Skip to main content

Orientasi dan Kontrak Belajar


Setiap kali memulai perkuliahan, dosen dituntut untuk membuat dan membahas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jadi pada pertemuan perdana setidaknya dilakukan; 1) Orientasi mata kuliah termasuk didalamnya aturan untuk disepakati bersama, 2) Ta’arrufan atau saling mengenal antara mahasiswa dan dosen yang tujuannya agar bisa lebih akrab dalam menjalankan proses perkuliahan, 3) pembahasan rpp dan tugas-tugas, mulai tugas individu dan kelompok.

Pada pertemuan perdana di Prodi PGMI IAI Al Amanah Jeneponto, hanya beberapa mahasiswa yang sempat hadir. Mahasiswa yang hadir telah memperkenalkan diri masing-masing yang uraiannya seperti pada tabel di bawah ini:
No
Nama
Asal Sekolah
Asal Daerah
Cita-cita
Hobby
1
Irawati
MAN Bantaeng
Bantaeng
Guru
Volley
2
Irnawati,
MA Panaikang Bantaeng
Jeneponto
Guru
Nonton
3
Nuraeni
SMAN 5 Jeneponto
Jeneponto
Dosen
Volley
4
Ratnasari
MAN Bantaeng
Bantaeng
Guru
Tenis Meja
5
Rahmawati
SMAN 5 Bantaeng
Bantaeng
Guru
Bulu tangkis
6
Ayu Nengsi
SMK Al Amanah Jeneponto
Jeneponto
Guru
Bulutangkis
7
Hikmawati
SMKN 1 Bantaeng
Bantaeng
Perawat
Membaca
8
Muh Saleh
SMK Al Amanah Jeneponto
Jeneponto
Guru
Tenis Meja
Mahasiswa yang hadir telah memperkenalkan Nama, Asal Sekolah, Asal Daerah, Cita-cita, Hobby dan lain-lain. Selanjutnya Mahasiswa dan Dosen membuat Kesepakatan tentang penilaian. Untuk itu diperoleh data seperti pada tabel berikut ini:
Jenis Penilaian
Persentase Penilaian
Keaktifan Bicara dan Menanggapi
20%
Kehadiran
30%
Tugas
30%
UTS/Final
20%
Total Penilaian
100%
Penilaian menjadi aturan bersama untuk membangun kesepakatan bersama agar mendapatkan hasil yang terbaik. Penilaian yang tertinggi adalah kehadiran karena kehadiran mencerminkan keinginan, kesungguhan dan keseriusan untuk sukses. Selanjutnya tugas juga menjadi poin penting dalam penilaian karena melalui tugas dapat diukur karya mahasiswa, termasuk didalamnya mahasiswa bisa berlatih secara mandiri maupun dengan bimbingan. Sementara itu keaktifan bicara dan menanggapi serta ujian mahasiswa juga sama-sama penting namun point penilaiannya berada pada persentase urutan 3 dan 4. Penugasan mahasiswa antara lain seperti berikut;
No
Nama
Tugas
1
Irnawati
Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
Ratnasari
Perangkat Lunak Pendidikan
3
Nuraeni
Teknologi Digital dalam Pendidikan
4
Irawati
Dampak Teknologi dalam Sistem Pendidikan
5
Muh Saleh
Pendidikan Virtual
6
Hikmah
Pembelajaran Multimedia
7
Rahma
Kampus Virtual
8
Ayu
Pemanfaatan Media Internet dalam Meningkatkan Wawasan Siswa
9
Fatmawati
Teknologi Perangkat Komunikasi Pendidikan
10
Al Mukarrama
Kritik Penyalagunaan TIK
11
Fatmalia
Kecerdasan Buatan
Demikian catatan perdana perkuliahan ini, semoga perkuliahan ini bisa sukses. Semoga bisa dilankan secara konsesten, amanah dalam menjalankannya dan dengan penuh tanggung jawab.

Comments

  1. Poker online dengan presentase menang yang besar
    ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :D
    WA : +855969190856

    ReplyDelete

Post a Comment

شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم

Popular posts from this blog

Strategi Kepemimpinan Ali Bin Abu Thalib

BAB I PENDAHULUAN A.       Latarbelakang Masalah Nabi Muhammad saw. Tidak meninggalkan wasiat tentang siapa yang akan menggantikan beliau sebagai pemimpin politik umat Islam setelah beliau wafat. Beliau tampaknya menyerahkan persoalan tersebut kepada kaum Muslimin untuk menentukannya sendiri. Kaena itu, tidak lama setelah beliau wafat; belum lagi jenazahnya dimakamkan, sejumlah tokohMuhajirin dan Ashor Berkumpul dibalai kota   Bani Sa’dah, Madinah.  

Kedudukan Ar-ra'yu sebagai Landasan Hukum Islam

Referensi Pada dasarnya umat Islam yang beriman Kepada Allah swt. Meyakini bahwa Sumber utama Ajaran Islam yaitu Alquran dan Hadis sudah sempurna. Firman Allah dalam Alquran sudah sempurna membahas aturan-aturan, hukum, ilmu pengetahuan (filsafat), kisah, ushul fiqh dan lain-lain. Begitu juga Hadis Rasulullah yang salah satu sifatnya menjadi penjelasan ayat-ayat dalam Alquran. Posisi Hadis adalah penjelas dan sumber kedua setelah Alquran.

Dasar-dasar Pendidikan Islam

DASAR-DASAR PENDIDIKAN ISLAM (Tinjauan al-Qur'an dan Hadis) Oleh : Kelompok 2 A.    Pendahuluan Islam mempunyai berbagai macam aspek, di antaranya adalah pendidikan (Islam). Pendidikan Islam bermula sejak nabi Muhammad Saw, menyampaikan ajaran Islam kepada umatnya. [1]   Pendidikan adalah proses atau upaya-upaya menuju pencerdasan generasi, sehingga menjadi manusia dalam fitrahnya. Itu artinya bahwa pendidikan merupakan conditio sine quanon yang harus dilakukan pada setiap masa. Berhenti dari gerakan pendidikan berarti   lonceng kematian (baca; kemunduran atau keterbelakangan) telah berbunyi dalam masyarakat atau negara.