Tuesday, 5 September 2017

Silaturrahmi dan Study Budaya Amma Toa

Rombongan Sedang Selfi saat pulang dari Kawasan Adat Ammatoa

Hari ini kami kembali mekakukan jelajah budaya sekaligus silaturrahim di kawasan adat ammatoa, desa Tanah Towa Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba bersama rombongan keluarga dari Antang Kota Makassar (5 September 2017).
Rombongan kami adalah Andi sebagai petunjuk dan sekaligus penerjemah bahasa, berikut Titin, Ammang Anita, Hikmah dan mama serta penulis ikut dalam jelajah budaya dan silaturrahmi hari ini. 
Tujuan awal kami adalah ketemu ketua adat "Amma Toa" namun karena di dalam kawasan adat sedang berlangsung upacara/ritual Appangngaso sehingga kami tidak dibolehkan ketemu langsung dengan ketua adat. Meski demikian Suatu kesyukuran karena kami masih sempat bertemu dengan beberapa tokoh adat di Rumah Ammatoa. 
Perjalanan kami tidak sia-sia karena kami masih merasakan hikmah perjalanan dan segudang cerita perjalanan. Kami diajarkan tentang kesabaran, pentingnya kesetiaan, ikatan persaudaraan/keluarga, aturan adat, dll. 
Tentang produk budaya, kami diajarkan salahsatu jenis alat penerang atau pelita yang terbuat dari kapas dan kemiri. Pelita ini seperti lilin penerang yang banyak digunakan oleh masyarakat kota. 
Kami juga tak lupa mendokumentasikan aktifitas diluar kawasan adat bersama rombongan, semoga masih ada kesempatan untuk bertemu untuk hari-hari berikutnya dalam suasana yang lebih akrab. (Ahm)









No comments:

Post a Comment

شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم