Saturday, 16 September 2017

Tahun ke-7 di Blogger

Awalnya admin terinspirasi dari komandan senior TAGANA sekaligus Dosen kami yang telah menjadi blogger lebih dahulu. Aktif diblogger berarti berbagi dan info yang dibagikan adalah berita, karya tulis, potret, cerita pengalaman dan lain-lain. Itulah yang menjadi dasar admin menjadi blogger yang terinspirasi dari blog www.syakhruddin.com.
Melalui inspirasi tersebut, akhirnya pada tahun 2011, blog Inspirasi, Warna dan Karya ini juga terdaftar dengan akun induk abdulharismubarak@gmail.com dan dibeck up oleh haris_kessos@yahoo.co.id. Tahun 2011 merupakan tahun registrasi blog ini dan ditahun tersebut tidak ada sama sekali postingan (sesuatu yang dipublikasikan). Postingan pertama justru baru dilakukan di tahun 2012 dengan judul “Teknologi yang menyita banyak waktu dan mengalihkan perhatian”. Bagi admin, tulisan ini sangat berkesan karena ini merupakan publikasi perdana namun tidak menarik bagi visitor maupun pengunjung blog ini. Untuk publikasi perdana ini baru 100 kali klik padahal sudah dipublikasikan selama 5 tahun.
Gaya dan Tampilan Blog Inspiras, Warna dan Karya untuk tahun 2012
Admin juga lebih memilih fokus publikasi (rubrik) Inspirasi, warna dan karya. Dari rubrik ini, hingga hari ini terdapat 40 label atau kategori postingan antara lain: Advokasi Asosiasi Aspirasi Berita Bisnis Cerpen Cinta Dakwah DewasadiskusiDo'a Ekspresi,  Favorit Galeri, Imajinasi Inspirasi  Jelajah,  KTi Kampus Kenangan Khas,  Laporan Memori Narasi Nurani Opini Paradigma Pendidikan PerjuanganPertanian Alami Planning Plesetan Private Profesi Referensi Seremoni Spiritual StrategiTipsTradisiWarna. Soal kategori tulisan dipublikasikan berdasarkan jenis tulisan dan itu berarti jika ada jenis tulisan baru maka penambahan kategori dilakukan selama masih sesuai dengan tema (Inspirasi, Warna dan Karya).
Pengunjung blog ini terus mengalami peningkatan. Mulai dari angka nol hingga angka klik yang pantastis. Hingga tahun ke-7 di Blogger, data visitornya dapat dilihat pada tabel berikut ini.
Visitor atau jumlah klik/hari
Tahun
Jumlah Klik
2011
0
2012
10
2013
25
2014
50
2015
100
2016
300
2017
900
Hingga tulisan ini dipublikasikan. Jumlah visitornya adalah 376.900 kali klik.
Template atau gaya blog juga sudah puluhan kali mengalami perbuahan. Mulai dari gaya jadul milik blogger hingga download template dari dalam dan luar negeri. Hasil download ini kemudian dipasang dan dilakukan edit html agar terlihat lebih cantik lagi.Gaya bahasa di blog ini tidak memiliki ukuran dan aturan khusus. Jika admin kembali pada postingan tahun pertama dan tahun tahun-tahun selanjutnya gaya bahasa tulisnya sangat berwarna. Seringkali admin tertawa membaca tulisan lama karena gaya tulisannya yang jadul dan sedikit semberono serta terkesan asal tulis namun admin tidak ingin merombak atau meng-edit-nya. Meskipun demikian, postingan lama dibaca ulang hingga tiga kali sebelum di posting.
Gaya dan Tampilan Blog Inspiras, Warna dan Karya untuk tahun 2016

Untuk melengkapi kegiatan blogger, admin pernah bergabung di google adsense tahun 2015 kemudian keluar di tahun yang sama dan kembali bergabung pada tahun 2017. Meskipun jumlah pengunjung blog ini sudah tembus angka 1.000  (seribu) klik/hari namun publikasi untuk iklannya belum memadai. Jumlah penghasilan di google adsense hanya maksimal Rp.1.000,-/hari.
Blog ini terus dikembangkan oleh admin. Meskipun hanya personal blog namun blog ini mengalahkan banyak blog grup. Untuk pengembangannya sendiri, admin telah melakukan banyak hal, mulai dari memperbaiki kualitas tulisan, memantapkan design template, publikasi lewat FB dan media sosial lainnya, belajar SEO, gabung dan buat grup blogger, latihan SEO serta tips-tips blogger lainnya. Hingga hari ini, admin telah menginspiras puluhan orang untuk turut membuat dan mengembangkn blog. Blogger yang terinspirasi dari admin sendiri antara lain www.akbarpost.com. Kalau dihitung perkembangannya justru akbarpost jauh lebih pesat pada design template-nya, menggunakan domain khusus, pilihan materinya. Blogger yang juga terinspirasi dari admin adalah Jamaluddin Dg Abu yang hari ini berhasil membuat komunitas yang sudah tembus pasar nasional. Kabar terakhir, komunitasnya “Rumah Koran” mendapat penghargaan juara 4 tingkat nasional untuk komunitas pendidikan anak.

Akhirnya blog Inspirasi, Warna dan Karya ini memberikan tampilan terbanya yang dipersembahkan untuk pengguna internet.

No comments:

Post a Comment

شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم