Tuesday, 14 November 2017

Tantangan Kemajuan Teknologi dan Tuntutan Zaman

Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi maka perkembangan pola hidup manusia pun turut berubah menuju perkembangan.  Teknologi diciptakan untuk menjawab tantangan dan kebutuhan umat manusia. Hal tersebut tentu saja akan mengurangi beban kerja manusia dan mempermudah hampir seluruh urusan.

Sentuhan teknologi memang memberi dampak positip terhadap gaya hidup dan urusan manusia. Mulai dari keperluan makan, tempat tinggal, akses informasi, akses komunikasi, akses transportasi dan segala bentuk aktivitas manusia dewasa ini telah bersentuhan dengan teknologi.
Berbicara tentang kemajuan maka ada upaya yang telah dilakukan oleh sebagian/sekelompok orang menuju suatu masa yang lebih baik. Seperti saat ini, dimana teknologi benar-benar memberi kemudahan bagi umat manusia untuk menjalankan aktivitasnya. Mulai bantuan robot, mesin, komputer dan benda lainnya benar-benar menjawab kebutuhan umat manusia.
Teknologi merupakan suatu konsep, terapan maupun sistem keilmuan yang tujuannya adalah mempermudah urusan. Sebagai contoh, untuk mempermudah manusia mendapatkan informasi maka ia harus menyiapkan media untuk menerima informasi berupa televisi.
Bertolak dari pesatnya perkembangan teknologi informasi dan Komunikasi maka penting juga kiranya kita mengamati sisi negatifnya.
Salah satu ancaman produk teknologi informasi dan komunikasi yang ingin penulis ungkapkan adalah hadirnya robot sebagai tenaga kerja yang membantu manusia menyelesaikan urusan sehari-hari. Ini benar-benar mengancam karena mengurangi beban kerja manusia dan itu berarti tenaga kerja juga akan dipangkas. Perusahan akan menerapkan pemutusan hubungan kerja karena membayar manusia lebih mahal daripada memanfaatkan mesin atau robot ciptaan untuk bekerja dengan hasil yang lebih baik.
Pertanyaannya, kalau sekiranya kehidupan masa depan dengan majunya teknologi akan mengurangi beban kerja manusia karena hadirnya robot dan mesin, apakah manusia masih memiliki kesempatan kerja yang lowong? Jika ia berarti mereka yang gagap terhadap teknologi akan tenggelam oleh zaman.
Mari kita menyikapi perkembangan dengan positif yaitu mengambil sisi baiknya dan mengurangi dampak negatifnya. Itulah cara paling sehat dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.
Jika hari ini saja penggunaan teknologi sudah pesat, pasti suatu saat nanti akan menjadi lebih pesat lagi dan akan mewariskan masalah yang lebih besar lagi jika tidak didirikan atas dasar taqwa. Hanya orang-orang yang mengikuti kodratnya sebagai manusia yang akan selamat dalam cengkraman zaman. (AHM)



No comments:

Post a Comment

شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم