Skip to main content

Media Power Poin dan Slide


Abdul Haris Mubarak,
Dosen PGMI FTK IAI Al Amanah Jeneponto.
Tulisan ini secara khusus dibuat untuk kepentingan pembelajaran pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Al Amanah Jeneponto dengan pembahasan “produksi media pembelajaran berbasis microsoft Power Point dan Slide.


a.    Ms. Power Point
Power Point  adalah sebuah  program  komputer untuk  presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft[1] Aplikasi ini sangat digemari dan banyak digunakan dari berbagai kalangan, baik pelajar, pelaku bisnis, pendidik maupun trainer. Kehadiran powerpoint membuat sebuah presentasi berjalan lebih mudah dengan dukungan fitur yang sangat menarik dan canggih. Fitur template desain juga akan mempecantik sebuah presentasi powerpoint.[2]
Kegunaan atau fungsi dari ms powerpoint adalah sebagai Media presentasi. Power Point berbentuk softcopy sehingga dapat diakses oleh berbagai perangkat komputer, Netbook, HP dan perangkat lainnya yang mendukung aplikasi MS. Office.
Keunggulan atau kelebihan Ms. PowerPoint diantaranya yaitu :
1.    Mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.
2.    Tersedia beragam desain dan template yang menarik.
3.    Mendukung media visual, audio dan perpaduan atau audio visual.
4.    Dapat dibuat dalam berbagai format data.
5.    Dapat mengedit foto secara langsung.
6.    Adanya fitur pergerakan seperti Transition dan Custom Animation.

Untuk petunjuk mengola data, memilih desain serta penggunaan Power Point dapat dilihat pada aplikasi youtube sebagai tutorial penggunaannya. Sayangnya aplikasi ini belum berbasis online sehingga masih membutuhkan tranfer data untuk digunakan pada aplikasi lain. Dengan demikian, penting juga memperkenalkan media presentase berbasis berbasis internet yang akan dipaparkan pada poin berikut;
b.    Slide
Dengan Google Slide, Anda dapat membuat, mengedit, berkolaborasi, dan melakukan presentasi di mana saja berada dengan Gratis[3]. Program ini berbasis online dan bisa digunakan meskipun saat offline.
Pilihan desain sudah ada sehingga memudahkan penggunanya untuk membuat presentase sesuai dengan kebutuhannya. Desain yang tersedia antara lain; Album foto, pernikahan, protofolio, buku koleksi, presentasi umum, undangan pesta, buku tahunan, resep, presentasi prototipe, proposal konsultasi, laporan, studi kasus dan lain-lain. Kita juga dapat membuat desain sendiri.
Karena bentuknya juga seperti power point, maka pengguna slide akan memasukkan intisari materi yang akan disampaikan pada suatu forum diskusi atau seminar.
Untuk membuat slide dapat diakses melalui link ini dan untuk mengakses filenya di drive atau melalui link ini. Selanjutnya, untuk kepentingan latihan, silahkan membuat media pembelajaran secara singkat dengan menggunakan aplikasi power point dan slide. Kemudian kemukakan kesan anda dari pengalaman anda membuat 2 jenis presentasi ini.



Comments

Popular posts from this blog

Strategi Kepemimpinan Ali Bin Abu Thalib

BAB I PENDAHULUAN A.       Latarbelakang Masalah Nabi Muhammad saw. Tidak meninggalkan wasiat tentang siapa yang akan menggantikan beliau sebagai pemimpin politik umat Islam setelah beliau wafat. Beliau tampaknya menyerahkan persoalan tersebut kepada kaum Muslimin untuk menentukannya sendiri. Kaena itu, tidak lama setelah beliau wafat; belum lagi jenazahnya dimakamkan, sejumlah tokohMuhajirin dan Ashor Berkumpul dibalai kota   Bani Sa’dah, Madinah.  

Kedudukan Ar-ra'yu sebagai Landasan Hukum Islam

Referensi Pada dasarnya umat Islam yang beriman Kepada Allah swt. Meyakini bahwa Sumber utama Ajaran Islam yaitu Alquran dan Hadis sudah sempurna. Firman Allah dalam Alquran sudah sempurna membahas aturan-aturan, hukum, ilmu pengetahuan (filsafat), kisah, ushul fiqh dan lain-lain. Begitu juga Hadis Rasulullah yang salah satu sifatnya menjadi penjelasan ayat-ayat dalam Alquran. Posisi Hadis adalah penjelas dan sumber kedua setelah Alquran.

Dasar-dasar Pendidikan Islam

DASAR-DASAR PENDIDIKAN ISLAM (Tinjauan al-Qur'an dan Hadis) Oleh : Kelompok 2 A.    Pendahuluan Islam mempunyai berbagai macam aspek, di antaranya adalah pendidikan (Islam). Pendidikan Islam bermula sejak nabi Muhammad Saw, menyampaikan ajaran Islam kepada umatnya. [1]   Pendidikan adalah proses atau upaya-upaya menuju pencerdasan generasi, sehingga menjadi manusia dalam fitrahnya. Itu artinya bahwa pendidikan merupakan conditio sine quanon yang harus dilakukan pada setiap masa. Berhenti dari gerakan pendidikan berarti   lonceng kematian (baca; kemunduran atau keterbelakangan) telah berbunyi dalam masyarakat atau negara.