Skip to main content

Siapapun Harus siap dan memiliki pola penyelesaian


Jika dalam suatu pertemuan, anda diminta untuk berbiccara sementera anda tidak tau apa yang harus anda bicarakan atau anda tidak memiliki konsep (tema) yang harus anda bicarakan maka mungkin ini bisa membuat anda tertekan atau kewalahan namun suatu trobosan yang bisa dipersiapkan untuk mengatasai segala kondisi forum yang tiba-tiba akan mengerogoti anda untuk berbicara atau bertindak.
Kalau anda khawatir akan menemukan suatu kondisi dimana hal tersebut diatas akan terjadi pada anda, maka sebaiknya anda mempersiapkan diri dengan melaksanakan beberapa tips berikut ini :
1.         Sebisa mungkin untuk setiap kegiatan yang anda akan laksanakan dijadikan sebagai kegiatan yang terencana sehingga minimal ada persiapan terkait agenda tersebut
2.         Anda harus mengenal organisasi tersebut begitupun agenda kolektif anda sehingga ada pengantar untuk masuk pada pembicaraan inti.
3.         Mampu menganalisis masalah yang terjadi pada lingkup internal maupun eksternal dan memiliki gambaran tentang konsep penyelesaian. Mengenal masalah kolektif berarti anda bisa memberikan gambaran dan semangat juang pada mereka dalam lingkup anda begitupun konsep penyelesaian penting untuk mempersiapkan kerja yang optimal. Semua ini bisa dibahasakan pada forum anda ketika hal tersebut anda kenal secara total.
4.         Memiliki pola pengorganisasian kegiatan (membuat agenda) sehingga apapun yang anda akan lakukan, semuanya akan berjalan secara sisematis dan terencana.
tips ini merupakan pengalaman yang diperoleh dari berbagai organisasi dan gerak kolektif yang saya geluti. Seraca pribadi, pernah diminta untuk membawakan materi terkait dengan organisasi yang kajian khususnya tidak dikenal, begitupun pola pengetahuan yang dibangun pada organ tersebut belum dikenal sehingga dalam kondisi seperti ini, terkadang materi yang dibawakan kurang nyambung. Itulah pentingnya mengikuti beberapa tips diatas agar kita tidak pernah terjebak oleh suasana forum yang tidak kita inginkan dengan kondisi pribadi yang tidak siap. Untuk setiap pribadi, kemungkinan anda akan menemukan kondisi dimana secara tiba-tiba anda diminta untuk bertindak dalam forum, dengan demikian kata kuncinya adalah harus selalu siap.
Mungkin tips yang ada di atas belum lengkap dan tidak sempurna, olehnya itu berbagi pengalaman adalah hal yang terbaik untuk pengembangan diri.
download makalah

Comments

Popular posts from this blog

Strategi Kepemimpinan Ali Bin Abu Thalib

BAB I PENDAHULUAN A.       Latarbelakang Masalah Nabi Muhammad saw. Tidak meninggalkan wasiat tentang siapa yang akan menggantikan beliau sebagai pemimpin politik umat Islam setelah beliau wafat. Beliau tampaknya menyerahkan persoalan tersebut kepada kaum Muslimin untuk menentukannya sendiri. Kaena itu, tidak lama setelah beliau wafat; belum lagi jenazahnya dimakamkan, sejumlah tokohMuhajirin dan Ashor Berkumpul dibalai kota   Bani Sa’dah, Madinah.  

Kedudukan Ar-ra'yu sebagai Landasan Hukum Islam

Referensi Pada dasarnya umat Islam yang beriman Kepada Allah swt. Meyakini bahwa Sumber utama Ajaran Islam yaitu Alquran dan Hadis sudah sempurna. Firman Allah dalam Alquran sudah sempurna membahas aturan-aturan, hukum, ilmu pengetahuan (filsafat), kisah, ushul fiqh dan lain-lain. Begitu juga Hadis Rasulullah yang salah satu sifatnya menjadi penjelasan ayat-ayat dalam Alquran. Posisi Hadis adalah penjelas dan sumber kedua setelah Alquran.

Dasar-dasar Pendidikan Islam

DASAR-DASAR PENDIDIKAN ISLAM (Tinjauan al-Qur'an dan Hadis) Oleh : Kelompok 2 A.    Pendahuluan Islam mempunyai berbagai macam aspek, di antaranya adalah pendidikan (Islam). Pendidikan Islam bermula sejak nabi Muhammad Saw, menyampaikan ajaran Islam kepada umatnya. [1]   Pendidikan adalah proses atau upaya-upaya menuju pencerdasan generasi, sehingga menjadi manusia dalam fitrahnya. Itu artinya bahwa pendidikan merupakan conditio sine quanon yang harus dilakukan pada setiap masa. Berhenti dari gerakan pendidikan berarti   lonceng kematian (baca; kemunduran atau keterbelakangan) telah berbunyi dalam masyarakat atau negara.