Saturday, 19 May 2012

Tips Pengembangan Diri

Kegiatan pengembangan diri merupakan upaya pembentukan watak, mental dan aksi sosial oleh seseorang yang dilakukan melalui kegiatan-kegiatanpositif  berkenaan dengan masalah pribadi dan kehidupan sosial, kegiatan belajar, dan pengembangan karir, serta kegiatan ekstra kampus atau kegiatan non akademisi lainnya.
Pengembagan diri itu dilakun dengan terus berlatih dengan bersungguh-sungguh meretas keterbatasan yang dimiliki oleh seseorang dengan memanfaatkan seluruh potensi yang ada.
Jika selama ini kita mengembangkan pola pengetahuan yang dikotomi, maka sejatinya kita harus menggunakan nalar relasional untuk menjawab secara tuntas permasalahan yang ada. Dengan nalar relasional, seseorang tidak akan berada pada posisi pengetahuan yang dimotori oleh kelompok tertentu sehingga pengetahuan mereka diikuti oleh doktrin-doktrin nilai kebaikan saja. Untuk tataran politik, maka doktrin itu penting namun pengetahuan tentang sesuatu diluar salah satu kelompok adalah strategi untuk lebih unggul dari yang lainnya.
Apa yang perlu dikembangkan?
Dalam melakukan pengembangan diri, kita memerlukan tolok ukur yang nyata dan aplikatif untuk mengetahui kemajuan dan perkembangan yang telah kita capai, beberapa point diantaranya adalah Memperluas pengetahuan mengenai fakta situasional, Jangan bersikap tak acuh dengan lingkungan sekitar; Menjalin hubungan dengan orang lain; Mengelola waktu secara efektif; Menjaga keaktualan pengetahuan agar tidak tertinggal dan relevan. Jangan malas mencari pengetahuan baru; Berlatih untuk mengumpulkan fakta dan membuat asumsi; Membuat jurnal pribadi dengan menggunakan catatan harian agar jadwal kita menjadi teratur.;
Anda tidak akan dapat mencapai kemajuan apabila selalu mengerjakan sesuatu dengan cara yang sama. Oleh karena, mengubah cara harus sering dilakukan meskipun dapat membuat anda merasa kurang nyaman.
Semakin lama anda tenggelam dalam perilaku yang merugikan diri sendiri, semakin lama anda harus berjuang untuk menghentikannya.  
Makin sering anda berfikir bahwa anda tidak berguna dan tidak berharga setelah mengalami kegagalan, semakin sulit anda mencapai keberhasilan.
Kalau anda ingin menemukan kedamaian dan kegembiraan di dunia dan Insya Allah di surga nanti,  atau  ingin menjadi lebih baik, anda harus memaksa diri untuk melakukannya.
---000---
Tulisan ini saya posting di PosKo TAGANA SulSel, Tanggal 4 Maret 2012 pukul 03.15 dini hari. Ditemani oleh teman-teman Posko yang sudah pada ketiduran .
Tulisan ini terinspirasi dari berbagai pelatihan yang pernah saya iktuti dan beberapa diantaranya adalah hasil bacaan dari artikel-artikel terkait motivasi dan pengembangan diri.

No comments:

Post a Comment

شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم