjauan al-Qur'an dan Hadis) Oleh : Kelompok 2 A.    Pendahuluan Islam mempunyai berbagai macam aspek, di antaranya adalah pendidikan (Islam). Pendidikan Islam bermula sejak nabi Muhammad Saw, menyampaikan ajaran Islam kepada umatnya. [1]   Pendidikan adalah proses atau upaya-upaya menuju pencerdasan generasi, sehingga menjadi manusia dalam fitrahnya. Itu artinya bahwa pendidikan merupakan conditio sine quanon yang harus dilakukan pada setiap masa. Berhenti dari gerakan pendidikan berarti   lonceng kematian (baca; kemunduran atau keterbelakangan) telah berbunyi dalam masyarakat atau negara.