Skip to main content

Sensasi Makanan Khas Parigi Moutong



Edisi jalan-jalan sebetulnya bukan tujuan utama kami namun karena ada kesempatan yang cukup lowong dan juga disekitar area kerja tim kami terdapat  kuliner khas Parigi maka kami tidak melewatkan kesempatan ini. Momentum ini kami mamfaatkan sebagai ajang refreshing sekaligus menikmati sensasi rasa untuk memanjakan lidah. Itulah sedikit pengalaman kami disela-sela kegiatan kami mengurus persiapan pelaksanaan Kemah Pesisir Pemuda Bahari oleh Kementerian Pertahanan RI dan Forum Pemuda Bahari Indonesia bersama Almahdi (Ketua rombongan), Ahmad Rhawi Basri, Syafrudin Sinala dan saya sendiri.


Bagi kami, mencoba berbagai kuliner atau makanan khas dari Parigi Moutong bukan sekedar ingin mengetahui sensasi rasa yang tak biasa, tetapi yang terpenting adalah isnpirasi dari setiap perjalanan untuk dikabarkan pada dunia akan keunikannya. Daya Tarik makanan khas juga menjadi bagian yang akan dibagikan melalui postingan ini sehingga pembaca bisa memperkaya referensi terkait makanan khas parigi Moutong. Makanan Khas Parigi Moutong antara lain:

Lalampa, jenis makanan yang terbuat dari beras ketan dengan isi abon sapi. Lalampa dibungkus dengan daun pisang lalu dibakar untuk menambah cita rasa khas dari perpaduan rasa dan aroma yang menggoda. Lalampa juga dibuat dengan takaran pas antara rasa pedas, asin, manis, santan untuk rata-rata selera orang Indonesia. Makanan yang mirip dengan Lalampa ini adalah Gogos, Nasi Bakar Ketan dan Lemper namun keunikan rasa yang menggoda masih lebih dominan pada Lalampa. Nama Lalampa kami tidak tau persis maknanya tapi dalam bahasa daerah kami di Makassar Lalampa berarti “akan ke (suatu tempat)”.

Binte adalah jenis makanan lain yang sempat kami nikmati saat berkunjung ke Parigi. Binte adalah jenis makanan yang bahan dasarnya adalah jagung dengan bentuk makanan seperti sup. Untuk sensasi rasanya juga sangat luarbiasa nikmat dan anda sejatinya mencoba makanan ini. Binte menawarkan sensasi perpaduan rasa antara manis, asin dan pedas yang pas sehingga sup ini sangat layak untuk dicoba. Meski Binte ini lebih di Kenal di Gorontalo namun kami juga menemukan makanan ini di Parigi Moutong dan beberapa daerah di Sulawesi Tengah.
Selain Lalampa dan Binte, masih ada beberapa makanan khas dari Parigi – Sulteng namun penulis belum ingin membagikan sensasi rasa dan bahan dasar pembuatannya sebelum penulis mencobanya sendiri, nama makanan itu misalnya adalah kue tedu dll. Sambil berjalan dan mempersiapkan kegiatan kami pada rangkaian acara Sail Tomini, kami tetap akan mencoba beberapa makanan khas dari daerah ini dan daerah yang akan dikungjungi nantinya. Insya Allah, Amin Yaa Rabbal Alamin.

Comments

  1. ouw parigi sulawesi. unik juga ya makanannya.
    waktu awal baca judul ini, saya sempat ngira yang dimaksud adalah parigi di pangandaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indonesia kaya dengan panganan, masing-masing daerah punya produk khas

      Delete
  2. Iya Mbak Ina, ini tempatnya seru dan keren abis. pokoknya kami masih berharap bisa kesana suatu saat nanti. Amin yaa rabb. makanan disana pada unik, mbak ina bisa mencobanya juga. hehehe

    ReplyDelete
  3. Menarik ya artikelnya...sangat informatif pak.
    https://teluktominiblogadress.blogspot.com/2018/11/resmi-pelabuhan-tinombo-salah-satu.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu untuk parigi moutong pas moment sail tomini.
      terimakasih telah berkunjung ke blog ini

      Delete

Post a Comment

شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم

Popular posts from this blog

Strategi Kepemimpinan Ali Bin Abu Thalib

BAB I PENDAHULUAN A.       Latarbelakang Masalah Nabi Muhammad saw. Tidak meninggalkan wasiat tentang siapa yang akan menggantikan beliau sebagai pemimpin politik umat Islam setelah beliau wafat. Beliau tampaknya menyerahkan persoalan tersebut kepada kaum Muslimin untuk menentukannya sendiri. Kaena itu, tidak lama setelah beliau wafat; belum lagi jenazahnya dimakamkan, sejumlah tokohMuhajirin dan Ashor Berkumpul dibalai kota   Bani Sa’dah, Madinah.  

Kedudukan Ar-ra'yu sebagai Landasan Hukum Islam

Referensi Pada dasarnya umat Islam yang beriman Kepada Allah swt. Meyakini bahwa Sumber utama Ajaran Islam yaitu Alquran dan Hadis sudah sempurna. Firman Allah dalam Alquran sudah sempurna membahas aturan-aturan, hukum, ilmu pengetahuan (filsafat), kisah, ushul fiqh dan lain-lain. Begitu juga Hadis Rasulullah yang salah satu sifatnya menjadi penjelasan ayat-ayat dalam Alquran. Posisi Hadis adalah penjelas dan sumber kedua setelah Alquran.

Dasar-dasar Pendidikan Islam

DASAR-DASAR PENDIDIKAN ISLAM (Tinjauan al-Qur'an dan Hadis) Oleh : Kelompok 2 A.    Pendahuluan Islam mempunyai berbagai macam aspek, di antaranya adalah pendidikan (Islam). Pendidikan Islam bermula sejak nabi Muhammad Saw, menyampaikan ajaran Islam kepada umatnya. [1]   Pendidikan adalah proses atau upaya-upaya menuju pencerdasan generasi, sehingga menjadi manusia dalam fitrahnya. Itu artinya bahwa pendidikan merupakan conditio sine quanon yang harus dilakukan pada setiap masa. Berhenti dari gerakan pendidikan berarti   lonceng kematian (baca; kemunduran atau keterbelakangan) telah berbunyi dalam masyarakat atau negara.